eprintid: 29462 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/02/94/62 datestamp: 2023-09-28 03:36:00 lastmod: 2023-09-28 03:36:00 status_changed: 2023-09-28 03:36:00 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Adang, Adang title: Evaluasi Program Magang Agribisni Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Darul Fallah Bogor Tahun 2019 ispublished: pub subjects: C divisions: 86104 keywords: Evaluasi, Program , Magang Agribisnis abstract: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pelaksanaan magang, (2) mengetahui hasil pelaksanaan magang, dan (3) mengetahui tingkat kesesuaian antara hasil dengan tujuan mangang sekolah MA. Darul Fallah Bogor. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan pendekatan model (CIPP) Context, Input, Process, Product. Penelitian ini dilaksanakan di sekolah MA. Darul Fallah Bogor kompetensi Agribisnis. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, pembimbing magang, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan studi dokumentasi, observasi dan wawancara. Data analisis menggunakan model analisis interaktif yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Komponen Context, semua kebijakan yang telah ditetapkan untuk pelaksanaan program Magang Agribisnis pada komponen Context sudah memenuhi syarat. Komponen Input, semua standar kriteria yang telah ditetapkan untuk pelaksanaan program Magang Agribisnis pada komponen input sudah baik namun terdapat komponen yang belum terpenuhi terkait pembimbing tambahan untuk menunjang kegiatan program Magang Agribisnis ke arah yang lebih baik. Komponen Process, terdapat beberapa standar yang tidak terlaksana seperti tidak dilaksanakannya kegiatan musyawarah, guru kelas/mata pelajaran belum sepenuhnya melaksanakan pendampingan dengan baik, masih terdapat guru yang tidak mendampingi peserta didik, memberikan arahan, ataupun memonitoring terkait program magang. Komponen Product, standar yang telah ditetapkan berdasarkan komponen product sudah baik namun ketidak optimalan terjadi pada partisipasi masyarakat sebagai pengawas tidak berjalan dengan baik. date: 2019-12-16 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: Sekolah Pascasarjana UHAMKA thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: A. Ghani Abd. Rahman. (2006). Evaluasi Pembelajaran Suatu Tinjauan Teoritis. Dalam Evaluasi Pendidikan: Konsep dan Aplikasi. Setiadi, Hari., Ghani. Abd. Rahman A., Suyatno (Ed). Jakarta: Uhamka. Press hal 70 Arikunto Suharsimi dan Abdul Jabar, Cepi Safrudin. 2008. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. hal 3 Arikunto Suharsimi & Cepi Safrudin Abdul Jabar. (2014). Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoritis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan, Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara. hal 4 Arikunto Suharsimi. (2014). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Edisi Ketiga. Jakarta: Bumi Aksara. hal 18 Arikunto Suharsimi. (2010). Prosedur Pendidikan Suatu Pendekatan Sistem. Jakarta: Rineka Cipta. hal 25 AfandiAnas (2007) dalam tesisnya berjudul Evaluasi Pelaksanaan Prakerin Siswa SMK Program Keahlian Teknik Bangunan di Kota Makasar, hasil dari penelitiannya keterampilan dasar dalam bekerja secara praktis yang dimiliki siswa masih kurang. Badan Pusat Statistik Provinsi DIY. (2016). Keadaan Angkatan Kerja Daerah Istimewa Yogyakarta, Agustus 2016. Diakses dari yogyakarta.bps.go.id pukul 11:45 WIB pada 24 mei 2019. Banda Aceh Jurnal Administrasipendidkan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala volum 3, No 2, Mei 2015 Bernadatte,Robinson. (2002). CIPP to Approach Evaluation. Ohio: Collit Project. Muslih. “Analisis Efektivitas Program Magang untuk Sinkronisasi Link and Match Perguruan Tinggi dengan Dunia Industri.” Jurnal Manajemen dan Bisnis. Volume 14. Nomor 01, April 2014. hal. 64. Gustion Doni (2012) dalam tesisnya berjudul Evaluasi Program Praktik Kerja Industri di SMK Negeri 1 Palembayan, hasil dari penelitian ini materi yang diberikan kepada siswa kurang, tidak adanya monitoring siswa yang berada di luar kota, tetapi dari tingkat ketercapaian dikatagorikan baik dari sisi masukan, proses, dan hasil baik. Hamalik Oemar. (2005). Pengembangan Sumber Daya Manusia Manajemen Pelatihan Ketenagakerjaan Pendekatan Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara. 2007 hal 25 Ihsanudin Muhammad. 2016. evaluasi program ekstrakurikuler keahlian di SMK Muhammadiyah prambanan. Universitas Negeri Yogyakarta 27 Kaswan. (2011). Pelatihan dan Pengembangan untuk Meningkatkan Kinerja SDM.Bandung: Alfabeta. hal 34 Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 323/U/1997 Tentang Kerjasama SMK dengan Dunia Usaha / Dunia Industri (DU/DI). Meningkatnya Aka Pengangguran, edukasi.kompasiana.com diakses pukul 08-28 WIB tanggal 22 mei 2019 Manjemen Pelatihan Ketenagakerjaan Pendekatan Terpadu: Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara. hal 34 Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor PER.22/MEN/IX/2009 tentang Penyelenggaraan Pemagangan di Dalam Negeri. Prasetyo Beni (2013) dalam Tesisnya berjudul Evaluasi Pelaksanaan Praktik Kerja Industri Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMKN 2 Klaten, hasil penelitiannya proses pembimbingan terhadap peserta prakerin masih kurang, kurangnya kompetensi keahlian yang dimiliki lulusan SMK. SudjanaDjuju. (2006). Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya. hal 19 Sidi Jayuz 2013. hisyamjayuz. (2013)diakses pukul 08-28 WIB tanggal 28 mei 2019 Stufflebeam, Daniel L., dan Anthony J. Shinkfield. 1985. Systematic Evaluation.Boston: Kluwer-Nijhoff Publishing. hal 195 Suryosubroto. (2004). Manajemen traning: buku pegangan kuliah untuk mahasiswa perogram studi manajemen pendidikan. Yogyakarta: perpustakaan FIP UNY Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. hal 72 Tayibnapis Yusuf Farida. (2008). Evaluasi Program dan Instrumen Evaluasi untuk Program Pendidikan dan Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. hal 4 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. wikipedia.org/wiki/Pendidikan_di_Indonesia diakses pukul 07-20 WIB tanggal 25 mei 2019 citation: Adang, Adang (2019) Evaluasi Program Magang Agribisni Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Darul Fallah Bogor Tahun 2019. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29462/1/SPS_MAP_1709037060_ADANG.pdf