eprintid: 29867 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3857 dir: disk0/00/02/98/67 datestamp: 2023-11-01 07:46:50 lastmod: 2023-11-01 07:46:50 status_changed: 2023-11-01 07:46:50 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Fitriani, Alfida Syahira title: Pengaruh Kualitas Produk Dan Digital Marketing Terhadap Volume Penjualan Fashion Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Pada Marketplace Shopee Di Bogor Jawa Barat ispublished: pub subjects: HF divisions: Manajemen abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan digital marketing terhadap volume penjualan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini yaitu para pelaku UMKM Kabupaten Bogor yaitu sebanyak 22.558 UMKM dan sampel penelitian ini menggunakan 140 responden pelaku UMKM Kabupaten Bogor. Penelitian ini menggunakan SPSS versi 26 dengan teknik pengolahan dan analisis data yang meliputi uji instrument (uji validitas dan uji reabilitas), analisis regresi linier berganda (model regresi linier berganda, uji asumsi klasik, analisis koefisien kolerasi, analisis koefisien determinasi, dan uji hipotesis (uji t dan uji F). Hasil penelitian ini secara parsial menyatakan bahwa kualitas produk berpengaruh dan signifikan terhadap volume penjualan dengan nilai thitung (3.605) > ttabel (1.97743) dan nilai signifikansi 0.00 < 0.05 maka Ha1 diterima. Digital marketing tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap volume penjualan dengan nilai thitung (0.450) < ttabel (1.97743) dan nilai signifikansi 0.650 > 0.05 maka Ha2 ditolak. Hasill uji F menyatakan bahwa secara simultan kualitas produk dan digital marketing berpengaruh terhadap volume penjualan dengan nilai Fhitung (44.369) > Ftabel (3.0622) dan nilai signifikan 0.00 < 0.05 maka Ha3 diterima. date: 2023-07-08 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka department: Fakultas Ekonomi dan Bisnis thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Agustini, F., Siahaan, S. D. N., Rahmadsyah, A., & Lubis, S. (2021, February). Product Quality, Sales Promotion, Distribution Channel and the Effect on the Level of Sales Volume Oyster Mushrooms in Kutalimbaru Subdistrict, North Sumatera Indonesia. In International Conference on Strategic Issues of Economics, Business and, Education (ICoSIEBE 2020) (pp. 7-10). Atlantis Press. Anggriani, R. (2021). Optimization the Use of Digital Marketing in Increasing Sales Volume at MSMEs in Mataram. Universal Journal of Business and Management, 79-89. Bahruddin, B., & Sentosa, E. (2023). Pengaruh Harga, Kelengkapan Produk dan Kualitas Produk Terhadap Volume Penjualan Produk di Foodmart Supermarket Atrium Senen. IKRAITH-EKONOMIKA, 6(2), 133-142. Catrin, C. (2021). Pengaruh Covid 19 dan Kualitas Produk Terhadap Volume Penjualan UMKM di Masa Pandemi Pada Pusat Pasar Medan (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Eka Prasetya). Dewi, N. S., & Prabowo, R. E. (2018). Performa Kualitas Produk, Persepsi Harga, Promosi, dan Gaya Hidup Dalam Mempengaruhi Proses Keputusan Pembelian Minuman Isotonik (Studi Konsumen Minuman Isotonik Di Kota Semarang). Dha digital. (2019). Pengertian dan Peranan Digital Marketing Agency Saat Ini. https://www.dhadigital.com/apa-itu-digital-marketing/ Farah, I. F. F. A., & Aswad, M. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Volume Penjualan Pakaian Thrifting Di Toko Thriftshop Sidoarjo. J-CEKI: Jurnal Cendekia Ilmiah, 1(3), 169-177. Fradana, E. A. (2021). Pengaruh Digital Marketing, Strategi Kreatif, Kualitas Produksi Dan Distribusi Terhadap Volume Penjualan (Studi Empiris Dilakukan Pada Kantor Starcross Clothing Yogyakarta) (Doctoral dissertation, STIE YKPN). Hair et.al. 2014. A Primer On Partial Least Squares Structural Equation Modeling (Pls Sem). USA: SAGE. Hastuti, M. A. S. W. (2020). PENGARUH HARGA, PROMOSI, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA 120 PT. INDUSTRI MARMER INDONESIA TULUNGAGUNG. REVITALISASI: Jurnal Ilmu Manajemen, 4(3), 65-74. Jumiati, Eti. (2020). Ekonomi Digital : Peluang dan tantangan. Jakarta: Mitra Wacana Media Junita., Nasution, A. P., & Simanjorang, Elida F. S. (2020). Pengaruh Promosi, Kualitas Layanan dan Brand Preference terhadap Tingkat Penjualan pada Toko Bintang Terang Motor Rantauprapat. Ecobisma. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen, 7(1). Khotimah, S., Jayusman, H., & Kurniawati, I. D. (2019). ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP VOLUME PENJUALAN LAPTOP PADA CV. GUNUNG MADU PANGKALAN BUN. Magenta, 8(1), 9-18. Kotler, Philip & Keller. (2019). