%P 2054-2063 %V 9 %A Firman Noor Hasan %R https://doi.org/10.29100/jipi.v9i4.5544 %L repository40074 %J JIPI: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika %T (JIPI - S3) - Pavita, Hasan [2024-12-01] %I Prodi Pendidikan Teknologi Informasi - STKIP PGRI Tulungagung %D 2024 %X Era digital saat ini, para penipu menggunakan teknologi untuk keuntungan pribadi. Berpura-pura sebagai orang terdekat atau bahkan karyawan bank adalah salah satu taktik yang sering digunakan. Namun, aplikasi bernama GetContact muncul untuk mengatasi penipuan ini. Aplikasi ini dapat mencari nomor telepon dan menemukan panggilan dan pesan singkat dari kontak yang tidak dikenal. Metode User Experience Questionnaire (UEQ) digunakan dalam penelitian aplikasi GetContact untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna dengan berbagai kriteria, seperti daya tarik, efisiensi, ketepatan, stimulasi, dan kebaruan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi ini memiliki beberapa keuntungan dalam mendeteksi dan menghindari modus penipuan dengan nomor yang tidak dikenal, tetapi ada beberapa kelemahan yang perlu diperbaiki. Dengan nilai sebesar 0.69, ketepatan deteksi nama pada nomor telepon masih dapat ditingkatkan. Selain itu, fitur seperti daya tarik, efisiensi, stimulasi, dan kebaruan aplikasi kurang dari rata-rata. Meskipun aplikasi ini menawarkan kemampuan untuk mengakses informasi dan membantu pengguna menemukan nomor telepon, pengalaman pengguna kurang memuaskan. Namun, penelitian ini menemukan bahwa penggunaan GetContact dapat membantu mengidentifikasi dan mencegah modus nomor tidak dikenal. Aplikasi ini memiliki kelemahan, tetapi masih memiliki potensi untuk berkembang dan memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik di masa mendatang. %N 4