eprintid: 29531 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3857 dir: disk0/00/02/95/31 datestamp: 2023-10-09 02:25:12 lastmod: 2023-10-10 02:21:40 status_changed: 2023-10-09 02:25:12 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Menia, Imam title: Pengaruh Viral Marketing dan Brand Ambassador terhadap Niat Membeli Produk Scarlett (Studi Empiris Perusahaan E-Commerce Shopee ispublished: pub subjects: HF divisions: Manajemen abstract: Penelitian ini bertujuan : (1) untuk mengetahui signifikansi pengaruh Viral Marketing Terhadap Niat Membeli Produk Scarlett, (2) untuk mengetahui signifikansi pengaruh Brand Ambassador Terhadap Niat Membeli Produk Scarlett, (3) untuk mengetahui signifikansi pengaruh Viral Marketing dan Brand Ambassador Secara Simultan Terhadap Niat Membeli Scarlett. Metode penelitian menggunakan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian adalah penelitian Asosiasi Kausal. Variabel yang diteliti adalah ―Viral Marketing dan Brand Ambassador sebagai Variabel Bebas (Independent) atau Variabel X. Sedangkan Niat Membeli Produk Scarlett sebagai Variabel Terikat (Dependent) atau Variabel Y‖. Penentuan sampel dengan purposive sampling. Sampel 128 konsumen pengguna Scarlett yang telah melakukan pembelian minimal satu kali di perusahaan e-commers Shopee minimal berusia 16 tahun serta mengetahui Song Joong Ki sebagai Brand Ambassador. Pengumpulan data menggunakan metode angket (Kuesioner) secara online. Hasil penelitian menunjukkan bukti bahwa setelah hasil angket (kuesioner) diisi responden dan dimasukan dalam tabel tabulasi data kemudian diolah dan dianalisis dengan bantuan program SPSS 25 diperoleh hasil : (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan viral marketing (X1) terhadap niat membeli produk scarlett (Y), (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan brand ambassador (X2) terhadap niat membeli produk scarlett, (3) variabel viral marketing dan brand ambassador secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat membeli produk scarlett. Koefisien determinasi sebesar 0,488 atau 48,8% menunjukan besarnya kontribusi variabel viral marketing (X1), dan brand ambassador (X2) secara simultan terhadap variabel niat membeli produk scarlett (Y) menunjukan tingkat pengaruh yang sedang, sedangkan sisanya sebesar 51,2% disebabkan oleh faktor-faktor lain yang belum diteliti dalam penelitian ini seperti cashback, free shipping, kualitas produk, harga dan sebagainya. Oleh sebab itu, disarankan kepada perusahaan e-commers shopee agar mempertahankan viral marketing dan brand ambassador yang sudah baik, dan terus berinovasi serta mencari terobosan baru dalam pemasaran suatu produk dengan memanfaatkan teknologi, sehingga perusahaan e-commers shopee menjadi mobile marketplace nomor 1. date: 2023-01-08 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka department: Fakultas Ekonomi dan Bisnis thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Agus Hermawan.2016.Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi Revisi. Bandung: CV. Alfabeta Angelina Aulia.2021.Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta Apriansyah.2018. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta:Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN Ferdinand & Ciptono.2022. Strategi Komunikasi Bisnis Online Shop ―Shopee‖ Dalam Meningkatkan Penjualan. Jurnal Abiwara, 1(2), 46 Firmansyah, M.A. 2020. Perilaku Konsumen, Sikap dan Pemasaran. Yogyakarta:CV Budi Utama Fitriah.2018. Pengantar Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama Ghozali, I.2018. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Edisi 8. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Hamdani & Mawardi, 2018. Analisis Pengaruh Celebrity Endorser/Brand Amabassador, Harga, dan Desain Produk yang Dimediasi Oleh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian di Online Shop Shopee. Jurnal Pendidikan, Akutansi, dan Keuangan, 91-109 Hasan. 2018.Pemasaran Dasar: Pendekatan Manajerial Global edisi 16. Jakarta: Salemba Empat Kacmar, Anthony, dan Parrewe.2016. Dasar Dasar Pemasaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada Kaplan dan Haenlein.2016.Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Pada Aldila Resto Di Semarang, (Jurnal Penelitian: Universitas Dian Nuswantoro) Kotler, Philip & Kevin Kane Keller. 2018. Marketing Management . New Jersey: Pearson Education Limited Kotler. Philip and G. Armstrong. 2018. Principle of Marketing ed. 9. New Jersey: Prentice Hall Kusumadmo.2015. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat Muslim.2020.Pengaruh Viral marketing, Celebrity Endorser, dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Pada Geprek Bensu Manado. Jurnal EMBA, 7(3), 2692 Nursani.2019.Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta:Kharisma Putra Utama Oentoro.2015.Manajemen Pemasaran Internasional. Surabaya:Jenggala Pustaka Utama Prasetyo. Papasolomou & Melanthiou.2012.Pengaruh Brand Ambassador Dan Viral Marketing Terhadap Proses Keputusan Pembelian Pada Konsumen Marketplace.‖ JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) 7(4):560. doi: 10.29210/020211245. Permatasari, Brigita Aulia. 2019. Pengaruh Word of Mouth, Brand ambassador dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian(Studi pada Konsumen Cakekinian di Kota Bandung). Skripsi, Yogyakarta: UnIversitas Sanata Dharma. philip Kotler.2015. Principles of Marketing. England: Pearson Education Limited. Pudjiastuti. Wahyuni. 2015. Social Marketing: Strategi Jitu mengatasi Masalah Sosial di Indonesia. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia Ramadhanti. Amalia. 2017. Pengaruh Bauran Pemasaran (7P) Terhadap Keputusan Pembelian pada Giant Supermarket Mall Mesra Indah di Samarinda. Volume 5 Nomor 2. eJournal Administrasi Bisnis. Rangkuti. Freddy. 2016. Creating Effective Marketing Plan: Teknik Membuat Marketing Plan Berdasar Customer Values dan Analisis Kasus. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. Riduwan.2017. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta. Sadrabadi dkk.2018.Perilaku Konsumen. Jakarta:Prenamedia Setiawan. Setyorini dan Gita.2016. Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Brand Image Perusahaan Online Zalora.co.id. Jurnal Manajemen, 620-626. Shimp.2016.Advertising, Promotion, and Other Aspects of Integrated Marketing Communications. South-Western: Cengage Learning. Singarimbun dan Effendi.2019. Menguasai SPSS dengan Statistik 25. Jakarta: PT Elex Media Komputindo. Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sutisna.2016.Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta. johar Tjiptono.2016. Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: Andi. Tsimonis dan Dimitriadis, 2015. Pengaruh Brand Ambassador Blackpink Terhadap Brand Image E-Commerce Shopee. Jurnal Manajemen, 4047- 4053. Tumundo et al., 2022. The Influence of Brand Ambassador Usage Toward Brand Image of Oppo. Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar. Vol. 9, pp. 648-655. Turban.2016. Marketing. Yogyakarta: Media Presindo. Wardana.2017. Manajemen Pemasaran Jasa. edited by R. Watrianthos. Medan: Yayasan Kita Menulis. Wirapraja dan Haryanti.2018.Pengaruh Viral Marketing Online Consumer Reviews Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Marketplace Shopee (Survey Pada Pelanggan Shopee Jakarta Timur).‖ Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia. citation: Menia, Imam (2023) Pengaruh Viral Marketing dan Brand Ambassador terhadap Niat Membeli Produk Scarlett (Studi Empiris Perusahaan E-Commerce Shopee. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29531/1/FEB_MNJ_1802025067_Imam%20Menia.pdf