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga. Kotler, Philip, 2018. Manajemen Pemasaran. PT. Erlangga, Jakarta. Nasution, 2010. Manajemen Mutu Terpadu. Ghalia Indonesia, Bogor Selatan Kurniawati, N. (2020). Pengaruh Digital Marketing, Aplikasi Layanan Pesan Antar Makanan, dan Harga terhadap Volume Penjualan UMKM di Kota Semarang. In Prosiding Seminar Nasional Unimus (Vol. 3). Kusumawati, Y., Samari, S., & Purnomo, H. (2021), September). UPAYA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN MELALUI KUALITAS PRODUK, HARGA DAN PROMOSI PADA UD JAWA MANDIRI. In Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi (Vol. 6, No. 1, pp. 97-108). NINGSI, N. F. A. (2022). PENGARUH DIGITAL MARKETING DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN PADA SHOP HOLD COFFEE MAKASSAR (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS BOSOWA). PURYONO, M. (2019). PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, PROMOSI DAN SALURAN DISTRIBUSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN PRODUK ALUMINIUM SULFATE DI PT. LIKU TELAGA (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Gresik). Mustofa, A. Y., Bhirawa, S. W. S., & Muslih, B. (2021, October). analisis volume penjualan beras lokal ditinjau dari harga, kualitas produk, dan pelayanan di toserba bahagia Nganjuk. In Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi (Vol. 6, No. 1, pp. 1346-1352). Putra, S. A. (2019). Analisa Peramalan Penjualan dan Promosi Penjualan Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Pada PT. Cakra Anugerah Arta Alumindo Medan. Jurnal Manajemen Dan Akuntansi Medan, 1(3), 142- Rachmasari, M., Setiawan, B. M., & Santoso, S. I. (2019). Analisis Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Volume Penjualan Karet PT. Perkebunan Nusantara IX Semarang. Agriecobis, 2(2), 87-94. Rahmat, B., Games, D., & Sari, D. K. (2022). Pengaruh Penerapan Digital Marketing, Customer Relationship Marketing, Kualitas Produk dan Harga terhadap Volume Penjualan UMKM Rendang di Sumatera Barat. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 8(4), 1036-1047. Ryan, Damian., & Jones, Calvin. (2009). Understanding Digital Marketing: Marketing Strategies for Engaging The Digital Generation. United States: Kogan Page Limited. Saerang, R. T., Wangke, S. J. C., & Gunawan, E. M. (2022). PERANAN DIGITAL MARKETING DAN LAYANAN ONLINE FOOD DELIVERY TERHADAP VOLUME PENJUALAN USAHA KULINER TINUTUAN DI KOTA MANADO. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(4), 1225-1233. Saputra, D.H., et. al. (2020). Digital Marketing: Komunikasi Bisnis Menjadi Lebih Mudah. Medan: Yayasan Kita Menulis Sinaga, R. V., & Simangunsong, R. M. (2023). PENGARUH PRODUK, HARGA, PROMOSI DAN LOKASI TERHADAP VOLUME PENJUALAN KUE TART DI CLOVER BAKESHOPPE GATOT SUBROTO MEDAN. Jurnal Riset Akuntansi & Keuangan, 155-172. Soehardi, S. (2021). Model Peningkatan Volume Penjualan Melalui Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Loyalitas Kopi Golda. Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis, 4(2), 353-360.160. Sonani, N. (2021). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Volume Penjualan Kendaraan Merek Toyota. Jurnal Wacana Ekonomi, 20(3), 154-160. Suardika, I. K., & Dewi, M. S. (2021). The Impact of Brand, Product Quality and Price on Sales Volume of Samana Mart Stores. International Journal of Social Science and Business, 5(2), 256-261. 122 Subagyo, S., & Gesty, E. (2017). Digital Marketing as an Effort to increase Sales Volume for Micro Small Medium Enterprises Products in Kediri, Indonesia. IJMIR: International Journal of Management Issues and Research, 6(2), 28-37. Viswanathan, M., Umashankar, N., Sreekumar, A., & Goreczny, A. (2021). Marketplace Literacy as a Pathway to a Better World: Evidence from Field Experiments in Low-Access Subsistence Marketplaces. Journal of Marketing, 85(3), 113–129. Waruwu, S., Mendrofa, Y., & Gulo, S. (2022). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan. Jurnal Akuntansi, Manajemen Dan Ekonomi, 1(2), 286-294. Widiarto, T., & Hardiana, E. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Distribusi terhadap Volume Penjualan ARB Bakery di Kelurahan Sukmajaya. Sosio e-Kons, 13(3), 175-189. Widodo, U. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Merek dan Saluran Distribusi Terhadap Volume Penjualan Pada PT. Gelang Gemilang Jaya Bella Spring Bed Semarang. Fokus Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ekonomi, 15(1), 217-230. Widyana, S. F., & Batangriyan, S. R. (2020). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Brand Image Di Pt. Central Global Network. Pro Mark, 10(2). Yenipazarli, A. (2021). The Marketplace Dilemma: Selling To The Marketplace Vs. Selling On The Marketplace. Naval Research Logistics, 68(6), 761–778. citation: Fitriani, Alfida Syahira (2023) Pengaruh Kualitas Produk Dan Digital Marketing Terhadap Volume Penjualan Fashion Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Pada Marketplace Shopee Di Bogor Jawa Barat. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29867/1/FEB_MNJ_1902025068_Alfida%20Syahira%20Fitriani.pdf