eprintid: 30077 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/03/00/77 datestamp: 2023-12-19 05:16:03 lastmod: 2023-12-19 05:16:03 status_changed: 2023-12-19 05:16:03 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Azzahra, Luthfiya creators_name: Nurmawati, Nurmawati creators_id: nurmawati@uhamka.ac.id title: Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orangtua Terhadap Kematangan Karir Santri Kelas 12 MA IPS Husnul Khotimah Kuningan Jawa Barat ispublished: pub subjects: L subjects: LB divisions: 86201 abstract: Kematangan karir seseorang dipengaruhi oleh beberapa hal seperti status sosial ekonomi orangtua yang memiliki pendidikan yang baik, penghasilan yang mencukupi, dan pekerjaan yang menjanjikan. Penelitian bertujuan untuk memperoleh data empiris tentang kematangan karir santri yang dipengaruhi oleh status sosial orangtua. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasi. Populasi santi kelas 12 MA IPS berjumlah 157 santri dan diketahui sampel penelitian ini menggunakan rumus slovin berjumlah 113 santri. Teknik pengambilan sampel pada penelitian menggunakan Probabily Sampling dengan teknik Simple Random Sampling. Pada uji vailiditas instrumen menggunakan rumus Product Moment Correlation dibantu IBM SPSS 25.0, hasil perhitungan instrumen diketahui terdapat 13 pernyataan yang tidak valid dari 45 pernyataan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara status sosial ekonomi orangtua terhadap kematangan karir santri kelas 12 MA IPS Husnul Khotimah, dibuktikan dengan instrument yang diberikan bahwa santri kelas 12 MA Husnul Khotimah sudah memiliki rencana yang cukup matang untuk karir selanjutnya disebabkan oleh kondisi orangtua yang memadai pendidikan santri kelas 12 MA Husnul Khotimah baik secara formal dan informal, lalu dibuktikan pula dengan hasil uji hipotesis Sig 0,013 yang dimana lebih kecil dari 0,050. nilai Sig. < 0,05 maka H1 diterima yang berarti teruji kebenarannya, dapat dilihat kebenarannya dari hasil instrumen yang dimana status sosial ekonomi orangtua santri kelas 12 MA mendapatkan hasil cukup tinggi sebanyak 60 dibuktikan dengan instrumen yang menyatakan bahwa orangtua lebih banyak mengeluarkan biaya untuk pendidikan anak dan untuk kematangan karir santri memiliki hasil cukup tinggi sebanyak 40 santri dibuktikan dengan instumen yang menyatakan kalau santri sudah menentukan pilihan karir. Santri kelas 12 MA IPS Husnul Khotimah memiliki kematangan karir yang cukup tinggi karena terdapat pengaruh dari status sosial ekonomi orangtua. date: 2021-07-30 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka department: Fakultas Ilmu Keguruan dan Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Aningsih, A. V. itri; soejoto. (2018). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Hasil Belajar Mahasiswa Terhadap Tingkat Literasi Ekonomi Mahasiswa. 2(1). Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Citra. Ayuni, A. N. (2015). Kematangan Karir Siswa Kelas XI Ditinjau Dari Tingkat Pendidikan OrangTua dan Keadaan Ekonomi Keluarga Di SMA Negeri 1 Pakem Tahun 2014/2015 (Vol. 151). Universitas Negeri Yogyakarta. Cahyono, G. F. (2014). Pengaruh jenis kelamin dan status sosial ekonomi orang tua terhadap pemilihan karir siswa skripsi. Universitas Katolik Widya Mandala Madiun. Chotimah, L. N., Ani, H. M., & Widodo, J. (2017). PENGARUH Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa (Studi Kasus Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Jember Tahun Ajaran 2016/2017). JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(1), 75. Ghassani, M., & Anwar, Z. (2020). Meningkatkan Kematangan Karir Siswa SMP Melalui Pelatihan Perencanaan Karir. Jurnal Intervensi Psikologi, 12(2), 122. Hidayat, M. (2017). Model Komunikasi Kyai Dengan Santri di Pesantren. Jurnal ASPIKOM, 2(6), 385. Indrawati, E. S. (2015). Status Sosial Ekonomi Dan Intensitas Komunikasi Keluarga Pada Ibu Rumah Tangga Di Panggung Kidul Semarang Utara. 