eprintid: 33667 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 1704 dir: disk0/00/03/36/67 datestamp: 2024-03-05 04:53:32 lastmod: 2024-03-05 04:53:32 status_changed: 2024-03-05 04:53:32 type: article metadata_visibility: show creators_name: Arafat, Febriandirza creators_name: Maesaroh, Maesaroh creators_name: Eka Kartikawati, Eka creators_name: IRDALISA, IRDALISA creators_name: ELVIANASTI, MEGA creators_id: maesyaroh@uhamka.ac.id creators_id: eka.kartikawati@uhamka.ac.id creators_id: irdalisa@uhamka.ac.id creators_id: megaelvianasti@uhamka.ac.id title: PEMBERDAYAAN PELAKU USAHA PERIKANAN BERBASIS TEKNOLOGI DIGITAL ispublished: pub subjects: ZA4450 divisions: sch_bio abstract: Kelompok usaha pindang bandeng di Kabupaten Bekasi memulai usaha dalam bidang perikanan sekitar 20 tahun. Selama perjalanan usahanya, produk pindang ikan bandeng diproduksi dan distribusikan secara konvensional. Sumber daya manusia merupakan salah satu keterbatasan dalam pengembangan usaha pindang bandeng. Kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan bagi pelaku usaha pindang bandeng terkait pemanfaatan teknologi digigal untu mendukung aktivitas usaha. Metode yang digunakan dalam kegiatan yaitu berupa seminar pemberian materi dan workshop keterampilan teknologi digital. Hasil evaluasi kegiatan menunjukkan bahwa terdapat perubahan pengetahuan dalam proses pengemasan produk dan pemasaran menggunakan digital marketing. Seluruh peserta kegiatan menyatakan bahwa pendampingan pelaku usaha perikanan ini bermanfaat untuk mereka. Melalui kegiatan ini para peserta memeroleh pengetahuan, dan keterampilan tentang proses produksi dan pemasaran usaha pindang menggunakan teknologi digital. Diperlukannya tindak lanjut dan waktu pendampingan yang lebih panjang dalam upaya membuat pelaku usaha lebih mudah beradaptasi dan mandiri. full_text_status: public publication: JCES (Journal of Character Education Society) refereed: TRUE citation: Arafat, Febriandirza dan Maesaroh, Maesaroh dan Eka Kartikawati, Eka dan IRDALISA, IRDALISA dan ELVIANASTI, MEGA PEMBERDAYAAN PELAKU USAHA PERIKANAN BERBASIS TEKNOLOGI DIGITAL. JCES (Journal of Character Education Society). document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/33667/1/Artikel%20JCES%20Publish.pdf