eprintid: 29771 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3857 dir: disk0/00/02/97/71 datestamp: 2023-10-26 02:16:43 lastmod: 2023-10-27 02:20:09 status_changed: 2023-10-27 02:20:09 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Ramadhani, Syahri title: Pengaruh Desain Produk Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Brand Pakaian Bigissimo ispublished: pub subjects: HD divisions: Manajemen abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari variabel Desain Produk dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Brand Pakaian Bigissimo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah konsumen brand pakaian Bigissimo berjumlah 90 responden. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengolahan dan analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji kualitas data, analisis statistik deskriptif, regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji hipotesis dan uji koefisien. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Desain Produk berpegaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Hal ini dibuktikan dengan tingkat signifikansi variabel Desain Produk 0,008 < 0,05 dan nilai thitung 2,714 > ttabel 1,987 yang didapat dari ketentuan df = n – k atau df = 90 – 3 = 87 maka diperoleh ttabel sebesar 1,987. Kemudian Kualitas Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian, hal ini dapat dibuktikan dengan tingkat signifikansi variabel Kualitas Produk 0,000 < 0,05 dan nilai thitung 7,374 > ttabel 1,987 yang didapat dari ketentuan df = n – k atau df = 90 – 3 = 87 maka diperoleh ttabel sebesar 1,987. Selanjutnya yang terakhir Desain Produk dan Kualitas Produk berpengaruh secara simultan terhadap Keputusan Pembelian. Hasil ini dapat dilihat dari hasil uji F yaitu dimana Fhitung lebih besar dari Ftabel (52,775 > 3,10) dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. date: 2023-02-08 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka department: Fakultas Ekonomi dan Bisnis thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Akbar, S. S., Violinda, Q., Setiawati, I., & Rizwan, M. (2021). The Influence of Product Quality, Product Design, Brand Image on Realme Smartphone Purchase Decisions. Journal of Digital Marketing and Halal Industry, 3(2),121-132. Amilia, S. (2017). Pengaruh citra merek, harga, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian handphone merek xiaomi di kota langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 6(1), 660-669. https://ejurnalunsam.id/index.php/jmk/article/view/213 Ansah, A. (2017). Pengaruh Desain Produk, Promosi, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Nike Original Pada Pelanggan Sport Station Solo. Amwaluna: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 1(2), 178-189. Ariella, I. R. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Produk dan Desain Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mazelnid. PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start Up Bisnis, 3(2). https://journal.uc.ac.id/index.php/performa/article/view/683 Fadhilah, M., Cahyani, P. D., & Pratama, A. (2021). Influence of Product Quality, Product Design and Promotion on Iphone Purchase Decisions on Students in Yogyakarta. Jurnal Ekonomi Balance, 17(1), 138-145. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Influence+o product+Quality%2C+Product+Design+and+Promotion+on+Iphone+Pu rchase+Decisions+on+Students+in+Yogyakarta&btnG Earvano, E. (2018). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Desain Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Sepatu F Specs Di Kota Magelang. (Doctoral dissertation, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang). http://eprintslib.ummgl.ac.id/1942/ Fahrezzy, R. S. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen laptop Asus. Jurnal Indonesia Membangun, 17(2), 10-10. Farhan, M. Y., & Kamal, M. (2015). Analisis Pengaruh Citra Merek, Desain Produk, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Nike (Studi Kasus pada Konsumen Nike di Kota Semarang). Diponegoro Jurnal Ilmu Management, 80-89. Firmansyah, B. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Batik Tulis Jetis Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 5(3). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/22308/20447 Fredyan, A.W. 2020. Pengaruh Pemasaran Digital dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Yogyakarta: Repository usd. Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Multivariate Dengan SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23. Edisi 8. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang Gunawan, A., & Sunardi, H. (2016). Pengaruh Kompensasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt Gesit Nusa Tangguh. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Ukrida, 16(1), 98066 Husen, R. (2021). Pengaruh Citra Merek, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Oppo Pada Surya Celuller Tidore. Jurnal Akrab Juara, 6(5), 94-105. Ilmaya, F., & Hidayati, R. (2011). Analisis Pengaruh Interaksi Harga dan Desain Produk terhadap Keputusan Pembelian Batik di Eka Batik Semarang (Doctoral dissertation, Universitas Diponegoro). Iskandar, I. A. W., & Nursari, F. (2017). Perancangan Busana Muslim Ready-to wear Untuk Perempuan Plus Size Dalam Studi Kasus Brand Valisha. eProceedings of Art & Design, 4(3). https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/artdesign/ article/view/4837 Karimah, C. Z. (2019). Pengaruh desain produk, promosi, garansi dan kualitas Produk terhadap keputusan pembelian produk Tupperware di Surabaya. (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya). http://digilib.uinsby.ac.id/31327/3/Chindy%20Zaidatul%20K_G73215032.pdf Kompas.com (2016). 