eprintid: 29641 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3857 dir: disk0/00/02/96/41 datestamp: 2023-10-21 01:59:07 lastmod: 2023-10-21 01:59:07 status_changed: 2023-10-21 01:59:07 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Saputra, Ricko title: Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Cv Bintang Plafon Pvc Cabang Pamulang ispublished: pub subjects: H1 divisions: Manajemen abstract: Sektor bisnis saat ini telah mengalami banyak sekali kemajuan dan perkembangan di era modern. Adapun perubahan yang terjadi ditandai dengan pola pikir masyarakat yang berkembang, kemajuan teknologi, serta gaya hidup yang tidak lepas dari pengaruh globalisasi. Dari fenomena perkembangan bisnis pada zaman modern ini, yaitu banyak sekali bermunculan produk barang dan jasa yang menawarkan berbagai kelebihan dan keunikan dari masing-masing produk dan jasa. Dengan adanya fenomena tersebut secara tidak langsung menuntut perusahaan untuk dapat meningkatkan kualitas produk dan layanannya guna untuk meraih konsumen baru, meningkatkan standar produk yang dihasilkannya baik dari segi kualitasnya maupun ragam produknya serta menerapkan pelayanan yang baik dan cepat kepada konsumen sehingga perusahaan dapat bertahan dan terus berjalan ditengah persaingan usaha pada perusahaan lain di industri yang sama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kualitas produk dan kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen. Populasi pada penelitian ini adalah Konsumen Cv Bintang Plafon Pvc Cabang Pamulang sebanyak 197 Konsumen kemudian untuk penentuan sampel digunakan rumus slovin dengan tingkat error 5% sehingga didapatkan jumlah sampel sebanyak 132 Konsumen. Penelitian ini menggunakan analisis uji validitas, uji realibilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi liniear berganda dan uji hipotesis yang diolah dengan SPSS 26. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan hasil pengolahan thitung > ttabel yaitu 8,169 > 1,979 dan nilai sig <0,05 yaitu 0,000, (2) kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan hasil pengolahan thitung > ttabel yaitu 3,035 > 1,979 dan nilai sig <0,05 yaitu 0,003 (3) kualitas produk dan kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan hasil pengolahan fhitung > ftabel yaitu 477,952 > 3,07 dan nilai sig <0,05 yaitu 0,000. date: 2023-02-08 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka department: Fakultas Ekonomi dan Bisnis thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Abdul Karim (Editor). (2021) Kewirausahaan. Medan. Yayasan Kita Menulis. Ahmad S (2020) Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Tcp Industries Probolinggo. Diunduh 18 Agustus 2022 Stie Malangkucecwara, http://repository.stie-mce.ac.id/1115/ Alvian (2020) Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen “Masalah”. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis 5(4) 296-297. Diunduh 18 Agustus 2022. https://journal.uc.ac.id/index.php/performa/article/view/1783/1422 Andriasan, Sudarso. 2016. Manajemen Pemasaran Jasa Perhotelan. Yogyakarta: Deepublish. Annes A P& Iwan K S (2017) Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Rahman Wisata Mandiri Jakarta. Jurnal Manajemen 5 (2) 1-2. Diunduh 16 Agustus 2022. https://ojs.ekonomi-unkris.ac.id/index.php/JMBK/article/view/114/pdf Annisa & Dwiyanto (2021) Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediator (Studi pada Pengguna Jasa PT. Pos Indonesia di Semarang). Jurnal Manajemen 10(3) 2-3. Diunduh 16 Agustus 2022. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/32359/26060 Asnawi, Awang, Asyraf, Mohammad & Karim (2019) The influence of hospital image and service quality on patients’ satisfaction and loyalty. Terengganu. Universitas Sultan Zainal Abidin. Azis (2019) Pengaruh Kepuasan Konsumen, Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Repurchase Intention (Studi Pada Konsumen Kedai Coffe Ngabul Jepara). Skripsi Thesis. Jepara. Universitas Islam Nahdatlul Ulama. Cho & Hong (2021) A study on the effects of Product quality, Educational quality, and Service quality of Experimental (practice) teaching aids and manufacturing companies on elementary school teacher's satisfaction and repurchase intention. Seoul. Hansung University. Dewi & Sudiartha (2018) Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Nasabah PT. Bank Pembangunan Daerah Bali. E-Jurnal Manajemen Unud 7(8) 4543-4545. Diunduh 16 Agustus 2022. https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/38978/24904 Disastra & Wulandari (2016) Analisis Pengaruh Penerapan E-Commerce dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi pada pengguna mataharimall.com di Bandung Tahun 2016). Jurnal Manajemen 6(1) 742-743. Diunduh 16 Agustus 2022. http://repository.ekuitas.ac.id/bitstream/handle/123456789/264/JR00044%20-%20Ganjar%20M%20Disastra%20dan%20Astri%20Wulandari.pdf Diza, Moniharapon & Ogi (2016) Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada PT. Fifgroup Cabang Manado. Skripsi. Manado. Universitas Sam Ratulangi. Irene Gozali (2020) Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen KFC Plaza Kalibata Jakarta Selatan. Skripsi. Jakarta. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie. Jong (2021) Pengaruh Kualitas Layanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen PT. Sentra Oli, Pare-Pare, Sulawesi Selatan, Skripsi. Surabaya Universitas Ciputra. Kusuma & Susanti (2021) Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Hotel Bukit Serelo Lahat. Jurnal Manajemen 17 (1) 1-2. Diunduh 16 Agustus 2022. https://doi.org/10.35449/jemasi.v17i1.224 Mahira, Hadi, Dan Nastiti (2021) Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Indihome. Jurnal Manajemen 2 (1) 1270-1272. Diunduh 21 Agustus 2022. https://conference.upnvj.ac.id/index.php/korelasi/article/view/1233/825 Malik I & Siti M T (2019) Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis 4(1) 176-177. Diunduh 15 Agustus 2022. https://www.researchgate.net/publication/335105877 Moha & Loindong (2016) Analisis Kualitas Pelayanan Dan Fasilitias Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Yuta Di Kota Manado. Jurnal Manajemen 4 (1) 575-584. Diunduh 19 Agustus 2022. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/11715/11308 Mu’tashim & Slamet (2019) Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Coffe Shop di Kota Bogor). Jurnal Manajemen dan Organisasi 10 (2) 118. Diunduh 16 Agustus 2022. https://doi.org/10.29244/jmo.v10i2.30131 Nasution & Kurniawati (2018) Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Produk Nissan Grand Livina. Jurnal Manajemen 1 (4) 880-881. Diunduh 18 Agutus 2022. http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pek/article/view/5667/2976 N. Rismawati (Editor). (2021) Dasar Manajemen Dan Kewirausahaan. Bandung. Widina Bhakti Persada Bandung. Ningrat AT (2021) Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Yotta Milk Cabang Talasalapang. Skripsi. Makassar. Universitas Negeri Makassar. Nyarmiati & Astuti (2021) Analisis Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk, Brand Image dan Perceived Value Terhadap Minat Beli Ulang Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen 10 (2) 3-5. Diunduh 21 Agutus 2022. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/30985 Pamungkas, Adi J & Basworo D (2020) Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Di Warung Miayam Abah. Skripsi. Solo. Unversitas Muhammadiyah Surakarta. Pandesia, Saerang & Sumarauw (2017) Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Perumahan Griya Paniki Indah Manado. Jurnal EMBA 5 (2) 1316-1317. Diunduh 11 Agustus 2022. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/16161/15666 Pratomo, Yoga & Dibyo (2019) Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan Dan Harga Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Bear Pomade. Skripsi thesis. Solo. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Purnomo & Edwin Setyo (2017) Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen “Best Autoworks”. Jurnal Manajamen dan Start-Up Bisnis 1 (6) 755-764. Diunduh 11 Agustus 2022. https://journal.uc.ac.id/index.php/performa/article/view/404/363 Putri & Subagja (2017) Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Rahman Wisata Mandiri Jakarta. Jurnal Manajemen 5 (2) 3-5. Diunduh 12 Agutus 2022. https://ojs.ekonomi-unkris.ac.id/index.php/JMBK/article/view/114/pdf Refmasita, Amar & Larasati (2020) Label Halal dan Kualitas Produk Obat Terhadap Minat Beli Obat Pada Mahasiswa Feb Uhamka. Jurnal Ekonomi Syariah Dan Filantropi Islam 4(2) 168. Diunduh 21 Agustus 2022. https://doi.org/10.22236/alurban_vol4/is1pp101-114 Ridho & Mahargiono (2021) Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen PT. Fastfood Indonesia, Tbk (Studi Kasus Kfc Cabang Bg Junction Surabaya). Jurnal Manajemen 10 (6) 1-2. Diunduh 16 Agustus 2022. