eprintid: 29500 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3857 dir: disk0/00/02/95/00 datestamp: 2023-10-03 07:34:43 lastmod: 2023-10-10 02:10:43 status_changed: 2023-10-03 07:34:43 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Rosyidah, Ghina title: Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial dan Motivasi terhadap Minat Berwirausaha pada Mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka ispublished: pub subjects: HD divisions: Manajemen abstract: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari setiap variabel yang diteliti, yakni antara Pemanfaatan Media Sosial dan Motivasi terhadap Minat Berwirausaha. Penelitian ini menggunakan metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Prof. DR. HAMKA yang berjumlah 160 mahasiswa. Teknik pemilihan sampel dilakukan dengan dengan purposive sampling maka didapat sampel berjumlah 114 orang sebagai responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan pengukurannya menggunakan skala likert. Teknik pengolahan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji kualitas data, analisis linier berganda, uji asumsi klasik, analisis koefisien korelasi, analisis koerfisien determinasi dan uji hipotesis. Kemudian data diproses menggunakan analisis regresi linier berganda dengan diolah menggunakan SPSS 22. Hasil penelitian dengan taraf signifikansi 5% menemukan bahwa: (1) Pemanfaatan Media Sosial berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap Minat Berwirausaha, (2) Motivasi berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap Minat Berwirausaha, dan (3) Pemanfaatan Media Sosial dan Motivasi secara simultan berpengaruh dan signifikan terhadap Minat Berwirausaha. date: 2020-12-19 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka department: Fakultas Ekonomi dan Bisnis thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: AA. Anwar Prabu. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Alfaruk, M. H. (2017). Pengaruh Pemanfaatan Sosial Media, Motivasi dan Pengetahuan Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Ekonomi di Universitas Muhammadiyah Sidorjo. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 4(2), 164-172. Amri, Khusnul. (2011). Pengaruh Keterampilan Guru Mengelola Kelas Menurut Persepsi Siswa Terhadap Minat Belajar Pkn Siswa di SMK Negeri 1 Bandar Lampung Tahun 2011/2011. Universitas Lampung. Basrowi. (2016). Kewirausahaan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Ermawati, E, & Widodo, J. (2015). Pengaruh Pengetahuan Wirausaha dan Kepercayaan Diri terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI Jurusan Pemasaran SMK Negeri 2 Semarang Tahun Ajaran 2014/2015. Economic Education Analysis Journal, 4(3). Franky, Dkk. (2016). Dasar-dasar Kewirausahaan Teori dan Prakti. Edisi ke-2. Jakarta: Indeks. Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi Ketujuh. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Gunelius, Susan. (2015). 30-Minute Social Media Marketing. United States: McGraw-Hill Companies. Hamali, A, Y., & Budihastuti, E, S. (2017). Pemahaman Kewirausahaan: Strategi Mengubah Pola Pikir “Orang Kantoran” Menuju Pola Pikir “Wirausahawan” Sukses. Depok: Kencana. Iswandari, A. (2017). Pengaruh Motivasi Instrinsik, Pengetahuan Kewirausahaan, Dan Kepribadian Terhadap Minat Berwirausaha Pada Siswa Smkn 12 Surabaya. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 1,(2), 152-162. Jagongo, A., & kinyua, C. (2013). The Social Media and Enterpreneurship Growth. International Journal of Humanities and Social Science, 3(10), 213-227. Kadir. (2015). Statistika Terapan: Konsep, Contoh, dan Analisa Data dengan Program SPSS/Lisrel dalam Penelitian. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada. Kasmir. (2012). Kewirausahaan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Koranti, K. (2013). Analisis pengaruh Faktoreksternal Dan Internel Terhadap Minat Berwirausaha. Prosiding PESAT, 5. Marinič, P., Záthurecký, V., & Špičák, O. (2015). Motivation of University Students as Future Entrepreneurs. Central European Journal of Management, 1(2). Meri, R. (2015). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XII Kompetensi Keahlian Pemasaran SMK Negeri Bisnis Dan Manajeman Kota Padang. Econimika, 4(1), 75-86. Mustofa, A, M. (2014). Pengaruh Pengetahuan Kewiraushaan, Self Efficacy, dan Karakter Wirausaha Terhadap Minat Berwirausaha Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Depok Kabupaten Sleman. Yogyakarta: eprints UNY. Nasrullah, Rulli. (2015). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media. Pakuningjati, Lintang Anindita. (2015). Pengelolaan Medi Sosial Dalam Mewujudkan Good Govermance (Studi Kasus Pengelolaan Media Sosial Sebagai Sarana Aspirasi dan Pengaduan Rakyat Secara Online Oleh Deputi I Kantor Staf Presiden. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Gajah Mada. Priambaga, S. (2015). Manfaat penggunaan media sosial pada usaha kecil menengah (UKM). SESINDO 2015, 2015. Purnomo, M. T. (2016). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan dan Lingkungan Sosial terhadap Minat Wirausahaan Siswa Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Seyegan. E-Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif-S1, 14(2). Rosmiati, R., Junias, D. T. S., & Munawar, M. (2015). Sikap, Motivasi, dan Minat Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Manajeman dan Kewirausahaan, 17(1), 21-30. Siswanto, T. (2013). Optimalisasi sosial media sebagai media pemasaran usaha kecil menengah. Liquidity, 2(1),80-86. Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Susanto, Ahmad. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group. Trihatmoko, A., & Harsono, M. (2017). Kewirausahaan: Membentuk dan Mengembangkan Unit Bisnis Handal dan Mapan. Yogyakarta: UPP STIM YKPN. Wukir. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi Sekolah. Yogyakarta: Multi Presindo. Dialysocial.id Diperoleh pada tanggal 26 Desember 2018. citation: Rosyidah, Ghina (2020) Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial dan Motivasi terhadap Minat Berwirausaha pada Mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29500/1/FEB_MNJ_1402015073_Ghina%20Rosyidah.pdf