eprintid: 29529 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3857 dir: disk0/00/02/95/29 datestamp: 2023-10-09 02:04:08 lastmod: 2023-10-10 02:19:12 status_changed: 2023-10-09 02:04:08 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Ridwan, Kholil title: Pengaruh Digital Marketing dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian pada E-Commerce Tokopedia ispublished: pub subjects: HF divisions: Manajemen abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Digital Marketing dan Brand Image yang didapat terhadap Keputusan Pembelian pada masyarakat pengguna e-commerce Tokopedia. Dalam penelitian ini digunakan metode kuesioner, dengan variabel yang diteliti yaitu digital marketing dan brand image sebagai variabel independent dan keputusan pembelian sebagai variabel dependent. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat pengguna Tokopedia didapatkan sebanyak 105 responden dengan teknik purposive sampling, teknik pengumpulan data menggunakan dengan skala likert. Teknik pengolahan dan analisis data meliputi Uji Kualitas Data (Uji Validitas Dan Reliabilitas), Analisis Statistik Deskriptif, Analisis Regresi Linier Berganda, Uji Asumsi Klasik, Analisis Uji Hipotesis (Uji Simultan F Dan Parsial T), Uji Koefisien Determinasi. Kemudian data diolah menggunakan SPSS.25.0. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) digital marketing memiliki pengaruh secara parsial dan signifikan terhadap keputusan pembelian, (2) brand image memiliki pengaruh secara parsial dan signifikan terhadap keputusan pembelian, (3) digital marketing dan brand image memiliki pengaruh yang signifikan secara simultan terhadap keputusan pembelian date: 2023-02-08 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka department: Fakultas Ekonomi dan Bisnis thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Agus, A. A., Yudoko, G., Mulyono, N., & Imaniya, T. (2021). E-Commerce Performance, Digital Marketing Capability and Supply Chain Capability within E-Commerce Platform: Longitudinal Study Before and After COVID-19. International Journal of Technology, 12(2), 360–370. https://doi.org/10.14716/ijtech.v12i2.4122 Alarsali, N., & Aghaei, I. (2021). Effective Determinants of Consumer Buying Decision on OTC Medications: Digital Marketing, Brand Experience, and Reference Groups. BOHR International Journal of Computer Science, 1(1), 56–67. https://doi.org/10.54646/bijcs.010 Alwan, M., & Alshurideh, M. T. (2022). The effect of digital marketing on purchase intention: Moderating effect of brand equity. International Journal of Data and Network Science, 6(3), 837–848. https://doi.org/10.5267/j.ijdns.2022.2.012 Amron, A. (2018). The Influence of Brand Image, Design, Feature, and Price on Purchasing Decision of Apple iOS Smartphone in Surakarta, Indonesia. The International Journal of Social Sciences and Humanities Invention, 5(12), 5187–5191. https://doi.org/10.18535/ijsshi/v5i12.15 Anderha, R. R., & Maskar, S. (2021). Pengaruh Kemampuan Numerasi Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v2i1.774 Assidiq, A. M., Oktaviani, D., & Sandhi, R. A. (2022). Pengaruh Digital Marketing, Kualitas Layanan,Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Telemedicine. Bernando, R. (2021). Studi, P., Komunikasi, I., Komunikasi, F. I., & Nusantara, U. M. (2021). SEBAGAI BRAND AMBASSADOR TERHADAP BRAND IMAGE. http://kc.umn.ac.id/id/eprint/16393 Bilgin, Y. (2018). The Effect of Social Media Marketing Activities on Brand Awareness, Brand Image and Brand Loyalty. Business & Management Studies: An International Journal, 6(1), 128–148. https://doi.org/10.15295/bmij.v6i1.229 Buchari, A. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta. Chaffey, D., & Chadwick, F. E. (2016). Digital Marketing: Strategy,Implementation and Practice. Sixth Edition. Pearson. Cholik, C. A. (2021). PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI KOMUNIKASI / ICT DALAM BERBAGAI BIDANG. 2(February), 6. Durmaz, Y., Cavusoglu, S., & Ozer, O. (2018). The Effect of Brand Image and Brand Benefit on Customer Loyalty: The Case of Turkey. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 8(5), 528–540. https://doi.org/10.6007/ijarbss/v8-i5/4140 Duwi, P. (2013). Analisis Korelasi, Regresi, dan Multivariate Dengan SPSS. Gava Media. Fauzana, S. (2020). Pengaruh Brand Ambassador, Brand Image, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sampo Sunsilk. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis 4.1. Fitrianna, H., & Aurinawati, D. (2020). Pengaruh Digital Marketing Pada Peningkatan Brand Awareness Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Cokelat Monggo di Yogyakarta. 03, 409–418. Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Hair, J., Black, W., Babin, B., & Anderson, R. (2014). Multivariate Data Analysis. Hendrawan, A., Sucahyowati, H., Cahyandi, K., Indriyani, & Rayhendra, A. (2019). Pengaruh Marketing Digital Terhadap Kinerja Penjualan Produk UMKM Asti Gauri Di Kecamatan Bantasaari Cilacap. Hendro, H., & Keni, K. (2020). eWOM dan Trust sebagai Prediktor terhadap Purchase Intention : Brand Image sebagai Variabel Mediasi. 298–310. Irmawati, D. (2011). Pemanfaatan E-Commerce Dalam Dunia Bisnis. November. Kotler, Philip. Kevin, K. (2012). Manajemen Pemasaran. Erlangga. Kotler, Philip. Kevin, K. (2013). Manajemen Pemasaran. Erlangga. Kotler, Philip. Kevin, K. (2016). Manajemen Pemasaran. Erlangga. Maharani, S., & Bernard, M. (2018). Analisis Hubungan Resiliensi Matematik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Lingkaran. