eprintid: 34082 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 1551 dir: disk0/00/03/40/82 datestamp: 2024-04-24 03:37:22 lastmod: 2024-04-24 03:37:22 status_changed: 2024-04-24 03:37:22 type: other metadata_visibility: show creators_name: Tri Isti Hartini, TIH creators_id: tri_hartini@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0002-4338-5030 title: Artikel 14_2019 Isti Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis GameMaker: Studio Berbantu Permainan Ular Tangga pada Materi Dinamika Rotasi dan Kesetimbangan Benda Tegar ispublished: unpub subjects: ZA4450 divisions: 84203 abstract: Penelitian ini dilakukan karena terbatasnya jumlah media pembelajaran fisika berbasis teknologi di SMA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran fisika dalam bentuk aplikasi GameMaker: Studio pada materi dinamika rotasi dan kesetimbangan benda tegar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Pada tahap analisis, dilakukan kegiatan analisis masalah dan analisis kebutuhan. Pada tahap desain, desain media pembelajaran dibuat kemudian divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Pada tahap implementasi, media pembelajaran diuji cobakan pada kelompok kecil dengan responden 15, dan uji kelompok besar dengan responden 72. Tahap evaluasi dilakukan dengan menganalisis data validasi ahli, uji kelompok kecil dan uji kelompok besar. Data yang diperoleh melalui metode observasi dianalisis secara deskriptif kualitatif. Sedangkan data validasi dianalisis secara deskripstif kualitatif dan kuantitatif. Nilai rata-rata ahli 94,67% (Sangat Baik), uji kelompok kecil 76,33% (Baik) dan uji kelompok besar 83,28% (Good). Sehingga dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini layak digunakan untuk pembelajaran fisika. publisher: Uhamka full_text_status: public citation: Tri Isti Hartini, TIH Artikel 14_2019 Isti Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis GameMaker: Studio Berbantu Permainan Ular Tangga pada Materi Dinamika Rotasi dan Kesetimbangan Benda Tegar. Uhamka. (Unpublished) document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/34082/1/%23P14_1571.pdf