%X Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 14 Bekasi Kelas X pada semester genap tahun ajaran 2012/2013, selama 1 bulan dimulai dari bulan April sampai dengan Mei 2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Pre Experimental Design, dengan populasi target penelitian adalah seluruh siswa SMA Negeri 14 Bekasi, sedangkan populasi terjangkaunya adalah siswa kelas X-7. Teknik sampling penelitian menggunakan teknik Purposive Sample (sampel bertujuan) dengan sampel 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian berupa tes uraian yaitu sebanyak 10 soal yang valid (product moment) dan reliabel (alpha). Perhitungan uji normalitas dengan menggunakan uji Lilliefors pada taraf 0,05, sedangkan uji homogenitas menggunakan uji Barlet. Dari hasil uji nor- malitas pada kelas eksperimen didapat Lhitung = 0, 077 dan Ltabel = 0, 161, karena Lhitung < Ltabel, berarti hipotesis nol (H0) diterima. Dan kesimpulannya adalah sampel yang digunakan berasal dari pop- ulasi yang berdistribusi normal. Sedangkan hasil homogenitas diperoleh nilai X2 hitung = 10, 4208 dengan X2 tabel = 42, 557 pada taraf signifikan 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa data homogen. Berdasarkan nilai yang didapat dari tabel t dengan taraf signifikasi � = 0, 05 dan derajat kebebasan dk = 29 didapat ttabel = 1, 700. Karena thitung > ttabel = 2, 789 > 1, 700 maka H0 ditolak. Dengan demikian H1 diterima yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran MEA terhadap hasil belajar fisika. %I Uhamka %A TIH Tri Isti Hartini %T Artikel 26_2015 Isti Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) Terhadap Hasil Belajar Fisika %L repository34102