%X Pendidikan adalah salah satu aspek yang dijadikan wadah untuk membentuk karakter anak bangsa. Karena hadirnya pandemi ini kondisi pembelajaran berubah, hal ini tidak hanya terjadi di lingkup nasional tetapi juga International. Wabah Covid-19 ini membuat pemerintah membuat kebijakan-kebijakan yang harus di terapkan. Pola pembelajaran yang berubah ini menuntut sekolah harus lebih adaptif dalam perubahan yang terjadi. Pembelajaran tetap berjalan melalui media pembelajaran berbasis onlineatau e-Learning yang didefinisikan sebagai pembelajaran berbasis teknologi dimana bahan belajar dikirim secara elektronik ke peserta didik jarak jauh menggunakan jaringan komputer. Oleh sebab itu guru dituntut dan diharapkan dapat mengikuti perkembangan media pembelajaran yangdapat digunakan di era saat ini. Maka sasaran kami saat ini adalah guru-guru SMAN 4 Depok untuk bisa mengembangkan dan memanfaatkan media pembelajaran E-learningberbasis Moodle. Metode pelaksanaan yang dilakukan adalah (1) Melakukan pemetaan potensi guru di sekolah mitra dengan mengisi kuesioner, (2) Melakukan penyusunan guide book, (3) Membuat Online Learning berbasis Moodle, (4) Pelatihan kepada guru di sekolah mitra dan (5) Melakukan pretest dan postest dalam menggunakan Moodle. Tujuan pelatihan ini dilakukan untuk meningkatkan kapasitas guru dalam menggunakan teknologi dan pemahaman dalam menggunakan Moodle sebagai alternative media pembelajaran %A Sugiono Sugiono %A Hotimah Husnul %A Sakinah Salsabila %A Dwi Febriyadi %D 2022 %V 3 %T Peningkatan Kapasitas Kemampuan Guru dalam Proses Pembelajaran dengan Penggunaan Media Pembelajaran berbasis Moodle %N 2 %J KANGMAS: Karya Ilmiah Pengabdian Masyarakat %K media pembelajaran berbasis moodle, pelatihan moodle,e-learning %P 101-110 %L repository34400