89 Persen Wanita Tidak Puas Dengan Bentuk Tubuh Sendiri. Retrieved 26 Agustus 2022, from https://amp.kompas.com/lifestyle/read/2016/08/17/193500920/89-persenwanita- tidak-puas-dengan-bentuk-tubuh-sendiri Kotler, Philip. (2007). Marketing Management. (Edisi Indonesia oleh Hendra Teguh, Ronny dan Benjamin Molan). PT Indeks: Jakarta. Kotler, P. dan Keller, K.L. 2012, Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga. Kumparan (2018). Riset: 89 Persen Perempuan Tidak Percaya Diri Dengan Bentuk Tubuhnya. Retrieved 26 Agustus 2022, from https://kumparan.com/kumparanstyle/riset-89-persen-perempuan-tidakpercaya- diri-dengan-bentuk-tubuhnya-27431110790540625 Maindoka, L. F., Tumbel, A., & Rondonuwu, C. (2018). Analisis Pengaruh Citra Merek,Harga Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Nissan Grand Livina Pada PT. Wahana Wirawan Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 6(3). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/20235 Marbun, H. A. (2020). Pengaruh Desain Produk Tenun Ulos terhadap Keputusan Pembelian di Kabupaten Samosir. https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/30465 Masri Singarimbun dan Sofian Effendi. 1989. Metode Penelitian Survei. Jakarta: Pustaka LP3ES. Mukarromah, D. S., & Rofiah, C. (2019). Pengaruh Citra Merek, Desain Produk Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merek Bata. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Dewantara (JMD), 2(1), 27-36. Murdapa, P. (2020, February). The Effect of Price, Product Design, Product Quality and Brand Image on Purchase Decisions. In EBGC 2019: Proceedings of the 2nd International Conference on Economics, Business, and Government Challenges, EBGC 2019, 3 October, UPN" Veteran" East Java, Surabaya, Indonesia (p. 74). European Alliance for Innovation. P2ptm.kemenkes.go.id. (2020, 14 Juni). Proporsi obesitas pada dewasa menurut provinsi 2018. Retrieved 12 Agustus, from kemkes.go.id/resources/download/ info-terkini/hasil-riskesdas-2018 Putri, D., & Moeliono, N. N. K. (2019). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Dan Sales Promotion Terhadap Keputusan Pembelian Fashion Bigsize (studi Kasus Online Shop Bigissimo. id). eProceedings of Management, 6(3). https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/managem ent/article/view/11438 Rahman, A. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Desain Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Batik Al-Baroqah Pakandangan Kabupaten Sumenep. (Doctoral dissertation, Universitas Wiraraja). Reven, D., & Ferdinand, A. T. (2017). Analisis Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk, Harga Kompetitif, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pelan ggan Nesty Collection Jakarta). Diponegoro Jurnal Ilmu Management, 6(3), 152-164. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/17323 Saraswati, M. L., Pradhanawati, A., & Hidayat, W. (2015). Pengaruh desain produk, kualitas produk, dan harga terhadap keputusan pembelian pada kampung batik wiradesa, kabupaten pekalongan. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 4(2), 137-146. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/8227 Sari, R. M., & Prihartono, P. (2021). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen,Ekonomi, & Akuntansi), 5(3), 1171-1184. http://www.journal.stiemb.ac.id/index.php/mea/article/view/1573 SIDAURUK, K. N. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Promosi Baru Oleh Bigissimo. Di Masa Pandemi. (Doctoral dissertation, Universitas Atma Jaya Yogyakarta). https://e-journal.uajy.ac.id/26227/ Situmorang, S. H., & Lutfi, M. (2012). Analisis Data Untuk Riset Manajemen dan Bisnis. Medan: USU Press Stnaton, William J, Y. Lamarto. 1995. Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga. Sudjiono, S., & Prastiti, E. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Pada Counter Wardah Di Borobudur Kediri. JIMEK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi, 2(1), 69-84. http://ojs.unikkediri. ac.id/index.php/jimek/article/viewFile/424/400 Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.Bandung. Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung. Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung. Syaiful, R., & Astuti, M. (2022). The Effect of Product Quality, Price and Product Design on Purchasing Decisions of Sasword Disutoru Products. Indonesian Journal of Law and Economics Review, 14, 10-21070. file:///C:/Users/Syahri%20Ramadhani/Downloads/750-Other-3809-1-10-20220218%20(1).pdf Taofik, R. (2015). Pengaruh Desain Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Perusahaan Distro Airplane System Bandung (Doctoral dissertation, Universitas Komputer Indonesia). https://repository.unikom.ac.id/23739 Wardhani, K. (2021). Kajian Minat Belanja Online Pakaian Ready To Wear Plus Size. MODA, 3(2). https://journal.uc.ac.id/index.php/moda/article/view/2044 citation: Ramadhani, Syahri (2023) Pengaruh Desain Produk Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Brand Pakaian Bigissimo. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29771/1/FEB_MNJ_1802025421_Syahri%20Ramadhani.pdf