eprintid: 36316 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 3789 dir: disk0/00/03/63/16 datestamp: 2024-08-08 05:56:39 lastmod: 2024-08-08 05:56:39 status_changed: 2024-08-08 05:56:39 type: article metadata_visibility: show creators_name: lismawati, lismawati creators_id: lismawati@uhamka.ac.id title: Dormitory-Based Intensive Religious Education in Jakarta ispublished: unpub subjects: A subjects: L subjects: L1 subjects: LA subjects: Z004 subjects: Z665 subjects: Z719 divisions: 86208 abstract: endidikan agama intensif berbasis asrama merupakan salah satu pendekatan pendidikan alternatif yang diterapkan di sekolah agama atau pondok pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendidikan agama intensif berbasis asrama di Jakarta dengan studi kasus di Pondok Pesantren Al Hamid Cilangkap. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan agama intensif di Pondok Pesantren Al Hamid memperkenalkan sistem pendidikan terpadu antara pondok pesantren dan sekolah formal, yang mengharuskan santri tinggal di asrama. Terdapat dua jenis pembelajaran, yaitu di sekolah formal dan pembelajaran tambahan di asrama yang berfokus pada pendalaman materi agama. Selain itu, pembiasaan positif dan pengembangan diri santri juga diterapkan. date: 2024-05-01 official_url: http://www.rayyanjurnal.com/index.php/jpa/article/view/2213 full_text_status: public publication: Jurnal Pendidikan Amartha volume: 3 number: 1 pagerange: 92-97 refereed: TRUE citation: lismawati, lismawati (2024) Dormitory-Based Intensive Religious Education in Jakarta. Jurnal Pendidikan Amartha, 3 (1). pp. 92-97. (Unpublished) document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/36316/1/2213-12288-1-PB.pdf