%0 Journal Article %@ 1411-6936 %A Connie Chairunnisa, Connie %A Graduate School, University of Muhammadiyah Prof Dr. HAMKA, Jakarta, Indonesia, %D 2011 %F repository:389 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UHAMKA %J Educatio Indonesiae ( Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan ) %N 2 %P 150-157 %T EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN INSTRUMEN %U http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/389/ %V 19 %X Pendidikan diberbagai negara dipandang sebagai sarana utama untuk memecahkan berbagai masalah sosial, dan untuk beberapa masalah tertentu kesejahteraan bangsa dibebankan ke pundak sekolah dan universitas. Mutu pendidikan dipengaruhi banyak faktor, yaitu siswa, pengelola sekolah, lingkungan, kualitas pembelajaran, kurikulum, dan proses pembelajaran Salah satu faktor yang penting untuk mencapai tujuan pendidikan yang bermutu adalah proses pembelajaran yang dilakukan, sedangkan salah satu faktor penting untuk efektivitas pembelajaran adalah faktor evaluasi baik terhadap proses maupun hasil pembelajaran. Evaluasi dapat mendorong siswa untuk lebih giat belajar secara terus menerus dan juga mendorong guru untuk lebih meningkatkan kualitas proses pembelajaran serta mendorong sekolah untuk lebih meningkatkan fasilitas dan kualitas manajemen sekolah. Namun demikian untuk mengevaluasi keberhasilan program pembelajaran tidak cukup hanya berdasarkan pada penilaian hasil belajar siswa saja, tetapi perlu menjangkau terhadap desain program pembelajaran dan pengembangan instrument evaluasi pendidikan Penilaian terhadap desain pembelajaran meliputi berbagai aspek, yaitu aspek kompetensi yang dikembangkan, strategi pembelajaran dan isi dari program.