eprintid: 331 rev_number: 6 eprint_status: archive userid: 587 dir: disk0/00/00/03/31 datestamp: 2017-08-30 08:25:25 lastmod: 2017-08-30 08:25:25 status_changed: 2017-08-30 08:25:25 type: book metadata_visibility: show creators_name: Suswandari, Suswandari creators_name: Hastiartono, Toto creators_id: suswandari@uhamka.ac.id creators_id: hastiartono@gmail.com title: INOVASI PEMBELAJARAN IPS BERBASIS KARAKTER ispublished: pub divisions: sch_edu abstract: Assalamualikum Warrahmatullahi Wabarakatuh Puji syukur ke hadirat Allah SWT, atas berkah, rahmat dan karunia-Nya Buku Inovasi Pembelajaran IPS Berbasis Karakter dapat diselesaikan dengan baik setelah melalui kerja keras yang luar biasa. Terbitnya Buku Ajar ini terkait dengan masih minimnya bahan bacaan bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar untuk mata kuliah Inovasi Pembelajaran IPS. Seiring dengan era global yang terus berjalan, berbagai bentuk perubahan terus mengiringi aktivitas kehidupan manusia. Oleh karenanya, ketersediaan sumber daya manusia yang tanggap dan memiliki kemampuan untuk menyikapi perubahan sosial menjadi kunci tersendiri bagi eksistensi suatu bangsa. Pendidikan yang berkualitas menjadi faktor penting keberadaan sumber daya manusia yang dimaksud. Pendidikan bagi calon Guru Sekolah Dasar dituntut untuk dapat menyajikan aktivitas pembelajaran bermutu sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan zaman. Pada Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar terdapat lima bidang ilmu ke SD an yang salah satunya adalah mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Tujuan pembelajaran IPS di SD antara lain dalam upaya pembentukan karakter dan kepribadian individu/ siswa untuk mencintai tanah air, menumbuhkan sikap empati, simpati dan toleransi serta hal-hal lain yang menyangkut manusia dan kemanusiaan, lingkungan sosial dan segala bentuk perubahannya. Materi IPS yang terus berkembang membutuhkan ketrampilan pembelajar di sekolah dasar yang inovatif dan kreatif. Dalam hal ini guru dapat terus meng up date diri dengan rancangan pembelajaran IPS yang kontekstual. Buku ini menyajikan berbagai hal yang terkait dengan perubahan paradigma pembelajaran di sekolah dasar, konsep dan implementasi inovasi, membedah kurikulum 2013 dan hal lain yang perkiatan dengan proses pembelajaran IPS termasuk pembelajaran IPS berbasis budaya dan karakter. Buku Ajar ini, dapat tersusun karena dorongan dan kerjasama dengan berbagai pihak. Pada kesempatan ini saya mengucapkan terima kasih untuk rekan-rekan yang selama ini selalu konsen dengan pembelajaran IPS di sekolah dasar. Mudah mudahan buku ini bisa bermanfaat. Kritik dan saran sangat diharapkan untuk kesempurnaan buku ini pada terbitan yang akan datang. Wassalamualikum Warrahmatullahi Wabarakatuh date: 2014-04 date_type: published publisher: UHAMKA Press full_text_status: public pages: 156 refereed: TRUE referencetext: Abdul Aziz Wahab. (2005). Materi Perkuliahan Inovasi Pendidikan. Jurusan Pendidikan IPS S3 UPI Bandung. ____________. (2007). Metode dan Model Model Mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Bandung: Alfabeta Agus Subagyo dan Sutarjo Atmowasito. (2006). “ Menelanjangi Kapitalisme Global“. http://. www. Media Indonesia . com. . (2006). ““ Arus Globalisasi dan Agenda Demokrasi “. http://. www. Media Indonesia . com. Alisyahbana, Iskandar. (2006). “ Masyarakat Global “. http.//www. Kompas. Com Ashkenas, Ron. (et. al). (2002). The Boundaryless Organization: Breaking The Chains of Organizational Structure. San francisco. Jossey-Bass. B.C. Potgieter. (2003). Exploring Leadership and Organization for Change and Innovation in Higher Education. http//herdsa Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan. (2013). Implementasi Pembelajaran Tematik Terpadu. Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan. (2013). Konsep Pembelajaran Tematik Terpadu. Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan. (2013). Konsep Penilaian Autentik Pada Proses dan Hasil Belajar. Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan. (2013). Contoh Penerapan Pendekatan Scientific dalam Pembelajaran Tematik. Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan. (2013). Analisis Buku Guru dan Siswa (Tematik) Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan. (2013). Rambu-rambu Penyusunan RPP Tematik. Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan. (2013). Kurikulum 2013. Kompetensi Dasar SD/MI. Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan. (2013). Elemen Perubahan Kurikulum 2013. Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan. (2013). Rasional Kurikulum 2013 Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan. (2013). Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning) Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan. (2013). Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Bhagwati, Jagdish. (2004). In Defense of Globalization. Oxford University Press-New York. Bellog, Hilaire. (1956). The French Revolution. London: Oxford University Press. Brundtland, gro Harlem. (1987). Our Common Future: World Commision On Environment and Development. Oxforf: New York University B.C. Potgieter. (2003). Exploring Leadership and Organization for Change and Innovation in Higher Education. http//herdsa C. Asri Budiningsih.(2012). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta Dickinsons, Lows. (1952). Revolution and Reaction in Modern France. Indiana The University of Rotredame. Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan. (2005). Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Modul Pelatihan. Djatmiko, Yayat hayati. (2003). Perilaku Organisasi. Bandung: Alfabeta Dryden, Gordon dan Jeanette Vos. (1999). The Learning Revolution. Selandia Baru Everett S. Rogers. (1995). Diffusion of Innovations. New York: The Fref Press. Everett S. Rogers and Shoemaker F. Floyd. (1971). Communication of Innovation A Cross Cultural Approach. New York: The Free Press. Ernest R. House. (1974). The Politic of Educational Innovation. USA: MC Cutchan Publishing Company Faisal Basri. (1995). Perekonomian Indonesia Menjelang abad XXI: Distorsi, Peluang dan Kendala. Jakarta: Erlangga. Fareed Zakaria. (2004). “ The Future of Freedom Illiberal Democracy at Home and Abroad”. Alih Bahasa: Ahmad Lukman: Masa Depan Kebebasan Penyimpangan Demokrasi di Amerika dan Negara Lain. Jakarta: Ina Publikation. Fukuyama, Francois. (2004). “ The End of History and The Last Man. Alih Bahasa: M.H. Amrullah: Kemenangan kapitalisme dan Demokrasi Liberal. Yogyakarta: Qolam. Gaffar, Mohammad Fakry. (2006). “ Materi Kuliah Globalisasi dan Pendidikan Internasional”. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Semester II TA. 2005-2006. Sekolah Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung. Giddens, Anthony. (2002). “ The Third Way The Renewal of Social Democracy”. Alih Bahasa: Ketut Arya Mahardika . Jalan Ketiga: Pembaruan Demokrasi Sosial . Jakarta: PT SUN Harrison, Lawrence E and Samuel P Huntington. (2000). Culture Matters. Basic Books: A Member of the Perseus Books Group. Hirst, Paul and Grahame Thompson. (2001). Globalisasi Adalah Mitos. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia. HAR Tilaar. (1999). Beberapa Agenda Reformasi Pendidikan di Indonesia Dalam Perspektif Abad 21. Magelang. Tera Indonesia. International Forum on Globalization. (2003). Globalisasi Kemiskinan dan Ketimpangan. Yogyakarta: Pustaka Rakyat Cerdas. Idris HM Noor (2005). “ Sebuah Tinjauan Teoretis Tentang Inovasi Pendidikan di Indonesia”. Portal Informasi Pendidikan di Indonesia. Balitbang Dikdasmen DIKTI Jacobsen, David A, Paul Eggen dan Donald Kauchak. (2009). Methods For Teaching: Promoting Student Learning in K 12 Classrom. USA: New Jersey. J. Drost. (2000). “Proses Pembelajaran Masa Kini dan Masa Mendatang” . Dalam A. Atmadi dan Y Setiyaningsih. Transformasi Pendidikan Memasuki Milenium Ketiga. Yogyakarta: Kanisius dan Sanata Darma Johnson, Elaine B. (2002). “Contextual Teaching and Learning: What It Is and Why It’s Here to Stay”. Alih bahasa: Contextual Teaching and Learning Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan Dan Bermakna. Bandung: MLC Joyce Bruce, Marsha Weil dan Emily Calhaun. (2000). Models Of Teaching. Allyn and Bacon. