eprintid: 34103 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 1551 dir: disk0/00/03/41/03 datestamp: 2024-04-24 03:37:25 lastmod: 2024-04-24 03:37:25 status_changed: 2024-04-24 03:37:25 type: other metadata_visibility: show creators_name: Tri Isti Hartini, TIH creators_id: tri_hartini@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0002-4338-5030 title: Artikel 27_2024 Isti Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry dan Motivasi Belajar Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis IPA Siswa Kelas III SDN Pinangsia 01 ispublished: unpub subjects: ZA4450 divisions: 84203 abstract: Fenomena yang terjadi ketika siswa belajar IPA di kelas dengan metode konvensional dan umpan balik yang minimal adalah banyak siswa yang kebingungan dan mengalami kesulitan untuk memahami konsep IPA sehingga mereka sering tidak dapat menerapkan konsep-konsep yang telah dipelajari dalam pelajaran IPA untuk memecahkan masalah dalam pembelajaran. tujuan penelitian ini untuk menganalisis, membuktikan dan mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran terhadap keterampilan berpikir kritis IPA siswa kelas III di SDN Pinangsia 01. Metode yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen kuantitatif. Dalam metode eksperimen terdiri dari dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sehingga pengambilan sampel dilakukan secara sampling jenuh atau semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Sample yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas III A berjumlah 32 orang dan siswa kelas III B berjumlah 32 orang. Dengan jumlah keseluruhan sampel 64 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi antara kedua model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap keterampilan berpikir kritis siswa menunjukkan nilai rata-rata A1B1 sebesar 88.67, A1B2 sebesar 61.60, A2B1 diperoleh nilai rata 81.09, A2B2 diperoleh nilai rata-rata sebesar 59.27. Analisis menggunakan uji Anava 2 Jalur dengan kriteria nilai Sig. menunjukkan bahwa nilai Sig. 0.262 lebih besar dari tingkat signifikansi (α = 0,05). publisher: Uhamka full_text_status: public citation: Tri Isti Hartini, TIH Artikel 27_2024 Isti Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry dan Motivasi Belajar Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis IPA Siswa Kelas III SDN Pinangsia 01. Uhamka. (Unpublished) document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/34103/1/%23P27_1571.pdf