59 Jurnal Psikologi Undip, 14(1), 52–57. Khomsatun. (2017). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Pengalaman Prakerin, Internal Loc, Dan Self-Efficacy Terhadap Kematangan Karir. In EEAJ;Economic Education Analysis Journal Universitas Negeri Semarang. Universitas Negeri Semarang. Marpaung, D. N., & Yulandari, N. (2017). Kematangan Karir Siswa Smu Banda Aceh Ditinjau Dari Jenis Kelamin Dan Jenis Sekolah. Psikoislamedia : Jurnal Psikologi, 1(2), 311–324. Paramitha, D. A. S. A., & Yoenanto, N. H. (2017). Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan ADVERSITY QUOTIENT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA DENGAN STATUS SOSIAL EKONOMI RENDAH DI SMAN 1 PORONG. Psikologi Pendidikan Dan Perkembangan, 6, 44–63. Prahesti, M. (2018). Hubungan Antara Locus Of Control Internal Dengan Kematangan Karir Pada Siswa SMK Kelas XII. In Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Pratama, B. D., & Suharnan, S. (2014). Pengaruh Locus of Control Dan Efikasi Diri Terhadap Kematangan Karir Siswa Sekolah Menengah Atas ( Sma ). Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 3(03), 213–222. Pratama, B. D., & Suharnan, S. (2015). Hubungan Antara Konsep Diri Dan Internal Locus Of Control Dengan Kematangan Karir Siswa SMA. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 3(03), 213–222. 60 Pristian, R. (2016). Pengaruh Status Sosial Ekonomi dan Life Style Terhadap Perilaku Konsumsi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi IKIP PGRI Bojonegoro. In Jurnal Edutama (Vol. 3, Issue 2). Purworahayu, D., & Rusmawati, D. (2018). Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Kematangan Karir Pada Siswa Sma Negeri 1 Kemangkon Di Kabupaten Purbalingga. Empati, 7(2), 321–327. Rahma, U., & Rahayu, E. W. (2018). Peran Dukungan Sosial Keluarga Dalam Membentuk Kematangan Karir Siswa SMP. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 11(3), 2–12. S. Hadi. (2000). Statistika, Jilid 1. Andi Offset. Setyo, G. (2014). Pengaruh Kematangan Karir Terhadap Pemilihan Karir Peserta Didik. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 5(9), 647–658. Sugiyono. (2014). Metodologi Penelitian Bisnis. Alfabeta. Sumardi, M. (2004). Kemiskinan dan Kebutuhan Pokok. In Rajawali Jakarta. Rajawali Jakarta. Sungadi, S. (2017). Kematangan Karir Pustakawan Perguruan Tinggi Di DIY. Buletin Perpustakaan, 19–44. Suwanto, I. (2016). Konseling Behavioral Dengan Teknik Self Management Untuk Membantu Kematangan Karir Siswa SMK. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 1(1), 1. Wahyuni, D. (2014). PENGARUH PENGEMBANGAN KARIER TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN (Studi pada Karyawan Tetap PT. Astra 61 International, Tbk Daihatsu Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 8(1). Wahyuningsih, I. (2019). Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang 2015. In Pengaruh Status Sosial Ekonomi OrangTua dan Praktik Kerja Industri Melalui Motivasi Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas 12 Program Keahlian Akuntansi Di SMK Negeri 2 Kota Tegal (Vol. 1, Issue 1). Wijianto, W., & Ulfa, I. F. (2016). Pengaruh Status Sosial dan Kondisi Ekonomi Keluarga Terhadap Motivasi Bekerja Bagi Remaja Awal (Usia 12-16 Tahun) di Kabupaten Ponorogo. Al Tijarah, 2(2), 190. Zunker, V. G. (2006). (Edisi 7) Career Counseling a Holistic Aproach. Belmont: Brooks and Cole. citation: Azzahra, Luthfiya dan Nurmawati, Nurmawati (2021) Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orangtua Terhadap Kematangan Karir Santri Kelas 12 MA IPS Husnul Khotimah Kuningan Jawa Barat. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/30077/1/Luthfiya%20Azzahra.pdf