eprintid: 29512 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3857 dir: disk0/00/02/95/12 datestamp: 2023-10-05 07:08:44 lastmod: 2023-10-10 02:07:46 status_changed: 2023-10-05 07:08:44 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Nugraha, Riyan Wahhab title: Pengaruh Hedonic Motivation dan Shopping Lifestyle terhadap Impulse Buyying E - Commerce Lazada ispublished: pub subjects: HF divisions: Manajemen abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Hedonic Shopping Motivation dan Shopping Lifestyle terhadap Impulse Buying. Penelitian ini di lakukan di E-Commerce Lazada Jakarta Timur. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Teknik pengolahan data analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis linier berganda, uji asumsi klasik, analisis koefisien korelasi parsial, analisis koefisien korelasi berganda dan uji hipotesis. Kemudian data diproses menggunakan analisis regresi linier berganda dengan diolah menggunakan SPSS 25. Hasil analisis regresi linear berganda dengan uji t dan f. Hasil analisis regresi linear berganda dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel bebas yang terdiri dari Hedonic Shopping Motivation dan Shopping Lifestyle bersama-sama dan parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Impulse Buying. Secara bersama-sama F hitung yaitu sebesar 34,570 dan F table 1,882 nilai sig. F 0,000, Sedangkan secara parsial Hedonic Shopping Motivation menunjukkan nilai t hitung sebesar 3,058 > t table 1,882, Shopping Lifestyle menunjukkan t hitung sebesar 4,362 > t table 1,882. Diketahui juga variabel yang mempunyai pengaruh yang paling dominan terhadap Impulse Buying adalah Shopping Lifestyle. date: 2022-07-27 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka department: Fakultas Ekonomi dan Bisnis thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Adilang, A., Oroh, S. G., & Moniharapon, S. (2014). Persepsi, Sikap, Dan Motivasi Hedonis Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Secara Online . Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 2(1). Agustina, Susanti (2013). Perpustakaan Prasekolahku, seru!. Bandung: CV Restu Bumi Kencana Akram, U., Hui, P., Khan, M. K., Hashim, M., Qiu, Y., & Zhang, Y. (2017, July). Online Impulse Buying on “Double Eleven” Shopping Festival: An Empirical Investigation of Utilitarian and Hedonic Motivations. In International Conference on Management Science and Engineering Management (pp. 680-692). Springer, Cham. Badriyah, Mila. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: CV Pustaka Setia. Cahyono, K. E., Khuzaini, K., & Widiarto, H. (2018). Shopping Life Style Memediasi Hubungan Hedonic Dan Utilitarian Value Terhadap Impulse Buying. EKUITAS: Jurnal Ekonomi dan Keuangan, 20(2), 188-208. Chusniasari, dan Prijati. (2015). Pengaruh Shopping Lifestyle, Fashion Involvement dan Hedonic Shopping Terhadap Impulse Buying Pelanggan. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Vol. 4, No. 12: 1-21 Darma, L. A., & Japarianto, E. (2014). Analisa pengaruh hedonic shopping value terhadap impulse buying dengan Shopping Lifestyle dan positive emotion sebagai variabel intervening pada Mall Ciputra World Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 8(2), 80-89. Dr. Eti Rochaety. (2019). Metodologi Penelitian Bisnis: Dengan Aplikasi Penelitian SPSS Jilid 2. Jakarta : Mitra Wacana Media. ISBN: 978-602-318-389-0 Effendi, S dan Tukiran. 2014. Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Gültekin, B., & Özer, L. (2012). The influence of hedonic motives and browsing on impulse buying. Journal of Economics and Behavioral Studies, 4(3), 180- 189. Hasibuan, Malayu S.P. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: Penerbit PT Bumi Aksara. I. Soeharto, Manajemen Proyek (Dari Konseptual Sampai Operasional), Jilid 1 dan 2, Erlangga, 2014. Kosyu, D. A. (2014). Pengaruh Hedonic Shopping Motives Terhadap Shopping Lifestyle dan Impulse Buying (Survei pada Pelanggan Outlet Stradivarius di Galaxy Mall Surabaya). Jurnal Administrasi Bisnis, 14(2). Kotler, Philip and Gary Amstrong. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta:Erlangga Lestari, I. P., & Oetomo, H. W. (2014). Pengaruh Hedonic Shopping Value Terhadap Impulse Buying Melalui Positive Emotion Customer Flashyshop. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 3(7), 1-17. Lisda. 