%I - %L repository3926 %X Esensi Pendidikan Kewarganegaraan sesungguhnya adalah dalam upaya membangun kesadaran perilaku masyarakat yang baik (to be good citizenship) dan bertanggungjawab yang didasari oleh komitmen ideologi, kesadaran hak-hak sosial, dan hak peningkatan kompetensi warganegara. Untuk itu, kajian ini fokus pada analisis praktis dari penerapan atau implementasi nilai-nilai sosial kemanusiaan Indonesia di era revolusi industri 4.0 khususnya dalam sudut pandang kajian Pendidikan Kewarganegaraan Kemasyarakatan (Civic Engagement). Kajian ini juga didasari oleh pendekatan teori orientasi nilai budaya, sehingga diharapkan dapat menjadi pisau analisis kajian sosial-humaniora. Penulis berkesimpulan bahwa perubahan sosial budaya dari sudut pandang penerapan teknologi di era revolusi industri 4.0 bagi masyarakat Indonesia bukan pekerjaan mudah, namun juga bukan tidak bisa diselesaikan. PKn Kemasyarakatan (Civic Engagement) di era Pandemi Covid-19 sesungguhnya telah menjadi ajang pembuktian, bahwa keilmuan ini secara praktis telah menjiwai masyarakat, sehingga minimal masyarakat dapat beradaptasi terhadap lingkungan dan kesehatan, dan memiliki kesadaran kepedulian sosial yang sesungguhnya, sehingga menjadi kajian trans-keilmuan sosial-humaniora yang bersifat terapan. Nilai kemanusiaan yang telah tersurat maupun tersirat dalam ideologi Pancasila bagi bangsa hingga saat ini tetap menjadi modal sosial sekaligus sebagai kepribadian bangsa. %A Eko Eko Digdoyo %T NILAI KEMANUSIAAN SEBAGAI MODAL SOSIAL KEINDONESIAAN DALAM KAJIAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KEMASYARAKATAN DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0