eprintid: 30168 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3857 dir: disk0/00/03/01/68 datestamp: 2023-11-16 06:23:06 lastmod: 2023-11-16 06:23:06 status_changed: 2023-11-16 06:23:06 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Virayani Yusriy Widarey, Atsna title: Artajak: Metode Inklusi Kesadaran Pajak Melalui Permainan Edukasi dan Pengembangan Motorik Anak Sekolah Dasar ispublished: pub subjects: HG divisions: perpajakan date: 2023 date_type: completed full_text_status: public pages: 22 institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: FEB thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Abdillah, A. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Motorik Berbasis Permainan. Jurnal Pendidikan Olahraga, 8(2), 138. https://doi.org/10.31571/jpo.v8i2.1446 Bakeuda. (2021). Fungsi, Manfaat dan Jenis Pajak untuk Pembangunan Negara. Badan Keuangan Daerah. Pemerintah Kabupaten Agam. Retrieved from https://bakeuda.agamkab.go.id/Home/view/22 DJP. (2016). Materi Pelatihan Inklusi Kesadaran Pajak Dalam Pendidikan Dasar dan Menengah. In Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Retrieved from https://edukasi.pajak.go.id/get-pdf-inklusi/Pelatihan_SD_Rendah.pdf Dwianika, A., Augury El Rayeb, Nurhidayah, F., & Rosiana, N. (2022). Peningkatan Pemahaman dan Minat Belajar Pajak Melalui Webgames Ular Tangga di SMKN 2 Tangerang. Jurnal Abdikaryasakti, 2(2), 119–136. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25105/ja.v2i2 Fitri, S. N., & Annisa. (2023). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Profit: Jurnal Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(2), 218–237. Handayani, I. (2019). Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Konstruktivisme. Mau’izhah, 9(1), 27. https://doi.org/10.55936/mauizhah.v9i1.15 Idawati. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Games di Lapangan Pada Santri RA AlBanatu Sholiha Medan Labuhan. Jurnal Raudha, 8(2), 20. Istiqomah, H., & Suyadi, S. (2019). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Sekolah Dasar Dalam Proses Pembelajaran (Studi Kasus Di Sd Muhammadiyah Karangbendo Yogyakarta). El Midad, 11(2), 155–168. https://doi.org/10.20414/elmidad.v11i2.1900 John, K., & Angela, M. (2004). Literature Review in Games and Learning. NESTA Futurelab Series. Judithia, D. (2019). Proses Adaptasi Ikatan Mahasiswa Fakfak Di Kota Bandung. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 54–69. Retrieved from https://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/1558/ Magdalena, I., Nadya, R., & Prahastiwi, W. (2021). Analisis Penggunaan Jenis- Jenis Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Sd Negeri Bunder Iii. BINTANG : Jurnal Pendidikan Dan Sains, 3(2), 377–386. Retrieved from https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang Mardiasmo. (2011). Perpajakan. Yogyakarta: Salemba Empat. Natalia, M. (2023). Infografis Pendapatan Negara Capai Rp419,6 Triliun. Retrieved July 13, 2023, from iNews.id website: https://www.inews.id/multimedia/infografis/infografis-pendapatan-negaracapai- rp4196-triliun Purwono, H. (2010). Dasar-Dasar Perpajakan dan Akuntansi Pajak. Jakarta: Erlangga. Republik Indonesia. 2021. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2021 Tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan. Jakarta: Pemerintah Pusat. Septiani, F. I., Purnama, W., & Sumitra, A. (2019). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Kreatifitas Seni. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(3), 74. https://doi.org/10.22460/ceria.v2i3.p74-83 Setiani, G. A. K., Agustiana, G. A. T., & Handayani, D. A. P. (2022). Permainan Ular Tangga: Media Pembelajaran Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 27(2), 262–269. https://doi.org/10.23887/mi.v27i2.49128 Suharsono, A., & Galvani, S. (2020). Optimalisasi Edukasi Perpajakan Bagi Generasi Milenial Melalui Video. Scientax, 2(1), 123–139. https://doi.org/10.52869/st.v2i1.63 Sulistyani, T., & Febri, D. (2018). Pengaruh Pengetahuan dan Pemahaman Peraturan Perpajakan, Penghindaran Pajak dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Pada Wajib Pajak Orang Pribadi di Wilayah KPP Pratama Kota Tegal). PERMANA: Jurnal Perpajakan, Manajemen Dan Akuntansi, 10(1), 15–26. Retrieved from http://ejournal. upstegal.ac.id/index.php/per/article/view/1181 Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Pendidikan Dasar, II, 43–48. Suyanto, S. (2005). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Hikayat. Wati, H. (2021). Pengembangan Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Karakter Islam Anak Usia 4-6 Tahun (Studi di TK Dharma Bakti Desa Talang Rio Kecamatan Air Rami Kabupaten Mukomuko). Jurnal IAIN Bengkulu, 1(3), 11. Widyastuti, E. (2015). Pengaruh Tingkat Pemahaman Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan Fiskus, Sanksi Perpajakan, dan LLingkungan Wajib Pajak Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi Empiris Pada KPP Pratama Surakarta). Retrieved from https://eprints.ums.ac.id/38617/1/NASKAH PUBLIKASI.pdf Wynarti, I. A. (2018). Pengembangan Permainan Charades Sebagai Media Pembelajaran Materi Jenis-Jenis Bisnis Ritel Kelas Xi Pemasaran Di Smk Negeri 2 Buduran. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 06(03), 63–70. citation: Virayani Yusriy Widarey, Atsna (2023) Artajak: Metode Inklusi Kesadaran Pajak Melalui Permainan Edukasi dan Pengembangan Motorik Anak Sekolah Dasar. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/30168/1/TA02P-23012%20ATSNA%20VIRAYANI%20YUSRIY%20WIDAREY%20FEB_D3%20PERPAJAKAN_2002033020_ATSNA%20VIRAYANI%20YUSRIY%20W%20-.pdf