eprintid: 34282 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 2078 dir: disk0/00/03/42/82 datestamp: 2024-05-10 03:09:23 lastmod: 2024-05-10 03:09:23 status_changed: 2024-05-10 03:09:23 type: conference_item metadata_visibility: show creators_name: Azzahra, Tri Fitra creators_name: Eryandra, Alvin creators_id: alvineryandra@uhamka.ac.id title: Peran Sikap Tentang Uang Dalam Mempengaruhi Perilaku Pembelian Kompulsif Online ispublished: pub subjects: A divisions: 16 abstract: Munculnya istilah pembelian secara online dan adanya kemudahan serta penawaran yang menarik mengakibatkan peningkatan pembelian secara online di Indonesia. Persepsi individu yang berbeda-beda terhadap uang mendorong timbulnya perilaku berbelanja online yang tidak terkontrol. Hal ini menjadi salah satu yang mengindikasikan terjadinya perilaku pembelian kompulsif secara online. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peran dari money attitude terhadap pembelian kompulsif yang dilakukan secara online. Power prestige, retention time, distrust, anxiety dan quality merupakan dimensi yang terdapat didalam money attitude yang menjadi faktor yang mempengaruhi terjadinya perilaku pembelian kompulsif secara online. Penelitian ini dilakukan secara kuantitatif dengan menggunakan metode kuesioner yang disebar secara online. Responden dalam penelitian ini berjumlah 158 orang dan berusia dalam rentang 18 hingga 40 tahun. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah Money Attitude Scale dan Compulsive Online Shopping Scale. Penelitian ini menggunakan analisa regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara money attitude terhadap pembelian kompulsif secara online. Namun demikian, dalam penelitian ini ditemukan bahwa tidak semua dimensi yang terdapat pada money attitude memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku pembelian kompulsif online. Berdasarkan hasil penelitian, tidak ditemukan pengaruh yang signifikan dari dimensi retention time pada money attitude terhadap perilaku pembelian kompulsif online. date: 2021-02-27 date_type: published official_url: https://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/ProsidingSemNasPsikologi/article/view/2000 full_text_status: public pres_type: paper pagerange: 11-22 event_title: Prosiding Seminar Nasional Psikologi. Mempersiapkan Generasi Digital Yang Berwatak Sociopreneur: Kreatif, Inisiatif, dan Peduli di Era Society 5.0 event_location: Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta event_dates: 27 Feb 2021 event_type: conference refereed: FALSE related_url_url: https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=UVWoE1AAAAAJ&sortby=pubdate&citation_for_view=UVWoE1AAAAAJ:qjMakFHDy7sC related_url_type: author citation: Azzahra, Tri Fitra dan Eryandra, Alvin (2021) Peran Sikap Tentang Uang Dalam Mempengaruhi Perilaku Pembelian Kompulsif Online. In: Prosiding Seminar Nasional Psikologi. Mempersiapkan Generasi Digital Yang Berwatak Sociopreneur: Kreatif, Inisiatif, dan Peduli di Era Society 5.0, 27 Feb 2021, Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/34282/1/UMBY%2C%202021.pdf