relation: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/30092/ title: Hubungan Bullying Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII dipondok Pesantren Daar El Qolam Gintung, Jayanti Tengerang Banten creator: Ainun, Putri Khodijatun Nurul creator: Haryati, Titik subject: L Education subject: LB Theory and practice of education description: Upaya melaksanakan pendidikan di sekolah, membutuhkan berbagai faktor pendukung, antara lain kondisi kelas yang nyaman dan sekolah yang kondusif bagi siswa, dengan kondusif secara fisik dan non fisik. Lingkungan sekolah yang kurang kondusif maka terjadilah perilaku bullying. Perilaku bullying ini tentunya sudah sering ditemukan diberbagai daerah bahkan mulai dari jenjang pendidikan Sekolah Dasar hingga Perguruan Tinggi. Tanpa disadari perilaku tersebut memHubungani kekuatan mental siswa untuk belajar dan mengikuti pembelajaran dengan baik, sehingga akhirnya berdampak pada hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Bullying Terhadap Hasil Belajar Siswa di Pondok Pesantren Daar el-Qolam Tahun Ajaran 2021-2022. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif korelasi. Populasi penelitian ini berjumlah 229 siswa dengan sampel 40 siswa. Pengambilan sampel digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan Teknik random sampling. Setelah data berdistribusi normal dan linier berdasarkan uji linieritas dilanjutkan dengan uji hipotesis dengan menggunakan rumus korelasi Product Moment, dengan dilakukan uji normalitas terlebih dahulu untuk data angket keterampilan mengajar guru dan prestasi belajar siswa dengan jumlah hasil belajar nilai rapot siswa. Berdasarkan hasil uji normalitas, masingmasing data tersebut berdistribusi normal yang ditunjukan dengan hasil x2 hitung ≤ x2 tabel yaitu 0,033 > 0,05 berdasarkan rapot siswa 11,35 > 0,05 untuk prestasi belajar. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini yang menunjukkan Hubungan bullying terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di Pondok Pesantren Daar El-Qolam Gintung Jayanti Tangerang berdasarkan uji korelasi menunjukkan sig (2-tailed) 0,668 > 0,05 yang menunjukkan bahwasannya tidak terdapat Hubungan bullying terhadap hasil belajar siswa. date: 2021-07-30 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/30092/1/Putri%20Khodijatun%20Nurul%20Ainun.pdf identifier: Ainun, Putri Khodijatun Nurul dan Haryati, Titik (2021) Hubungan Bullying Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII dipondok Pesantren Daar El Qolam Gintung, Jayanti Tengerang Banten. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka.