eprintid: 30542 rev_number: 16 eprint_status: archive userid: 2950 dir: disk0/00/03/05/42 datestamp: 2023-12-28 09:36:58 lastmod: 2023-12-28 09:36:58 status_changed: 2023-12-28 09:36:58 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Rudiansyah, Dicky creators_id: asepknalpot11@gmail.com contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/AUT contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Rudiansyah, Dicky contributors_name: Ramza, Harry contributors_id: asepknalpot11@gmail.com contributors_id: hramza@uhamka.ac.id corp_creators: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA, Jakarta, INDONESIA title: PERANCANGAN PENGENDALI KETINGGIAN AIR BERBASIS HMI (HUMAN MACHINE INTERFACE) SYSTEM DAN PLC (PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER) ispublished: pub subjects: Skripsi subjects: T1 subjects: TK divisions: 20201 abstract: Indonesia adalah negara dengan iklim tropis yang memiliki curah hujan dan sangat rawan terhadap banjir. Fenomena ini dapat dicegah dengan membangun bendungan yang dilengkapi pintu air. Di era teknologi ini penggunaan teknologi HMI (Human Machine Interface) dan PLC (Programmable Logic Controller) diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dalam mengurangi kelalaian petugas dalam memantau ketinggian air. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang sistem pengendalian ketinggian air berbasis HMI (Human Machine Interface) dan PLC (Programmable Logic Controller), mendapatkan nilai parameter KP, KI, dan KD yang tepat melalui proses penalaran sensor menggunakan Metode Ziegler Nichols yang menghasilkan nilai parameter Overshoot, Time Steadystate, Error Steadystate, Risetime, dan Settling time, serta membuat desain HMI untuk sistem kendali dan monitoring sistem menggunakan software Haiwell Scada. Metode yang digunakan untuk mendapatkan nilai parameter KP, KI, dan KD yaitu metode penalaran sensor menggunakan metode Ziegler Nichols dimana penalaran tersebut menghasilkan waktu tunda (L) sebesar 4 detik dan konstanta waktu (T) sebesar 62 detik. Sensor yang digunakan yaitu sensor infrared SHARP GP2Y0A41SK0F. Kemudian hasil dari penalaran tersebut kemudian diolah menggunakan tabel rumus Ziegler Nichols untuk mendapatkan nilai PID. Setelah melakukan percobaan kendali P, kendali PI, dan kendali PID maka penulis menggunakan kendali PID untuk melakukan pengambilan data karena mendapatkan nilai time steadystate yang lebih rendah yaitu sebesar 98 detik dengan nilai KP 19, KI 2, dan KD 37. Pengujian kendali PID dalam perancangan pengendali ketinggian air telah dilakukan dengan range ketinggian 5cm – 20cm dan menghasilkan nilai rata – rata error sebedar 0,032%. date: 2023-11-30 date_type: published official_url: https://ft.uhamka.ac.id/prodi/elektro/ full_text_status: public pages: 68 institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA department: Electrical Engineering thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: Dan, P., Penerapan, S., Pid, P., Sistem, P., Tegangan, K., Generator, K., Elektro, T., Teknik, K., Brawijaya, U., & Teknik, F. (2018). Perancangan dan simulasi penerapan pengendali pid pada sistem kendali tegangan keluaran generator pesawat n219 di pt. dirgantara indonesia. Haryanto, H., & Hidayat, S. (2016). Perancangan HMI (Human Machine Interface) Untuk Pengendalian Kecepatan Motor DC. Setrum : Sistem Kendali-Tenaga-Elektronika-Telekomunikasi-Komputer, 1(2), 58. https://doi.org/10.36055/setrum.v1i2.476 Husen, A. (2022). RANCANG BANGUN TEACHING AIDS PENGATURAN LEVEL DAN PRESSURE AIR DENGAN KENDALI PID MENGGUNAKAN PLC OMRON CP1H LEVEL DAN PRESSURE AIR DENGAN KENDALI PID MENGGUNAKAN PLC OMRON CP1H. Khusniyah, M., Budi, E. S., & Safitri, H. K. (2021). Sistem Kendali Pid Menggunakan Plc Cp1H Dan Hmi Pada Aplikasi Miniplant Tekanan Udara. Jurnal Elektronika Dan Otomasi Industri, 8(3), 229. https://doi.org/10.33795/elk.v8i3.266 Mugono, S., & Musyahar, G. (2021). Rancang Bangun Trainer Kendali Berbasis Plc Mitsubishi Fx3U 24 Mr Di Watussalam Textile. Jurnal Cahaya Bagaskara, 6(1), 10–19. Muid, A. (2015). Prosiding Semirata2015 bidang MIPA BKS-PTN Barat Universitas Tanjungpura Pontianak Hal 230-238 PENGEMBANGAN SENSOR JARAK GP2Y0A02YK0F UNTUK MEMBUAT ALAT PENGUKUR KETINGGIAN PASANG SURUT ( PASUT ) AIR LAUT (DEVELOPMENT OF THE DISTANCE SENSOR GP2Y0A02YK0F Pr). 230–238. Nawawi, I. (2010). Menentukan Fungsi Alih Motor Dc Dengan Program Matlab (Vol. 33, Issue 1, pp. 99–111). P. M. Wibowo. (2009). Kontrol PID untuk Mengatur Lebih dari Satu Variabel pada Pemodelan Heater. Repository.Usd.Ac.Id. https://repository.usd.ac.id/29175/2/045114058_Full.pdf Rezaputra, M. D. D., & Cahyono, M. R. A. (2021). Perancangan Sistem Kontrol Otomatis Press Roll Berbasis PLC Mitsubishi Type-Q Pada Building Tire Machine. Indonesian Journal of Engineering and Technology (INAJET), 3(2), 92–101. https://doi.org/10.26740/inajet.v3n2.p92-101 Saputra, I., Hakim, L., & S, S. R. (2013). 106-Article Text-139-1-10-20140704 (1). Wardhana, D. W., Wahyudi, A., & Nurhadi, H. (2016). Perancangan Sistem Kontrol PID Untuk Pengendali Sumbu Azimuth Turret Pada Turret-Gun Kaliber 20mm. Jurnal Teknik ITS, 5(2), 512–516. https://doi.org/10.12962/j23373539.v5i2.18110 funders: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA, Indonesia citation: Rudiansyah, Dicky (2023) PERANCANGAN PENGENDALI KETINGGIAN AIR BERBASIS HMI (HUMAN MACHINE INTERFACE) SYSTEM DAN PLC (PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/30542/1/Dicky%20Rudiansyah_1803025014_Skripsi-1.pdf