@phdthesis{repository29842, school = {Universitas Muhammadiyah Prof Dr HAMKA}, title = {PENGARUH PENGGUNAAN CELEBRITY ENDORSER WARDAH AYANA JIHYE MOON INSTAGRAM @XOLOVELAYANA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN FOLLOWERS}, year = {2022}, url = {http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29842/}, abstract = {Wardah memilih Ayana Jihye Moon sebagai celebrity endorser nya, karena Wardah selalu mengangkat sosok perempuan yang inspiratif, berkarakter serta cantik. Wardah menjadikan Ayana Jihye Moon sebagai ambassador sekaligus celebrity endorser yang sesuai dengan karakter dari produk wardah yang menginspirasi setiap perempuan untuk mencintai diri mereka. Wardah juga merupakan produk yang peduli dan mengerti keinginan perempuan untuk selalu memiliki perasaan yang nyaman dengan penampilannya. Ayana Jihye Moon memiliki pengaruh yang baik dalam menciptakan citra yang positif sehingga dapat mempengaruhi perhatian khalayak. Penelitian ini menggunakan teori modelling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, perspektif post-positivisme, metode survei korelasional bertujuan untuk menjelaskan hubungan (korelasi) antarvariabel. Teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability - purposive sampling. Sampel penelitian sebanyak 100 responden. Penyebaran kuesioner dilakukan pada 17 November 2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas celebrity endorser Ayana Jihye Moon berada pada kategori sedang dengan cenderung tinggi dan untuk keputusan pembelian berada pada kategori tinggi. Hasil uji korelasi parametic menunjukkan bahwa koefisien korelasi (r) senilai 0.472 pada kategori cukup atau sedang, nilai signifikan pada 0.01. hasil uji koefisien determasi kontribusi kualitas celebrity endorser Ayana Jihye Moon terhadap keputusan pembelian followers Instagram @xolovelayana make up produk Wardah sebesar 0.223 x 100\% = 22.3\%.}, author = {Faizal, Tanzania} }