%0 Generic %A Tri Isti Hartini, TIH %F repository:34081 %I Uhamka %T Artikel 13_2020 Isti PENGARUH PEMBERIAN SOAL HOTS (HIGH ORDER THINKING SKILL) BERBASIS HIPOTESIS DEDUKTIF PADA MATA KULIAH FISIKA DASAR 2 TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA %U http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/34081/ %X Telah dilakukan penelitian mengenai pengaruh Pemberian Soal Hots (High Order Thinking Skill) Berbasis Hipotesis Deduktif Pada Mata Kuliah Fisika Dasar 2 Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Metode penelitian menggunakan mixed method. Peneliti pertama kali mengembangkan produk (Research and Development) berupa soalsoal HOTS berbasis hipotesis deduktif dalam mata kuliah fisika dasar 2, setelah soal dikembangkan dan divalidasi, kemudian diimplementasikan dalam pembelajaran dan penilaian (eksperimen). Teknik validasi yaitu meminta kepada ahli/expert, dalam hal ini sebagai validator, untuk memeriksa ketepatan dan memberikan penilaian antara kesesuaian butir soal dengan indikator-indikatornya dan redaksi penulisan soal. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli evaluasi diperoleh rata-rata persentase penilaian keseluruhan aspek adalah 83,33 %, hasil validasi oleh ahli materi diperoleh rata-rata persentase penilaian keseluruhan aspek adalah 78,33 %. Berdasarkan hasil uji coba lapangan, diperoleh rata-rata persentase penilaian keseluruhan aspek adalah 81,67 %. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa soal HOTS yang dikembangkan layak digunakan sebagai alat penilaian pada perkuliahan fisika dasar 2. Pengaruh soal HOTS berbasis hipotesis deduktif terhadap hasil belajar mahasiswa dapat dilihat dengan menggunakan indeks Gain. Dalam penelitian ini, nilai indeks Gain sebesar 0,52, yang menunjukkan bahwa efektifitas pemberian soal HOTS berbasis hipotesis deduktif terhadap hasil belajar mahasiswa dalam rentang sedang.