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/4080 Ronasih dan Widhiastuti (2021) Kualitas Layanan, Faktor Emosional dan Persepsi Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Konsumen. Universitas Semarang. Philanthropy Journal of Psychology 5 (1). Diunduh 1 September 2022. http://dx.doi.org/10.26623/philanthropy.v5il.3303 Rufliansah & Seno (2020) Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Konsumen Rainbow Creative Semarang). Jurnal Administrasi Bisnis 9 (4) 389-392. Diunduh 14 Agustus 2022. https://doi.org/10.14710/jiab.2020.28226 Sandes Prawira (2021) Pengaruh Keterampilan dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja UMKM Keripik di Kabupaten Pesawaran. Skripsi. Lampung. Universitas Lampung. Saputra (2022) Pengaruh Pemasaran Digital, Kualitas Produk dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merek Lokal Di Wilayah Dki Jakarta . Skripsi Thesis. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta. Sari & Lubis (2022) Pengaruh Promo Discount Produk, Lokasi dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Restoran Kinley Thai Bistro Sun Plaza Medan. Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah Medan. Journal Economy and Currency Study 4 (1) 24-30. Diunduh 18 Agustus 2022. https://doi.org/10.51178/jecs.v4il.647 Setiawan & Almira (2021) Pengaruh Keuasan Konsumen, Kualitas Layanan, Dan Citra Merek Terhadap Niat Beli Ulang Produk Busanan Muslim Elzatta. Skripsi. Surabaya. STIE Perbanas Surabaya. Silviana, Seva Silviana (2017) Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Mandiri (Persero) Tbk. (Studi Kasus Bank Mandiri Cabang Surabaya Undaan). Undergraduate thesis. Surabaya. Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Suhairi (2019) Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Di PT. Honda Autobest Bandung. Jurnal Manajemen 2 (2) 19-20. Diunduh 14 Agutus 2022. https://jurnal.stie.asia.ac.id/index.php/jubis/article/view/906 Titik Efnita (2017) Pengaruh Variasi Produk, Kualitas Pelayanan, Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Wedding Organizer. Universitas Putera Batam. Jurnal Manajemen 14 (2) 172-173. Diunduh 21 Agutus 2022. https://doi.org/10.31849/jieb.v14i2.895 Tuju & Loindong (2018) Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Produk Sepeda Motor Yamaha Terhadap Kepuasan Konsumen PT. Hasjrat Abadi Di Manado. Jurnal Manajemen 6 (3) 3-5. Diunduh 18 Agutus 2022. https://doi.org/10.35794/emba.v6i3.20480 Ulumiyyah, Labibatul (2021) Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Promosi, Lokasi, Harga dan Etika Bisnis Islam Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Konsumen Kaosan Kaos Santri Nusantara). Skripsi. Salatiga. Universitas Islam Negeri Salatiga. Vanni Febrianni (2021) Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Sepeda Motor Yamaha Nmax, Jakarta Utara. Skripsi. Jakarta. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie. Venny Lieana (2020) Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Dunkin’ Donuts Di Wilayah Kelapa Gading Jakarta Utara. Skripsi. Jakarta. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie. Woen & Santoso (2021) Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk, Promosi,dan Harga Normal Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen. Universitas Kristen Duta Wacana, Indonesia. Jurnal Manajemen 10 (2) 149-152. Diunduh 18 Agutus 2022. https://ejournal.up45.ac.id/index.php/maksipreneur/article/view/712/602 Yuan, Jusoh, Yusuf & Ghani (2020) The Relationship Between Product Quality, E-Service Quality and Brand Image on Customer Satisfaction: Preliminary Investigation in Perlis. Kangar. Universitas Malaysia Perlis. Yulianto & Akbar Dwi (2017) Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Kentucky Fried Chicken (KFC) Surabaya. Skripsi. Surabaya. STIE Perbanas Surabaya. citation: Saputra, Ricko (2023) Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Cv Bintang Plafon Pvc Cabang Pamulang. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29641/1/FEB_MNJ_1802025262_Ricko%20Saputra.pdf