eprintid: 30096 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/03/00/96 datestamp: 2023-12-19 05:16:52 lastmod: 2023-12-19 05:16:52 status_changed: 2023-12-19 05:16:52 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Fawziah, Restina creators_name: Haryati, Titik title: TINGKAT LABELLING SISWA KELAS XII AKUTANSI TAHUN AJARAN 2020/2021 SMK CITRA MUTIARA BEKASI ispublished: pub subjects: L subjects: LB divisions: 86201 abstract: Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena di indonesia, labelling biasa terjadi salah satu sekolah di Aceh. Populasi penelitian ini 108 siswa kelas XII Akutansi tahun ajaran 2020/2021 di SMK Citra Mutiara Bekasi. Sampel penelitian ini terdiri dari 87 sampel dengan teknik pengambilan sampel ini menggunakan simple random sampling. Penelitian ini menggunakan instrumen Labelling yang dibuat sendiri dan divaliditas. Hasil diperoleh berdasarkan 87 responden didapatkan mean sebesar 69,4 dan standar deviasi sebesar 15,3. Berdasarkan hasil mean atau nilai rata rata yaitu 69,3 menandakan bahwa tingkat Labeling siswa termasuk dalam kategori sedang. date: 2021-10-25 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka department: Fakultas Ilmu Keguruan dan Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Ayu, N. (2017). Pengaruh stigma terhadap perubahan perilaku remaja (Studi terhadap stigma negatif remaja mukim Kongsi Gampong Kuta Barat Kota Sabang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 3(1), 232–243. https://etd.unsyiah.ac.id/index.php?p=show_detail&id=36838 Efendi, G., & Wahyudi, A. (2016). Pengaruh Jenis Labeling Siswa IPS terhadap Tingkat Perilaku Menyimpang di SMA Negeri 1 Sekaran. Paradigma, 04(03), 1–5. Erianjoni, E. (2015). Pelabelan Orang Minangkabau Pada Pelaku Penyimpangan Sosial: Studi Kasus Pada Dua Nagari Di Sumatera Barat. Humanus, 14(1), 31. https://doi.org/10.24036/jh.v14i1.5399 Herlina. (2017). Dampak Labeling Terhadap Anak-FOTA Salman, 4 November 2007. November, 1–7. http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PSIKOLOGI/196605162000122- HERLINA/LABELING_DAN_PERKEMBANGAN_ANAK-salman.pdf Iii, B. A. B., & Penelitian, M. (2013). No Title. 45–74. Jamilah, A., & Putra, A. W. (2020). Pengaruh Labelling Negatif Terhadap Kenakalan Remaja. ADLIYA: Jurnal Hukum Dan Kemanusiaan, 14(1), 65– 80. https://doi.org/10.15575/adliya.v14i1.8496 Khoisiyah, N. H. (2015). Gambaran Respon Psikologis Remaja yang Mendapat Labeling di SMK Perdana Kota Semarang. 53(1), 59–65. http://dx.doi.org/10.1016/j.encep.2012.03.001 Konseling, B., Pendidikan, F. I., & Surabaya, U. N. (n.d.). Ari Khusumadewi. 347–355. Nugrahaeni, S. D. E., Permana, S., Hilmia, R. S., & Darmayanti, M. (2019). 48 Fenomena labelling dan self - concept siswa. Edutech, 18(3), 277–288. Abd Rahman, S. &. (2019). Labelling(studi komparatif pada siswa jurusan IPA dan IPS DI MAN Binamu Jeneponto). Jurnal Sosial. Asiyah Jamilah. (2020). Pengaruh negtaif terhadap kenakalan remaja. Jurnal Hukum dan Kemanusiaan. Erianjoni. (2015).Pelabelan orang Minangkabau pada pelaku penyimpangan sosial studi kasus pada dua nagari di Sumatra Barat Herlina. (2007). Studi tentang resiliensi peserta didik korban Labelling. Jurnal BK UNESA. Hidayah, Riska & Ari Khusumadewi. (2008). Studi tentang resiliensi peserta ddik korban Labbeling. Jurnal BK UNS. Lemert, E. (1951). A systematic approach to the theory of sociopathic behavior. McGraw - Hill. Amerika: Social Pathology. Magono. (2004). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. Santrock, J. W. (2002). Perkembangan Anak . Jakarta: Erlangga. Sarikusuma, H. &. (2012). Komsep diri orang dengan HIV dan AIDS (ODHA) yang menerima label negatif dan diskriminasi dari lingkungan sosial. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologis. Sri DEvi Eka Nugrahaeni, S. P. (2019). Fenomena Labelling dan Self-Concept Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Education Technology 49 Sugiyono. (2016). Metode Peneitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif . Bandung: Alfabeta. Sunarto, K. (2004). Pengantar Sosiologi (edisi ketiga). Jakarta: Universitas Indonesia. Syamsinar, S. (2019). Analisis faktor pengaruh pemberian label terhadap minat belajar fisika peseta didik kelas XI IPSA SMA Negeri 3 Pangkep. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Yusuf, A. M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenada media Group. M.ilham,Azizi. 2020. Fenomena Labelling. Aceh. Barometernews. (10 maret 2020 citation: Fawziah, Restina dan Haryati, Titik (2021) TINGKAT LABELLING SISWA KELAS XII AKUTANSI TAHUN AJARAN 2020/2021 SMK CITRA MUTIARA BEKASI. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/30096/1/RESTINA%20FAWZIAH.pdf