@unpublished{repository34301, title = {Artikel 1 jurnal pembelajaran nukleus}, publisher = {Uhamka}, note = {Unpublished}, abstract = {Tujuan diadakan penelitian ini adalah guna melihat pengaruh pembelajaran beserta contoh pengambilan keputusan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X pada materi perubahan dan pelestarian lingkungan hidup di salah satu SMAN di Kota Bekasi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April sampai Mei 2017. Menggunakan metode Quasy Experiment, dengan menggunakan PrePost Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa X MIPA 3 dan MIPA 4 dengan jumlah siswa masing-masing 35 dan 34 siswa. Teknik untuk mengambil sampel menggunakan random cluster sampling. Alat eksplorasi yang digunakan adalah tes keterampilan 10 butir yang terintegrasi dengan indikator kemampuan atau keterampilan berpikir kritis. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata nilai kemampuan atau keterampilan berpikir kritis pada kelompok eksperimen (=59,74) lebih tinggi daripada pada kelompok kontrol (=46,08). thitung(3.82) dan ttabel(2.97) diperoleh ketika hipotesis diuji dengan menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 1\% dan model pembelajaran seperti pengambilan keputusan decision making pada peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X pada materi konservasi lingkungan di SMA Negeri Bekas}, author = {Mayarni, Mayarni}, url = {http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/34301/} }