eprintid: 29460 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3857 dir: disk0/00/02/94/60 datestamp: 2023-09-28 03:29:01 lastmod: 2023-09-28 03:29:01 status_changed: 2023-09-28 03:29:01 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Riyantomo, Randhika Riza title: Pengaruh Pemahaman Informasi Akuntansi, Penetapan Harga, Lokasi, Organisasi dan Pemahaman Teknologi Digital terhadap Kemajuan UMKM (Fokus Penelitian kepada Pelaku Bisnis Foodtruck) ispublished: pub subjects: HG divisions: Akuntansi abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Informasi Akuntansi, Harga, Lokasi, Organisasi, Teknologi Digital terhadap Kemajuan UMKM. Populasi penelitian ini sebanyak 63 pemilik foodtruck baik yang mengikuti organisasi maupun yang tidak seluruh indonesia. Metode yang digunakan penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, sehingga diperoleh 55 (lima puluh lima) pemilik foodtruck. Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah analisis akuntansi, analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan SPSS versi 26. Hasil penelitian ini secara parsial menunjukkan bahwa Informasi Akuntansi dan teknologi digital berpengaruh secara tidak signifikan terhadap Kemajuan UMKM. Sedangkan variabel Harga, Lokasi, dan Organisasi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemajuan UMKM. Informasi Akuntansi, Harga, Lokasi, Organisasi, dan Teknologi Digital secara simultan berpengaruh positif terhadap Kemajuan UMKM, yang diterima dengan nilai R Square yaitu sebesar 0.523 yang berarti bahwa Kemajuan UMKM dapat dijelaskan oleh Informasi Akuntansi, Harga, Lokasi, Organisasi, dan Teknologi Digital sebesar 52,3% sedangkan sisanya sebesar 47,7% (100%-52,3%) dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model regresi lain seperti latar belakang, latar pendidikan , dan umur pemilik foodtruck. Diharapkan bagi peneliti selanjutnya, dapat mengganti ataupun menambah variabel bebas yang dapat mempengaruhi Kemajuan UMKM seperti latar belakang pemilik foodtruck atau memperluas area sebaran sampel agar memberikan pengaruh yang signifikan. date: 2022 date_type: completed full_text_status: public pages: 33 institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: FEB thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Wibowo, A., & Kurniawati, E. P. (2015). Pengaruh penggunaan informasi akuntansi terhadap kemajuan usaha kecil menengah (Studi pada sentra konveksi di Kecamatan Tingkir Kota Salatiga). Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 18(2), 107-126. Anggara, S. K., & Wibowo, R. Y. C. (2015). Pengaruh Informasi Akuntansi terhadap Kemajuan Usaha Kecil dan Menengah Studi pada UKM Pengrajin Kulit di Bantul. Jurnal REKSA: Rekayasa Keuangan, Syariah dan Audit, 4(2), 190-212. Hadi, M. (2016). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan Informasi Akuntansi pada UMKM di Kabupaten Sragen (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta). Budyanto, K. A. (2019). PENGARUH PRODUK, HARGA, PROMOSI DAN LOKASI TERHADAP KEMAJUAN USAHA (Doctoral dissertation, Universitas Ciputra Surabaya). Prasatya, F. A., Muhandri, T., & Cahyadi, E. R. (2017). Faktor Kemajuan Usaha UMKM Jajanan Asing Kaki Lima di Kota Serang. MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 12(2), 187-193. Ekasari, N., & Nurhasanah, N. (2018). Pengaruh Lokasi dan Kreativitas Terhadap Kemajuan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kawasan Wisata Gentala Arasy Kota Jambi. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 2(1), 1-15. DEWI, M., Ferawati, R., & Badaruddin, B. (2019). Pengaruh Lokasi Usaha, Modal Usaha Dan Strategi Pemasaran Terhadap Kemajuan Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Kuliner Di Kota Jambi (Doctoral dissertation, UIN Sulthan Thaha Saifuddin). Alvionita, A., & Ie, M. Pengaruh Konteks Teknologi, Konteks Organisasi Dan Konteks Lingkungan Terhadap Adopsi Media Sosial Bagi Umkm. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis, 5(1), 214-224. Wikusna, W. (2019). Pembangunan Profil Organisasi Komunitas Umkm Berbasis Content Management System Dan Pelatihan Pengelolaan Content Untuk Meningkatkan Kemampuan Kewirausahaan. Charity: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1). Hendrawan, A., Yulianeu, A., Sucahyawati, H., & Indriyani, I. (2018). Pengembangan Kompetensi UMKM dengan Pembelajaran Organisasi. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 1(4), 489-496. Asrida, P. D. (2019, January). The Impact of Accounting Knowledge and Training towards The Use of Accounting Information on The Owners of MSME in Badung. In Proceedings of the International Conference on Tourism, Economics, Accounting, Management, and Social Science (TEAMS 2018). Santosa, I. M. E. S., & Wulandari, P. R. (2019). Accounting Information of Micro, Small, Medium Enterprise in Gianyar Regency. International Journal Of Sustainability, Education, And Global Creative Economic (IJSEGCE), 2(3), 368-376. Ramadani, V., Zendeli, D., Gerguri-Rashiti, S., & Dana, L. P. (2018). Impact of geomarketing and location determinants on business development and decision making. Competitiveness Review: An International Business Journal. Hasibuan, D. H., & Wahyuningsih, D. (2018). MSME: The Role of Production Management in Determining Competitive Selling Prices. In International Conference On Accounting And Management Science 2018 (pp. 241-251). Higashi, S. Y., de Queiroz Caleman, S. M., de Aguiar, L. K., & Manning, L. (2020). What causes organizations to fail? A review of literature to inform future food sector (management) research. Trends in Food Science & Technology, 101, 223-233. citation: Riyantomo, Randhika Riza (2022) Pengaruh Pemahaman Informasi Akuntansi, Penetapan Harga, Lokasi, Organisasi dan Pemahaman Teknologi Digital terhadap Kemajuan UMKM (Fokus Penelitian kepada Pelaku Bisnis Foodtruck). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29460/1/FEB_AKT_1802015161_Randhika%20Riza%20Riyantomo.pdf