%T Hasil Penelitian berjudul FENOMENA FOMO (FEAR OF MISSING OUT) SEBAGAI GAYA HIDUP KAUM MILLENIAL PENGGUNA MEDIA SOSIAL %X FoMO adalah situasi saat adanya keinginan yang besar untuk tetap terus terhubung dengan apa yang sedang dilakukan oleh orang lain melalui dunia maya. Istilah-istilah gaul di kalangan millenial beragam. Selain FoMO, juga ada JOMO, FOBO, dan YOLO. Istilah kekinian tersebut terkait dengan gaya hidup. FoMO atau Fear of missing out dicirikan oleh adanya keinginan yang besar untuk tetap terus terhubung dengan informasi tentang apa yang sedang dilakukan oleh orang lain di dunia maya. Selain mendorong rasa ketergantungan pada media sosial, FoMO berdampak pada pola perilaku kaum millenial saat mengakses media sosial. Artikel ini bertujuan untuk mengidentifikasi fenomena fear of missing out sebagai gaya hidup kaum millenial pengguna media sosial. Penelitian bermetode kualitatif ini dengan teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles & Huberman. Pada artikel ini disimpulkan bahwa kaum millenial aktif dalam bermedia sosial agar dirinya eksis, walaupun banyak juga yang memiliki second account yang jati diri serta identitasnya disembunyikan. Beberapa ada yang menjadi FoMO akibat melihat postingan followers tentang gaya hidup, OOTD, kuliner serta liburan ke luar kota atau luar negeri. Bahkan ada yang menjadi galau dan kemudian mem-blok akun tersebut, termasuk yang sering berkomentar negatif karena khawatir mengganggu kesehatan mental. Namun ada beberapa yang tidak merasa terganggu dan menganggap sebagai hal biasa. Jika postingan atau komentar mengganggu bisa dengan cara di-skip atau dihapus. %A NAP Novi Andayani Praptiningsih %I Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA (UHAMKA) %L repository32276