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 819. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i5.p819-826 Mas Setiadi, I. G. N. B. H. I., & Ekawati, N. W. (2018). Brand Image Memediasi Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone Oppo Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(1), 142. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i01.p06 Masyithoh, I. N., & Novitaningtyas, I. (2021). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Marketplace Tokopedia. Narida, M. G. (2020). Brand Image dalam Persaingan Iklan E-commerce dengan Menggunakan Brand Ambassador ( Analisis Semiotika Iklan Shopee ‘ Bisa Tuku Saiki ’ versus Tokopedia x BTS ). 3(1), 12–25. Ningsih, S., & Dukalang, H. H. (2019). Penerapan Metode Suksesif Interval pada Analsis Regresi Linier Berganda. Jambura Journal of Mathematics, 1(1), 43–53. https://doi.org/10.34312/jjom.v1i1.1742 Noviolita, M. C., Isyanto, P., & Romli, A. D. (2020). MENGGUNAKAN ANALISIS DISKRIMINAN ( Studi Konsumen Generasi Y dan Z Pada Masa Pandemi COVID-19). 911, 23–40. https://doi.org/https://doi.org/10.36805/manajemen.v6i1.1187 Novita, D., Andriani, J., & Yuliani, N. (2021). Influence Of Brand Image And Word Of Mouth Communication On Purchase Decision In Tiktok Shop. 2(1), 637–641. Nugraha, F. (2016). Analisa dan Perancangan Sistem Pemasaran Berbasis E-Commerce Untuk Pemasaran Produk UMKM. Indonesian Journal of Networking and Security (IJNS), 5(3), 2302–5700. https://ijns.org/journal/index.php/ijns/article/view/1426 Nuprilianti, N. P., & Khuzaini. (2016). Pengaruh personal selling, brand image , word of mouth terhadap keputusan pembelian mobil. 5, 1–18. Nurjaya, Erlangga, H., Oktarini, R., Sunarsi, D., & Jasmani. (2021). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pada PT. Wahana Motor Di Wilayah Cianjur. 1. Omar, A. M., & Atteya, N. (2020). The Impact of Digital Marketing on Consumer Buying Decision Process in the Egyptian Market. International Journal of Business and Management, 15(7), 120. https://doi.org/10.5539/ijbm.v15n7p120 Pattiwel, K., & Mulyandi, R. (2021). Dampak Brand Image dan Kualitas Produk pada Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Sosial Teknologi, 1(6), 539–542. https://doi.org/10.36418/jurnalsostech.v1i6.114 Purba, M. I., Simanjutak, D. C. Y., Malau, Y. N., Sholihat, W., & Ahmadi, E. A. (2021). The effect of digital marketing and e-commerce on financial performance and business sustainability of MSMEs during COVID-19 pandemic in Indonesia. International Journal of Data and Network Science, 5(3), 275–282. https://doi.org/10.5267/j.ijdns.2021.6.006 Purwanto, A. (2022). How The Role of Digital Marketing and Brand Image on Food Product Purchase Decisions ? An Empirical Study on Indonesian SMEs in the Digital Era Journal of Industrial Engineering & Management Research. 3(6), 34–41. Putri, P. M. (2022). Pengaruh Digital Marketing terhadap Keputusan Pembelian Online. 5(1), 25–36. Rahmadi, Heksawan, & Malik, D. (2016). Pengaruh Kepercayaan dan Persepsi Risiko Terhadap keputusan pembelian E-Commerce Pada Tokopedia.com Di Jakarta Pusat. 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31334/.v3i1.100 Sanyoto, A., & Iskandar, B. P. (2021). the Impact of Digital Donation Program Attributes on E-Commerce Company Image. International Journal of Modern Trends in Business Research (IJMTBR), 4(16), 1–16. http://www.ijmtbr.com/PDF/IJMTBR-2021-16-06-01.pdf Saputra, G. W., & Ardani, I. G. A. K. S. (2020). Pengaruh Digital Marketing, Word Of Mouth Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. 9(7). Solihin, D., Ahyani, & Setiawan, R. (2021). The Influence Of Brand Image And Atmosphere Store On Purchase Decision For Samsung Brand Smartphone With Buying Intervention As Intervening Variabels (Study on Samsung Experience Store Karawaci Customers). International Journal of Social Science and Business, 5(2), 262–270. https://doi.org/10.23887/ijssb.v5i2.30847 Sugiyono, P. D. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Syahidah, R. A. (2021). Pengaruh Viral Marketing dan Digital Marketing terhadap Kepercayaan Konsumen dan Keputusan Pembelian Pada Produk Skincare Lokal di Masa Pandemi Covid 19. 1(2), 827–837. Tjiptonon, F. (2019). Perilaku Konsumen: Proses Keputusan Konsumen. PT Penerbit IPB Press. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=gjP4DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA157&dq=tjiptono+keputusan+pembelian&ots=hXXhJsjFd7&sig=6Lj4LEV4a79NEDTSOj0db9L_tEM&redir_esc=y#v=onepage&q=tjiptono keputusan pembelian&f=false Umbola, F., Mawuntu, P., & Potolau, M. (2019). The Influence Of Brand Image And Price Perception On Purchase Decisions. 8, 51–56. Valensia Alvionita Wijaya, R. O. (2018). Pengaruh Brand Image E-Commerce Terhadap Minat Beli Konsumen ( Survei Pada Pelanggan Tokopedia ). Wahyuningrum, R. (2019). Untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen. Jurnal Tekinfo, 01(01), 8–17. citation: Ridwan, Kholil (2023) Pengaruh Digital Marketing dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian pada E-Commerce Tokopedia. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29529/1/FEB_MNJ_1802025035_Kholil%20Ridwan.pdf