eprintid: 29745 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3857 dir: disk0/00/02/97/45 datestamp: 2023-10-25 08:08:34 lastmod: 2023-10-25 08:08:34 status_changed: 2023-10-25 08:08:34 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Farhan, Aditya title: Pengaruh Ulasan Produk, Persepsi Harga Dan Promo Gratis Ongkos Kirim Terhadap Keputusan Pembelian Di Marketplace Shopee (Studi Kasus Pada Masyarakat Kecamatan Tarumajaya Kabupaten Bekasi) ispublished: pub subjects: HF divisions: Manajemen abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari ulasan produk,persepsi harga dan promo gratis ongkos kirim terhadap keputusan pembelian di Marketplace Shopee, studi kasus pada masyarakat Kecamatan Tarumajaya Kabupaten Bekasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah masyarakat Kecamatan Tarumajaya yang pernah berbelanja secara online menggunakan aplikasi Shopee lebih dari satu kali dan berusia diatas 12 tahun. Teknik yang digunakan adalah purposeful sampling dengan penyebaran kuesioner. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 160 responden. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu uji instrument, uji asumsi klasik, regresi linear berganda, uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel ulasan produk berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian di Marketplace Shopee, variabel persepsi harga berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian di Marketplace Shopee, variabel promo gratis ongkos kirim berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian di Marketplace Shopee. Sedangkan secara simultan menyatakan bahwa variabel ulasan produk, persepsi harga dan promo gratis ongkos kirim memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian di Marketplace Shopee. Hasil koefisien determinasi pada penelitian ini menyatakan bahwa variabel ulasan produk, persepsi harga dan promo gratis ongkos kirim berpengaruh terhadap keputusan pembelian sebanyak 70,4% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lainnya diluar penelitian date: 2023-02-08 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka department: Fakultas Ekonomi dan Bisnis thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Angga Kurnia Putra dkk (2017) “Rancang Bangun Aplikasi Marketplace penyedia jasa les private di kota Pontianak Berbasis Web”. Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi Vol 5 No 1 2017 Ayunna Nadilla Hafizhah (2020) “Pengaruh Tagline Gratis Ongkir di Aplikasi Shopee Terhadap Keputusan Belanja Online di Kalangan Mahasiswa” (Studi pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang Angkatan 2016) Skripsi Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Malang. Bida Sari & Maryati Rahayu (2020) “Pengaruh Lingkungan, Pendidikan Kewirausahaan dan Penggunaan E-Commerce pada Peningkatan Minat Berwirausaha Mahasiswa FEB UPI YAI”, Jurnal IKRA-ITH Ekonomika Vol 2 No 3 Bulan Juli 2020. Charlie Bernando Halomoan Samosir & Arief Bowo Prayoga K (2015) “Pengaruh Persepsi Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Enervon-C”, Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis Volume 1,Nomor 3, November 2015. Eliska Sri Putri Ningsih (2019) “Pengaruh Rating dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Marketplace Shopee” Skripsi Program Studi Manajemen Universitas Muhammadiyah Makassar. Fransiska Vania Sudjatmika (2017) “Pengaruh Harga, Ulasan Produk, Kemudahan, dan Keamanan terhadap Keputusan Pembelian Secara Online di Tokopedia.com”, Jurnal Manajemen Universitas Kristen Petra Vol. 5, No.1, (2017) Fitria Dwi Astuti (2022) “Persaingan E-Commerce 2021, Shopee Menduduki PeringkatPertamahttps://economy.okezone.com/read/2022/02/04/11/2542 175/persaingan-e-commerce-2021-shopee-menduduki-peringkat-pertama, diakses pada 7 Maret 2022 pukul 18.43. Gita Septi Ningtyas (2021) “Pengaruh E-Wom, Customer Review dan Gratis Ongkir Terhadap Keputusan Pembelian di Shopee” Skripsi Program Studi Manajemen Universitas Putera Batam. Haidong Chen and Saleem Sadeque (2007) “An Empirical Investigation Of Consumer Price Perceprion And Reputation Dimension’s Effects On Attitude Toward Private Label Brands” Thesis Umeå School of Business and Economics. Hair JF, Black W, Babin B, Anderson R. (2010) “Multivariate Data Analysis” United States of America (USA):Prentice hall. Imam Ghozali (2013) “Aplikasi Analisis Multivariete” (Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro) Imam Gunawan (2016) “Pengantar Statistika Inferensial” (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada) Iskandar (2008) “Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial, Kuantitatif dan Kualitatif” (Jakarta: Gaung Persada Group) Izzatul Islami Harli, dkk (2021) “Pengaruh Online Consumer Review dan Rating terhadap Minat Beli Produk Kesehatan pada E-Marketplace Shopee Selama Masa Pandemi COVID-19” Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Volume 04, Nomor 04, September 2021. Khowin Ardianto, Fania Putri Nuriska dan Lia Nirawati (2020) “Pengaruh Kepercayaan dan Ulasan Produk terhadap Minat Beli Ulang Emina pada Official Store Shopee di Kota Surabaya”, Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara. Khafidatul Ilmiyah dan Indra Krishernawan (2020) “Pengaruh Ulasan Produk, Kemudahan, Kepercayaan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee di Mojokerto” Jurnal Manajemen Program Studi Manajemen Sekolah Tinngi Ilmu Ekonomi Sultan Agung, Volume 6–Nomor 1, Juni 2020, (Hlm 31-42). Kharisma Rizki H, dkk., “Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Informasi terhadap Minat Beli dan Keputusan Pembelian Secara Online (Survey pada Konsumen www.ardiansmx.com)”, Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 28, No. 1 (2015): 58 Lenggang Kurnia Intan Devi (2019) “Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee (Studi Kasus pada Mahasiswa di Surabaya)”. Skripsi Program Studi Manajemen Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Lidya Agustina dan Firman Kurniawan, “Sistem Reputasi Penjual dalam Proses Pengambilan Keputusan Pembelian di Platform C2C E-Commerce”, Jurnal Komunikasi Indonesia Vol. 7, No. 1 (2018): 31. Lidya Agustina, Alifia Oktrina Fayardi, dan Irwansyah, “Online Review: Indikator Penilaian Kredibilitas Online dalam Platform E-Commerce”, Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 5 No. 2 (2018): 145. Miftakhul Jannah, Budi Wahono & Khalikussabir “Pengaruh Diskon Flash Sale, Rating Dan Gratis Ongkos Kirim Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee”, Jurnal Riset Manajemen Prodi Manajemen. Monica Purnamasari Halim, “Kajian Indikator Kepercayaan Konsumen Akan Online Review pada Proses Keputusan Booking Hotel Secara Online”, Jurnal Akademika Vol. 13, No. 1 (2015): 22. Mohamad H.P. Wijaya (2013) “Promosi, Citra Merek, dan Saluran Distribusi Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Terminix di Kota Manado” Jurnal EMBA Vol 1 No 4, Desember 2013, Hal. 105-114. Nofen Saifi Akfin (2019) “Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Kepudusan Pembelian Konsumen” (Survei pada Pelanggan Mie Setan cabang Tlogomas) Skripsi Program Studi Manajemen Universitas Muhammadiyah Malang. Nurul Fatmawati A & Euis Soliha (2017) “Kualitas Produk Citra Merek dan Persepsi Harga terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Matic “Honda”, Jurnal Manajemen Teori dan Terapan Tahun 10.No. 1, April 2017. Philip Kotler dan Gary Armstrong (2008) “Prinsip-prinsip Pemasaran” Edisi 12 Jilid 2, terj. Bob Sabran (Jakarta: Erlangga, 2008), 239-241. Pradika Muthiya Shafa dan Jusuf Hariyanto (2020) “Pengaruh Harga, Ulasan Produk dan Metode Pembayaran Terhadap Keputusan Pembelian dalam Berbelanja Online Melalui Aplikasi Shopee (Studi Kasus Pada Pengguna Aplikasi Shopee di Bekasi)” Jurnal Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Raymond Mcleod dan George P. Schell (2007) “Sisitem Informasi Manajemen” Edisi 9, terj. Heri Yulianto (Jakarta: Indeks), 53. 14 Rizki Widodo (2022) “Pengaruh Gratis Ongkos Kirim, Flash Sale dan Cash On Delivery Terhadap Keputusan Pembelian di Toko Online Shopee Pada Masyarakat Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Binawidya Kota Pekanbaru” Skripsi Prodi Manajemen. Rena Febrita Sarie (2018) “Analisis Pengaruh Keberagaman Produk, Persepsi Harga, Promosi Penjualan Terhadap Kepuasan Konsumen Hypermartket Pakuwon Supermall di Surabaya” Jurnal Relasi, Vol XIV, No 02, Juli 2018. Rita Wati (2015) “Pengaruh Atribut Produk dan Persepsi Harga terhadap Perpindahan Merek (Survei Pengguna Samsung Android dan Blackberry pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta), S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta. Sugiyono (2014) “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Bandung:Alfabeta, 2014 citation: Farhan, Aditya (2023) Pengaruh Ulasan Produk, Persepsi Harga Dan Promo Gratis Ongkos Kirim Terhadap Keputusan Pembelian Di Marketplace Shopee (Studi Kasus Pada Masyarakat Kecamatan Tarumajaya Kabupaten Bekasi). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29745/1/FEB_MNJ_1802025407_Aditya%20Farhan.pdf