eprintid: 30806 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 1552 dir: disk0/00/03/08/06 datestamp: 2024-01-19 06:55:37 lastmod: 2024-01-19 06:55:37 status_changed: 2024-01-19 06:55:37 type: article metadata_visibility: show creators_name: IRDALISA, IRDALISA creators_id: irdalisa@uhamka.ac.id title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PJBL BERBANTUAN “CANVA” TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KREATIVITAS SISWA PADA MATERI IPA (PELESTARIAN TUMBUHAN DAN HEWAN) ispublished: pub subjects: L abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh penerapan model pembelajaran Project-Based Learning (PjBL) menggunakan aplikasi Canva terhadap motivasi belajar dan kreativitas siswa Kelas VI pada materi IPA (Pelestarian Tumbuhan dan Hewan) di Sekolah Dasar Kota Depok. Metode penelitian ini menggunakan random sampling dan Pre-Test and Post-Test with Non-Equivalent Control Group Design. Kelompok eksperimen menggunakan model PjBL menggunakan aplikasi Canva, sementara kelompok kontrol menggunakan model pembelajaran PjBL tanpa menggunakan Canva dalam pembelajaran. Instrumen yang digunakan adalah angket sikap untuk mengukur motivasi belajar dan rubrik untuk mengukur kreativitas siswa dari hasil karya poster menggunakan aplikasi Canva. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PjBL menggunakan aplikasi Canva memiliki pengaruh yang positif terhadap motivasi belajar dan kreativitas siswa pada materi IPA kelas VI. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian yang dilakukan dengan uji Pillai's Trac. e, Wilks' Lambda, Hotelling's Trace dan Roy's Largest Root memiliki nilai sig. 0,000 < 0,05 . Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran PjBL menggunakan Canva terhadap motivasi belajar dan kreativitas siswa. Siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model PjBL menggunakan aplikasi Canva menunjukkan motivasi belajar yang lebih tinggi dan menunjukkan tingkat kreativitas yang lebih baik dalam memahami dan mengaplikasikan konsep-konsep IPA. full_text_status: public publication: DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal) refereed: TRUE citation: IRDALISA, IRDALISA PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PJBL BERBANTUAN “CANVA” TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KREATIVITAS SISWA PADA MATERI IPA (PELESTARIAN TUMBUHAN DAN HEWAN). DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal). document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/30806/1/1267-Article%20Text-6885-1-10-20240118.pdf document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/30806/2/1267-Article%20Text-6885-1-10-20240118.pdf