%0 Thesis %9 Doctoral %A Ika Yatri, Ika Yatri %B PASCASARJANA %D 2023 %F repository:30108 %I UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA %T PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPS BERBASIS TPACK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR %U http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/30108/ %X IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) merupakan salah satu mata pelajaran yang disajikan sejak tingkat sekolah dasar. Beberapa permasalahan pembelajaran muncul pada pembelajaran IPS di sekolah dasar. Penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi masih jarang dikembangkan oleh guru. Tujuan penelitian adalah (1) Mengembangkan media pembelajaran IPS berbasis TPACK berdasarkan kondisi, permasalahan dan kebutuhan siswa. (2) Mengembangkan media pembelajaran IPS berbasis TPACK dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa sekolah dasar. (3) Menghasilkan media konseptual pembelajaran IPS berbasis TPACK dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar, (4) Memperoleh data kelayakan media pembelajaran IPS berbasis TPACK dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar, dan (5) Memperoleh data uji keefektifan media pembelajaran IPS berbasis TPACK dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan Model ADDIE. Tahapan pada model ADDIE yaitu: (1) Analisis (Analysis); (2) Perancangan model (Design); (3) Pengembangan (Development); (4) Penerapan (Implementation); dan (5) Evaluasi (Evaluation). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 170 siswa terdiri dari 103 siswa di SD Muhammadiyah 5 dan 67 siswa di SD Muhammadiyah 24. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar angket validasi ahli dan praktisi, pedoman wawancara, lembar observasi, lembar angket kemampuan berpikir kritis, dan tes. Teknik analisis data menggunakan Paired Sample T-Test dan Uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Proses pembelajaran IPS cenderung menekankan pada penguasaan materi pelajaran sehingga suasana belajar bersifat monoton dan tidak memberikan kesempatan kepada siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran; (2) Desain pengembangan media pembelajaran IPS berbasis TPACK berisi materi, audio, permainan, latihan, animasi yang mampu menarik perhatian siswa seperti terdapat warna-warna cerah; (3) Hasil validasi ahli menunjukkan kategori sangat valid, sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran IPS berbasis TPACK dapat digunakan dalam pembelajaran; (4) Hasil penerapan media pembelajaran IPS berbasis TPACK mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, siswa sangat tertarik dengan media pembelajaran IPS berbasis TPACK dan berdasarkan hasil penilaian praktisi menunjukkan media sangat praktis digunakan di dalam pembelajaran; (5) Uji hipotesis menunjukan terdapat pengaruh, uji N-Gain menunjukan media efektif untuk meningkatakan keterampilan berpikir kritis serta respon guru menunjukan sangat praktis dan respon siswa media sangat menarik digunakan dalam pembelajaran. Manfaat media pembelajaran IPS berbasis TPACK sangat baik untuk meningkatkan keterampilan berpikir kriris siswa sekolah dasar. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kristis; Media Pembelajaran; Pembelajaran IPS; TPACK