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2013) Materi Pelatihan guru Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta. Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2013) Pedoman Pelatihan Kurikulum 2013. Jakarta. Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013) Tema 1 Diriku. Buku Tematik Kurikulum 2013 Buku Guru SD/MI Kelas 1. Jakarta. Kementerian Pendidikan dan kebudayaan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013) Tema 1 Diriku. Buku Tematik Kurikulum 2013 Buku Siswa SD/MI Kelas 1. Jakarta. Kementerian Pendidikan dan kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013) Tema 1 Indahnya Kebersamaan. Buku Tematik Kurikulum 2013 Buku Siswa SD/MI Kelas 4. Jakarta. Kementerian Pendidikan dan kebudayaan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013) Tema 1 Indahnya Kebersamaan. Buku Tematik Kurikulum 2013 Buku Guru SD/MI Kelas 4. Jakarta. Kementerian Pendidikan dan kebudayaan. Lickona, Thomas. (2012). “Educating For Character: How Our Schools Can Teach and Responsibility”. Mendidik Untuk Membentuk Karakter: bagaimana sekolah Dapat Memberikan Pendidikan Tentang sikap Hormat dan Bertanggung Jawab. Alih bahasa: Juma Abdu Wamaungo. Jakarta: Bumi Aksara. Musdah Mulia, Siti dan Ira D Aini. (2013). Karakter manusia Indonesia: butir Butir Pendidikan karakter Untuk Generasi Muda. Bandung: Nuasa Cendekia. Masykur Arif Rahman. (2013). Kesalahan Kesalahan Guru Dalam Mengajar. Jogjakarta: Laksana Mickletwait, John and adrian Wooldridge. (2000). The Challenge and Hidden Promise of Globalization. New York: Crown Publishers, Ramdon House . Inc. Martorella, Peter H. (1985). Elementary Social Studies. Little Brown Toronto Mukminan. (1998). Belajar dan Pembelajaran. IKIP Yogyakarta Napitupulu. (1998). Belajar Untuk Hidup Bersama dalam Damai dan Harmoni. Bandung: UPI. Ohmae, Kenichi. (2002). “The End of the Nation State The Rise of Regional Economies. Alih Bahasa: Ruslani. Hancurnya Negara Bangsa Bangkitnya Negara Kawasan dan Geliat Ekonomi Regional di Dunia Tak Terbatas. Yogyakarta: Qolam. Riggs, Fred W. (2002). “ Globalization, Ethnic Diversity and Nationalism The Challenges for Democracies”. Annals AAPSS. 581. Rochiati Wiriaatmadja. (2003). “Pembelajaran IPS Pada Tingkat Sekolah Dasar”. JPIPS. Bandung Sudarwan Danim. (2003). Agenda Pembaruan Sistem Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Sulasman dan Setia Gumilar. (2013). Teori-Teori Kebudayaan. Bandung Pustaka Setia. Suyanto. (1998). “Aktualisasi Kompetensi dasar Dalam Kurikulum Ekonomi SMU “. Makalah Seminar Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia. Yogyakarta Sunyoto Usman. (1998). Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Syaifurahman dan Tri Ujiati. (2013). Manajemen Dalam Pembelajaran. Jakarta: PT Indek. Tim Yayasan Jati Diri Bangsa. (2011). Pendidikan Karakter di Sekolah: Dari gagasan ke Tindakan. Jakarta. PT Elex Media Komputindo. Zamroni. (1997). “ Mempersiapkan Kurikulum Abad XXI”. Educatio Indonesiae. World Commision on the Social Dimension of Globalization. (2004). A Fair Globalization; Creating Opportunities for All. Ilo Publication. Zaini Hisyam, Bermawy Munthe, Sekar Ayu Aryani. (2004). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: IAIN. citation: Suswandari, Suswandari dan Hastiartono, Toto (2014) INOVASI PEMBELAJARAN IPS BERBASIS KARAKTER. UHAMKA Press. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/331/1/BUKU%20INOVASI%20PEMBELAJARAN%20IPS%20I.pdf