eprintid: 34097 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 1551 dir: disk0/00/03/40/97 datestamp: 2024-04-24 03:36:55 lastmod: 2024-04-24 03:36:55 status_changed: 2024-04-24 03:36:55 type: other metadata_visibility: show creators_name: Tri Isti Hartini, TIH creators_id: tri_hartini@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0002-4338-5030 title: Artikel 20_2020 Isti Penelitian Awal Pengaruh Model dan Pendekatan Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Fisika ispublished: unpub subjects: ZA4450 divisions: 84203 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model dan pendekatan pembelajaran yang dipilih oleh pendidik terhadap hasil belajar fisika peserta didik sebagai penelitian awal untuk mencari model dan pendekatan yang tepat dan dapat meningkatkan hasil belajar fisika peserta didik. Penelitian ini adalah tahapan awal dari rangkaian panjang tahapan penelitian inti yakni pengaruh model Collaborative Teamwork Learning pada materi Usaha dan Energi berbasis Multi Representasi terhadap hasil belajar fisika. Metode penelitian ini adalah observasi. Hasil penelitian awal nenunjukkan rata-rata skor hasil belajar fisika peserta didik sebesar 60,5 dengan rata-rata skor tiap butir soal tertinggi pada soal dengan bentuk matematis yaitu 16,1 dan terendah soal dengan bentuk grafik yaitu 7,5 dengan persentase 61% peserta didik yang memiliki hasil belajar di bawah kriteria ketuntasan minimum dan 39% peserta didik memiliki hasil belajar di atas ketuntasan minimum. Sehingga dapat dikatakan sebagian besar peserta didik belum mencapai indikator keberhasilan ratarata sebesar 75% yang berarti perlu dilakukan penelitian lanjutan. publisher: Uhamka full_text_status: public citation: Tri Isti Hartini, TIH Artikel 20_2020 Isti Penelitian Awal Pengaruh Model dan Pendekatan Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Fisika. Uhamka. (Unpublished) document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/34097/1/%23P20_1571.pdf