TY - UNPB AV - public TI - Dormitory-Based Intensive Religious Education in Jakarta N2 - endidikan agama intensif berbasis asrama merupakan salah satu pendekatan pendidikan alternatif yang diterapkan di sekolah agama atau pondok pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendidikan agama intensif berbasis asrama di Jakarta dengan studi kasus di Pondok Pesantren Al Hamid Cilangkap. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan agama intensif di Pondok Pesantren Al Hamid memperkenalkan sistem pendidikan terpadu antara pondok pesantren dan sekolah formal, yang mengharuskan santri tinggal di asrama. Terdapat dua jenis pembelajaran, yaitu di sekolah formal dan pembelajaran tambahan di asrama yang berfokus pada pendalaman materi agama. Selain itu, pembiasaan positif dan pengembangan diri santri juga diterapkan. N1 - Unpublished EP - 97 IS - 1 JF - Jurnal Pendidikan Amartha VL - 3 ID - repository36316 UR - http://www.rayyanjurnal.com/index.php/jpa/article/view/2213 Y1 - 2024/05/01/ A1 - lismawati, lismawati SP - 92 ER -