eprintid: 34084 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 1551 dir: disk0/00/03/40/84 datestamp: 2024-04-24 03:37:08 lastmod: 2024-04-24 03:37:08 status_changed: 2024-04-24 03:37:08 type: other metadata_visibility: show creators_name: Tri Isti Hartini, TIH creators_id: tri_hartini@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0002-4338-5030 title: Artikel 16_2022 Isti Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) dalam Penguasaan Konsep IPA pada Siswa Sekolah Dasar ispublished: unpub subjects: ZA4450 divisions: 84203 abstract: Ilmu Pengetahuan Alam IPA yang didalamnya ada beberapa konsep skema konseptual yang saling terkait, tumbuh sebagai hasil percobaan dan pengamatan juga berguna untuk dipelajari lebih dalam. Tujuan dari studi ini adalah untuk menjabarkan model pembelajaran SFE serta faktor yang dapat mendukung penerapan model SFE terhadap siswa kelas IV di SDN Slipi 11 Pagi. Penelitian ini menerapkan metode penelitian kualitatif yang serupa dengan desain penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dibuat dalam 2 kali pertemuan dengan melibatkan 25 siswa kelas IV. Data diperoleh serupa dengan teknik traingualasi yaitu: observasi, wawancara serta dokumentasi. Bersumber pada hasil penelitian yakni penerapan model SFE diantaranya: guru mengutarakan kompetensi yang perlu dicapai, guru menjelaskan poin – poin penting dan mendemonstrasikan bahan ajar, guru memberikan peluang kepada siswa untuk menyampaikan atau mempresentasikan materi, guru merumuskan hasil ide dan pandangan siswa. Selanjutnya, guru mengulas kembali pembelajaran tersebut. Kemudian, faktor yang mendukung penarapan model SFE dalam meningkatkan penguasaan konsep materi IPA Perubahan Wujud Benda tersebut dengan membuat peta konsep. publisher: Uhamka full_text_status: public citation: Tri Isti Hartini, TIH Artikel 16_2022 Isti Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) dalam Penguasaan Konsep IPA pada Siswa Sekolah Dasar. Uhamka. (Unpublished) document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/34084/1/%23P16_1571.pdf