%0 Generic %A Tri Isti Hartini, TIH %F repository:34112 %I Uhamka %T Artikel PkM 4_2023 Isti Pelatihan Penerbitan Perangkat Pembelajaran Fisika melalui Google Play Books %U http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/34112/ %X Berdasarkan observasi analisis kebutuhan dengan menggunakan kerangka berpikir 3E (Empathy, Expansive Thinking, dan Execute) diperoleh hasil bahwa sebagian besar guru Fisika MGMP JT II masih memerlukan bedah materi Fisika, dan media pendukung berupa bahan ajar yang terintegrasi pada aplikasi Google Play Books untuk merancang pembelajaran berdiferensiasi pada Fase F kelas XI Kurikulum Merdeka. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah diskusi dan pelatihan secara daring. Respon peserta diukur Mitra Teras: Jurnal Terapan Pengabdian Masyarakat Volume 2, Nomor 1, Juni 2023 Homepage: doi.org/10.58797/teras.0201 . 01 DOI: doi.org/10.58797/teras.0201.02 Received: 27 Juni 2023 Revised: 29 Juni 2023 Accepted: 30 Juni 2023 Online: 30 Juni 2023 Published: 30 Juni 2023 Mitra Teras: Jurnal Terapan Pengabdian Masyarakat p-ISSN: 2963-2102 e-ISSN: 2964-6367 | 14 Mitra Teras: Jurnal Terapan Pengabdian Masyarakat Volume 2 Nomor 1, Juni 2023 dengan menggunakan kuesioner di akhir pelatihan. Berdasarkan hasil survei, 56,4% peserta menyatakan pelatihan ini sudah mewakili kebutuhan pembelajaran fisika, 57,8% peserta menyatakan hasil pelatihan dapat diterapkan dalam pembelajaran, dan 60,9% peserta menyatakan pemaparan materi sudah lengkap dan jelas, ketiga hasil tersebut termasuk dalam kategori memuaskan. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pelatihan yang dilakukan sudah berjalan dengan baik.