eprintid: 30133 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3857 dir: disk0/00/03/01/33 datestamp: 2023-11-16 01:53:46 lastmod: 2023-11-16 01:54:25 status_changed: 2023-11-16 01:54:25 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Zuhariyah, Zuhariyah title: Pengaruh Coorporate Social Respontibility, Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan di Bursa Efek Indonesia yang Terdaftar Dalam Indeks Lq-45 Tahun 2016-2019) ispublished: pub subjects: HG divisions: Akuntansi abstract: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Coorporate Social Respontibility, Ukuran Perusahaan dan Profabilitas. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode dokumentasi. Metode pengambilan sampel dengan metode purposive sampling (memilih sampel dengan pertimbangan tertentu). Sampel perusahaan terdiri dari 10 (sepuluh) perusahaan yang terdaftar pada Indeks LQ-45 di Bursa Efek Indonesia untuk periode tahun 2016 sampai dengan tahun 2020. Teknik pengolahan data menggunakan SPSS Versi 26.0 yaitu menggunakan uji analisis akuntansi, analisis statistik, uji normalitas, analisis regresi linear berganda, uji asumsi klasik, uji hipotesis, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Coorporate Social Responsibility (X1) memiliki nilai thitung 2,022 < t-tabel 1,67591 dengan nilai signifikansi 0,49 < 0,05 yang memiliki arti jika CSR berpengaruh signifikan terhadap niai perusahaan. Ukuran Perusahaan memiliki thitung (-2,901) > t-tabel 1,67591 dengan nilai signifikansi 0,006 < 0,05 yang memiliki arti bahwa bahwa ukuran perusahaan secara signifikan ukuran perusahaan berpengaruh negatif terhadap niai perusahaan. Profabilitas memiliki thitung 1,844 < t-tabel 1,67591 dengan nilai signifikansi 0,072 > 0,05 yang memiliki arti bahwa bahwa profitabilitas secara positif tidak berpengaruh terhadap niai perusahaan. Secara simultan dalam penelitian ini diterima Coorporate Social Responsibility, Ukuran Perusahaan, dan Profabilitas secara simultan berpengaruh terhadap nilai perusahaan dengan nilai Adjusted R Square sebesar 53,0% dan sisanya 47,0% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Oleh sebab itu, disarankan kepada penelitian selanjutnya agar dapat menambah periode pengamatan, jumlah sampel dan menambah variabel lain yang belum diteliti, misalnya Economic Value Added, residual income, Beta, Book Value To Market Equity, DPR, ROE, ROI lainnya agar hasil penelitian generelisasinya lebih luas. date: 2022 date_type: completed full_text_status: public pages: 25 institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: FEB thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Aini, A. K. (2015). Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan. Samarinda: Skripsi. Universitas Mulawarman. Asih, T. N. (2018). Manajemen Risiko Operasional Dengan Menggunakan Metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA).Laporan Pengalaman Kerja Lapangan Prodi Teknik Industri. Gresik: Universitas Muhammadiyah Gresik. Dewa Ayu Intan Yoga Maha, D. G. (2017). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, dan Pertumbuhan Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan. Bali: E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 6, No.4, 2017: 2222-2252. Diana, S. (2013). Konsep Dasar Perpajakan. Bandung: PT.Refika Aditama. Fahmi, I. (2015). Pengantar Manajemen Keuangan Teori dan Soal Jawab. Bandung: Alfabeta. Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang: Universitas Diponegoro. Hadianto, M. L. (2013). Analisis Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Pengungakapan CSR dan GCG Sebagai Variabel Pemoderasi. Semarang: Skripsi. Universitas Diponegoro. Harahap, S. S. (2015). Analisis Kritis atas Laporan Keuangan. Jakarta: Rajawali Pers. Indonesia, I. A. (2015). PSAK No. 1 Tentang Laporan Keuangan– edisi revisi 2015. Jakarta: Penerbit Dewan Standar Akuntansi Keuangan: PT. Raja Grafindo. Indriyani, E. (2017). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Palu: Jurnal STIE Panca Bhakti Palu. Kasmir. (2013). Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Kasmir. (2015). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Kusumawati. (2018). Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Jurnal Manajemen Bisnis Vol.9 No.2 2018 yang berjudul “Pengaruh Struktur Modal dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan dengan Kepemilikan Manajerial sebagai Variabel Moderasi. Yogyakarta: Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Lindawati, A. S. (2015). Corporate Social Responsibility: Implikasi Stakeholder dan Legitimacy Gap dalam Peningkatan Kinerja Perusahaan. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 6(1), 157–174. Nofrita, R. (2013). Pengaruh Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan dengan Kebijakan Dividen sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris padaPerusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI). Jurnal Akuntansi 1.1. Nurul, K. (2018). Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan dengan Kebijakan Deviden Sebagai Variabel Pemoderasi. Skripsi. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Prasetyorini, B. F. (2013). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Price Earning Ratio dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ekonomi, Vol. 12.No.5. Put, N. M. (2016). Pengaruh Ukuran Perusahaan Leverage, dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Sektor Properti dan Real Estate. E-Jurnal Manajemen Unud Vol 5 No 9 2016: 5671-5694. ISSN : 2302-8912. Unud. Putra, P. E. (2018). Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas dan Leverage Sebagai Variabel Pemoderasi. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana. Putu Ayu Widiastari, G. W. (2018). Pengaruh Profitabilitas Free Cash Flow, dan Ukuran Perusahaan pada Nilai Perusahaan. ISSN: 2302. Jakarta: E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana Vol.23.2. Mei (2018) : 957-981. R, M. W. (2013). Analisis Laporan Keuangan Proyeksi dan Valuasi Saham. Jakarta: Salemba Empat. RAMONA, S. (2015). Pengaruh Coorporate Social Respontibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating. Skripsi. Rokan Hulu: UNIVERSITAS PASIR PENGARAIAN . Rosidah, A. T. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu. Rosiliana, K. e. (2014). Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan LQ45 di BEI. Jakarta: Jurnal Akuntansi. Vol. 02 No. 1. Rudianto. (2013). Akuntansi Manajemen Informasi untuk Pengambilan Keputusan Strategis. Jakarta: Erlangga. Septiyuliana, M. (2016). Pengaruh modal intelektual dan pengungkapan modal intelektual pada nilai perusahaan yang melakukan intial public offering,intelektual pada nilai perusahaan yang melakukan intial public offering,intelektual pada nilai perusahaan yang melakukan intial publi. Universitas Sumatera Utara, Medan. Setianingrum, W. A. (2013). PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2013).Skripsi. Semarang: UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Supranto, J. (2011). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Jakarta: PT Rineka Cipta. Undang-undang No. 20 Tahun 2008 tentang usaha kecil, mikro dan menengah, berdasarkan ukuran nilai kekayaan bersih dan hasil penjualannya. (n.d.). Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas. (n.d.). citation: Zuhariyah, Zuhariyah (2022) Pengaruh Coorporate Social Respontibility, Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan di Bursa Efek Indonesia yang Terdaftar Dalam Indeks Lq-45 Tahun 2016-2019). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/30133/1/S02A-23037%20zuhariyah%20FEB_AKUNTANSI_1602015029_ZUHARIYAH%20-.pdf