%I Institute for Research and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya %D 2024 %L repository35012 %J PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat %V 9 %P 778-785 %A Alifiah Hidayati Mursalim %A Alvin Eryandra %X Terbentuknya suatu gambaran mengenai diri sendiri, peran-peran, minat, nilai, keyakinan dan terjadinya perubahan fisik dimulai saat memasuki masa remaja. Hal tersebut umumnya membuat remaja menjadi rentan memiliki harga diri yang rendah sebagai akibat dari kurangnya rasa cinta pada diri sendiri. Untuk mengantisipasi hal tersebut maka diperlukan sebuah upaya untuk membangun pemahaman kepada para remaja terkait self love sehingga dapat mengenali dan menghargai diri sendiri melalui kegiatan psikoedukasi. Kegiatan psikoedukasi ini dilakukan dengan menggunakan 3 tahapan, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Tahap perencanaan dilakukan dengan melakukan survey keadaan subjek dan lokasi tempat kegiatan, serta melakukan koordinasi dengan pihak terkait. Tahap pelaksanaan kegiatan psikoedukasi melalui penyampaian materi dan penanaman pemahaman terkait self love, dan tahap evaluasi dilakukan dengan melihat hasil pre-test dan post-test. Subjek pada kegiatan psikoedukasi ini adalah peserta didik di SMPN 2 Lemahabang Kabupaten Cirebon yang berjumlah 28 orang dengan rentang usia 13-15 tahun. Instrumen yang digunakan berupa angket dan pelaksanaan kegiatan psikoedukasi dilakukan selama satu bulan. Hasil kegiatan psikoedukasi menunjukan adanya peningkatan pemahaman para remaja di SMPN 2 Lemahabang terhadap rasa cinta pada diri sendiri %N 5 %T Membangun Self Love pada Remaja melalui Psikoedukasi %R https://doi.org/10.33084/pengabdianmu.v9i5.6532