2010. Menciptakan Impluse Buying. Majalah Ilmiah Informatika. Vol. 1 No.3. 56-68. Lumintang, F. F. (2013). Pengaruh hedonic motives terhadap impulse buying melalui browsing, dan Shopping Lifestyle pada online shop (Doctoral dissertation, Widya Mandala Catolic University). Mudzalifa, Yulias. 2015. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Impulsif Pada Lipstik Sari Ayu Di Bakso Grand Mall Padang. Padang: jurnal ekonomi (STKIP) PGRI Sumatera Barat. Mulianingsih, D., Fauzi DH, A., & Alfisyahr, R. (2019). PENGARUH MOTIVASI BELANJA HEDONIS TERHADAP KECENDERUNGAN PEMBELIAN IMPULSIF DI ONLINE SHOP (Survei Online pada Konsumen Zalora Indonesia di Kota Surabaya). Jurnal Administrasi Bisnis, 66(1). Nasrul, C. P., & Yasri, Y. (2019, April). A Literature Review on the Influence of Sales Promotion, Shopping Lifestyle, Store Atmosphere, and Hedonic Shopping Motivation toward Unplanned Purchase. In 2nd Padang International Conference on Education, Economics, Business and Accounting (PICEEBA-2 2018). Atlantis Press. Ozen, H., dan Engizej, N. 2013. Shopping Online Without Thinking: Being Emotional or Rational. Asia Pacifik Journal of Marketing and Logistic, Vol. 27, No 1, pp 78-93 Pardede, R. dan Manurung, R. 2014. Analisis Jalur Teori dan Aplikasi dalam Riset Bisnis. Penerbit PT Rineka Cipta. Jakarta. Pasaribu, L. O., & Dewi, C. K. (2015). Pengaruh Hedonic Shopping Motivation Terhadap Impulse Buying Pada Toko Online : Studi Pada Toko Online Zalora. Bina Ekonomi, 19(2), 159-170. Prastia, F.E., (2013), Pengaruh Shopping Lifestyle, Fashion Involvement dan Hedonic Shopping Value Terhadap Impulse Buying Behaviour Pelanggan Toko Elizabeth Surabaya, Jurnal Manajemen & Kewirausahaan, Vol. 7, No.2. Ratih, I. A. T., & Astiti, D. P. (2016). Pengaruh motivasi hedonis dan atmosfer toko terhadap pembelian impulsif pada remaja putri di Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 3(2), 209-219. Ristiana, E. (2016). Pengaruh Gaya Hidup Berbelanja Dan Ketertarikan Fashion Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Pakaian Distribution Store (Distro) Di Yogyakarta. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta: Yogyakarta.Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Pendidikan Jenis, Metode, dan Prosedur. Jakarta: Prenada Media Group. Semuel, H. (2007). Dampak respon emosi terhadap kecenderungan perilaku pembelian impulsif konsumen online dengan sumberdaya yang dikeluakan dan orientasi belanja sebagai variabel mediasi. Jurnal Manajemen dan kewirausahaan, 8(2), 101-115. Septiani, V. (2018). IMPLEMENTASI BUDAYA ORGANISASI DALAM PENINGKATKAN DISIPLIN KERJA KARYAWAN PADA PT. PLN (PERSERO) AREA CIMAHI (Doctoral Dissertation, PERPUSTAKAAN). Setyningrum, F. Y., Arifin, Z., & Yulianto, E. (2016). Pengaruh Hedonic Motives terhadap Shopping Lifestyle dan Impulse Buying (Survei pada Konsumen Superindo Supermarket Yang Melakukan Impulse Buying). Jurnal Administrasi Bisnis, 37(1), 97-104. Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta Sumarwan, Ujang. 2014. Perilaku Konsumen: Edisi 2. Bogor: Ghalia Indonesia Susanti, N. I., & Wariati, A. (2013). ANALISIS LIFESTYLE MAHASISWA STIE “ADI UNGGUL BHIRAWA” SURAKARTA TERHADAP KEMANDIRIAN. KELOLA, 1(2), 14-27. Tambuwun, M. (2016). Shopping Lifestyle as intervening relation between hedonic motive and gender on impulse buying. International Journal of Business and Finance Management Research, 4, 9-16. Taslim, B., dan Septianna A., 2011, Pengaruh Knowledge Management Terhadap Kreativitas Tenaga Pendidik SMA Methodist 2 Palembang, Jurnal Ekonomi dan Informasi Akuntansi, Vol. 1 No. 2, Mei Triwidisari, A., Nurkhin, A., & Muhsin, M. (2017). The Relationships Between Instagram Social Media Usage, Hedonic Shopping Motives and Financial Literacy on Impulse Buying. Dinamika Pendidikan, 12(2), 170-181. Utami, C. W., 2010. Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern di Indonesia, Jakarta: Salemba. Varerina, T. (2010). Perilaku Pembelian Impulsif Produk Pakaian Masyarakat Urban di Kota Jakarta dan Bandung (Doctoral dissertation, Tesis). http://www.infodanpengertian.com/2015/04/pengertian-motivasi-hedonis.html diakses pada jam 15.00 senin 22 april 2020 citation: Nugraha, Riyan Wahhab (2022) Pengaruh Hedonic Motivation dan Shopping Lifestyle terhadap Impulse Buyying E - Commerce Lazada. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29512/1/FEB_MNJ_1502025229_Riyan%20Wahhab%20Nugraha.pdf