%0 Thesis %9 Bachelor %A Fatimah, Siti %B Fakultas Ekonomi dan Bisnis %D 2023 %F repository:30052 %I Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka %T Pengaruh Social Media, Lingkungan Keluarga, Dan Pengetahuan Entrepreneurship Terhadap Minat Berwirausaha Generasi Z Jakarta %U http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/30052/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Social media, Lingkungan Keluarga, dan Pengetahuan Entrepreneurship terhadap Minat Berwirausaha pada generasi Z Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan variabel independen Social media, Lingkungan Keluarga, dan Pengetahuan Entrepreneurship, dan variabel dependen Minat Berwirausaha. Populasi yang dipilih adalah generasi Z yang berada di Jakarta. Sampel dipilih dengan perhitungan rumus slovin dan didapatkan jumlah responden sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dengan skala likert. Pengolahan data meliputi analisis deskriptif, uji kualitas data (validitas dan reliabilitas), regresi linear berganda, uji asumsi klasik, koefisien uji hipotesis, dan determinasi. Data dianalisis dengan menggunakan perangkat lunak IBM SPSS 23.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Social media berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Berwirausaha. (2) Lingkungan Keluarga dan Pengetahuan Entrepreneurship tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Berwirausaha. (3) Social media, Lingkungan Keluarga, dan Pengetahuan Entrepreneurship secara simultan berpengaruh terhadap Minat Berwirausaha