eprintid: 30090 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/03/00/90 datestamp: 2023-12-19 05:16:35 lastmod: 2023-12-19 05:16:35 status_changed: 2023-12-19 05:16:35 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Wulandari, Oktaviani Ayu creators_name: Nurmawati, Nurmawati creators_id: nurmawati@uhamka.ac.id title: Pengaruh Kebiasaan Belajar Dalam Jaringan (Daring) Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Masa Pandemi Covid-19 ispublished: pub subjects: L subjects: LB divisions: 86201 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebiasaan belajar dalam jaringan (daring) terhadap hasil belajar mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA dalam menyusun skripsi dimasa pandemi Covid-19 Angkatan 2018. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan kolerasional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Pada uji validitas dengan menggunakan kolerasi product moment sebanyak 40 item soal dengan 36 soal valid dan 4 soal dinyatakan tidak valid. Sedangkan pada uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach memperoleh 0,894, maka data tersebut memiliki instrument yang reliabel. Selanjutnya data analisis uji persyaratan yaitu uji normalitas diperoleh kebiasaan belajar 0,200 > 0,05 dan hasil belajar 0,200 > 0,05, maka semua variabel penelitian mempunyai nilai signifikansi lebih besar dari 0,05 (sig>0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa kelompok data variabel X dan variabel Y berdistribusi normal. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa dari hasil penelitian ini yang menunjukkan pengaruh kebiasaan belajar dalam jaringan (daring) terhadap hasil belajar mahasiswa Bimbingan dan Konseling angkatan 2018 di Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA berdasarkan uji kolerasi menunjukkan pengaruh negatif sebesar -0,229 dengan angka signifikansi senilai 0,07 yang berarti bahwa meskipun terdapat korelasi namun tidak signifikan atau sangat rendah. Hal ini juga ditunjukkan dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,053 atau hanya 5,3 % kebiasaan belajar dalam jaringan (daring) mempengaruhi hasil belajar mahasiswa. date: 2021-08-11 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka department: Fakultas Ilmu Keguruan dan Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Ahmed, R. (2018). Effects of online education on encoding and decoding process of students and teachers. MCCSIS 2018 - Multi Conference on Computer Science and Information Systems; Proceedings of the International Conferences on e-Learning 2018, 2018-July, 42–48. Akdon dan Riduwan. (2013). Rumus dan Data Dalam Analisis Statistika. Alfabeta. Alessandro, B. (2018). Digital Skills and Competence, and Digital and Online Learning. European Training Foundation. Aunurrahman. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Alfabeta. Azwar, S. (2010). Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Pustaka Pelajar. Azwar, S. (2013). Metode Penelitian. Pustaka Pelajar. Crews, J., & Parker, J. (2017). The Cambodian experience: exploring university students’ perspectives for online learning. Issues in Educational Research, 27(4), 697–719. Djaali. (2014). Psikologi Pendidikan (7th ed.). Hasanah, U., Ludiana, Immawati, & PH, L. (2020). Gambaran Psikologis Mahasiswa Dalam Proses Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Keperawatan Jiwa, 8(3), 299–306. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JKJ/article/view/5941 Hilmiatussadiah, K. G. (2020). Hasil belajar mahasiswa pendidikan ekonomi dengan pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Ekonomi Indonesia, 1(2), 66–69. 56 Irianita, J. W. (2013). Body Image Mahasiswa Yang Menggunakan Tato. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. Jaya, Maryana Kuswandi, D., & Mulyadi, E. S. (2012). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Karyawan Pada Kantor Kementrian Agama Kabupaten Karawang. Manajemen, 10(1), 1038–1046. Juliansyah, N. (2011). Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah (1st ed.). Prenadamedia Group. Kurniawati, J., & Baroroh, S. (2016). Literasi Media Digital Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Jurnal Komunikator, 8(2), 51–66. http://journal.umy.ac.id/index.php/jkm/article/view/2069 Mustofa, M. I., Chodzirin, M., Sayekti, L., & Fauzan, R. (2019). Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. Walisongo Journal of Information Technology, 1(2), 151. https://doi.org/10.21580/wjit.2019.1.2.4067 Nonitha, N.C.A., Sedanayasa, Gede., Japa, I. G. . (2016). Lebih Besar Dari T. 19(1), 1–10. Nurdiani, N. (2014). Teknik Sampling Snowball dalam Penelitian Lapangan. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, 5(2), 1110. https://doi.org/10.21512/comtech.v5i2.2427 Riduwan. (2014). Metode Penelitian. Pustaka LP3ES. Rifa’i, Achmad dan Tri Ani, C. (2011). Psikologi Pendidikan. Sakban, S., Nurmal, I., & Bin Ridwan, R. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. In Journal of Administration and Educational Management 57 (Alignment) (Vol. 2, Issue 1). https://doi.org/10.31539/alignment.v2i1.721 Sayfudin, M. N. (2015). Pengaruh Kebiasaan Dalam Belajar Dan Sikap Siswa Pada Pelajaran Terhadap Prestasi Belajar Mekanika Teknik Siswa Kelas X Teknik Gambar Bangunan Smk Negeri 4 Semarang Tahun Ajaran 2014/2015. Teknik Sipil, 1–113. Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya (5th ed.). Rineka Cipta. Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi. Pt. Rineka Cipta. Sofyana, L., & Rozaq, A. (2019). Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas Pgri Madiun. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 8(1), 81. https://doi.org/10.23887/janapati.v8i1.17204 Sudjana, N. (2010). Dasar-dasar Proses Belajar. SInar Baru. Sudjana, N. (2013). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. SInar Baru. Sudjana, N. (2014). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya. Sugiyono. (2011a). Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Alfabeta. Sugiyono. (2011b). Metodelogi Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Alfabeta. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Suprijono, A. (2013). Cooperative Learning. Pustaka Pelajar. Syah, M. (2015). Psikologi Belajar. PT Raja Grafindo Persada citation: Wulandari, Oktaviani Ayu dan Nurmawati, Nurmawati (2021) Pengaruh Kebiasaan Belajar Dalam Jaringan (Daring) Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Masa Pandemi Covid-19. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/30090/1/Oktaviani%20Ayu%20Wulandari.pdf