TY - JOUR SN - 2809-8242 TI - Menciptakan Lingkungan Belajar yang Aman Melalui Psikoedukasi Stop Bullying di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Al-Furqon EP - 68 PB - Borneo Research and Education Center SP - 59 VL - 3 ID - repository34330 IS - 2 A1 - Eryandra, Alvin A1 - Wanda Hamidah, Empi A1 - Karina Rizqita, Mutiara A1 - Nur Faridha, Erina AV - public UR - https://pub.borneorec.com/index.php/carmin/article/view/81 N2 - Bullying atau perundungan merupakan hal serius yang menjadi perhatian, terutama tingginya fenomena perundungan di lingkungan pendidikan. Dengan segala rasa kemanusiaan dan norma moral, perundungan bukanlah hal yang manusiawi. Melihat fenomena seperti ini, menjadi penting untuk meningkatkan rasa saling menyayangi dan menghormati antar kawan di kalangan siswa di sekolah. Menanamkan pemahaman akan bagaimana menghargai orang lain dan memperlakukannya dengan cara yang manusiawi adalah urgensi yang harus dilakukan terhadap peserta didik. Supaya, peserta didik memiliki kemampuan yang baik dan sesuai martabat manusia dalam bergaul khususnya sesama teman sebayanya. Berdasarkan fenomena yang terjadi, kami mengadakan kegiatan Psikoedukasi Stop Bullying untuk Menciptakan Lingkungan Belajar yang Aman. Mitra program pengabdian masyarakat ini adalah Madrasah Aliyah Muhammadiyah Al-Furqon. Kegiatan dilakukan dengan cara pelatihan melalui presentasi dan diskusi. Dengan penuh rasa optimis, kami harap kegiatan ini dapat melahirkan generasi cerdas yang saling menghormati sesama dan memiliki iklim psikososial dalam lingkungan belajar yang suportif. JF - Carmin: Journal of Community Service Y1 - 2023/12/31/ ER -