%0 Journal Article %@ 1411-5166 %A Luthpi Safahi, Luthpi %A UHAMKA, %D 2015 %F repository:327 %I SIGMA Journal %J The Journal of Educations, Mathematics, Science, and Technology %N 1 %P 58-64 %T Pengaruh Model Learning Cycle Terhadap Kemampuan Keterampilan Proses Sains (KPS) Mahasiswa Biologi %U http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/327/ %V 7 %X Penelitian yang menggunakan metode Quasi Eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Learning Cycle terhadap keterampilan proses sains mahasiswa dalam matakuliah Vertebrata. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi semester IV pada tahun akademik 2011/2012. Penguasaan kemampuan keterampilan proses sains (KPS) diukur melalui tes KPS berbentuk pilihan ganda sebanyak 30 soal untuk mengukur pemilikan tujuh jenis KPS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Learning Cycle pada kemampuan KPS kelas eksperimen cenderung berbeda signifikan dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Dari penggunaan model pembelajaran Learning Cycle kemampuan beberapa jenis KPS responden dapat terlatih. Hal ini tampak dari persentase rata-rata untuk setiap jenis KPS, diantaranya KPS observasi (97%), KPS klasifikasi (64%), dan KPS aplikasi (61%). Model pembelajaran Learning Cycle lebih cocok digunakan pada matakuliah yang mempunyai karakteristik yang sama dengan matakuliah vertebrata. Model pembelajaran Learning Cycle kemampuan KPS mahasiswa cenderung berbeda nyata daripada model pembelajaran konvensional. Kata kunci: Learning Cycle, Keterampilan Proses Sains (KPS)