eprintid: 29451 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3857 dir: disk0/00/02/94/51 datestamp: 2023-09-28 03:06:19 lastmod: 2023-10-10 02:04:15 status_changed: 2023-09-28 03:06:19 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Nazhif, Abdurrahman title: Persepsi Konsultan Pajak Memandang Motivasi, Loopholes, dan CSR terhadap Keinginan Melakukan Tax Planning ispublished: pub subjects: HG divisions: Akuntansi abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi konsultan pajak memandang Motivasi (X1), Loopholes (X2), dan CSR (X3) terhadap keinginan melakukan Tax Planning (Y). Populasi dalam penelitian ini yaitu karyawan PT Pratama Indomitra Konsultan. Sampel yang digunakan sebagai responden yaitu karyawan PT Pratama Indomitra Konsultan sebanyak 60 orang. data yang digunakan adalah data primer berupa kuesioner. Pengolahan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda, yang diolah dari data primer dengan menggunakan software SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Motivasi memiliki nilai signifikansi t hitung sebesar 3,961 > nilai t tabel yaitu 2,003, Loopholes memiliki nilai signifikansi t hitung sebesar 2,006 > nilai t tabel yaitu 2,003, dan CSR memiliki nilai signifikansi t hitung sebesar 0,762 < nilai t tabel 2,003. Tax Planning memiliki nilai signifikansi F sebesar 0,000 < 0,05. Dan memiliki nilai Adjusted R Square sebesar 0,430 atau sama dengan 43%, sedangkan sisanya yaitu 57% dipengaruhi oleh variabel lain atau variabel yang tidak diteliti pada penelitian ini. Oleh sebab itu, disarankan untuk penelitian selanjutnya sebaiknya menambahkan variabel independen lainnya ataupun menggunakan variabel lain yang dapat berpengaruh dengan variabel dependen yaitu tax planning, agar semakin bervariatif variabel yang digunakan dan semakin banyak sampel yang digunakan maka semakin baik data dan hasil penelitiannya. date: 2022 date_type: completed full_text_status: public pages: 32 institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: FEB thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Afifi, H. J. N. (2017). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI WAJIB PAJAK MELAKUKAN TAX PLANNING. Jurnal Fakultas Rkonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Agnesa, P. (2017). Pengaruh Kebijakan Perpajakan, Administrasi Perpajakan, Tarif Pajak dan Loopholes terhadap Motivasi Manajemen Dalam Melakukan Tax Planning. Jurnal Online Mahasiswa, 4(1), 14. Cooper, M., & Nguyen, Q. T. K. (2019). Understanding the interaction of motivation and opportunity for tax planning inside US multinationals: A qualitative study. Journal of World Business, 54(6), 101023. https://doi.org/10.1016/j.jwb.2019.101023 Cooper, M., & Nguyen, Q. T. K. (2020). Multinational enterprises and corporate tax planning: A review of literature and suggestions for a future research agenda. International Business Review, 29(3), 101692. https://doi.org/10.1016/j.ibusrev.2020.101692 Darmayasa, I. N., & Aneswari, Y. R. (2015). The Ethical Practice of Tax Consultant Based on Local Culture. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 211(September), 142–148. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.11.021 Fibria Anggraini dan Puji Lestari. (2019). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI WAJIB PAJAK BADAN Fibria Anggraini Puji Lestari Program Studi Informatika , FTIK Universitas Indraprasta PGRI. 11(2), 156–164. Fleming, P., & Jones, M. T. (2013). The End of Corporate Social Responsibility: Crisis and Critique. SAGE. Ftouhi, K., & Ghardallou, W. (2020). International tax planning techniques: a review of the literature. Journal of Applied Accounting Research, 21(2), 329–343. https://doi.org/10.1108/JAAR-05-2019-0080 Graham, S. (2020). An attributional theory of motivation. Contemporary Educational Psychology, 61(xxxx), 101861. https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2020.101861 Heather M. Field. (2018). A TAXONOMY FOR TAX LOOPHOLES. 63. https://repository.uchastings.edu/faculty_scholarship/1665%0A Herawati, H., & Ekawati, D. (2016). Pengaruh Perencanaan Pajak Terhadap Nilai Perusahaan (The Effect of Tax Planning on Firm Value). Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 4(1), 873–884. Herwati, E. B., & Kumala, R. (2021). INTERNATIONAL JOURNAL OF TRENDS IN Analysis of The Implementation of Tax Planning in Efforts to Save Corporate Income Tax Expense in PT GMT Year 2017. 2(1), 130–139. Hidayat, A., & Yuliah, N. (2018). the Effect of Good Corporate Governance and Tax Planning on Company Value. Eaj (Economics and Accounting Journal), 1(3), 234. https://doi.org/10.32493/eaj.v1i3.y2018.p234-241 Hjelström, T., Kallunki, J. P., Nilsson, H., & Tylaite, M. (2020). Executives’ Personal Tax Behavior and Corporate Tax Avoidance Consistency. European Accounting Review, 29(3), 493–520. https://doi.org/10.1080/09638180.2019.1642222 Ikatan Konsultan Pajak Indonesia. (2020). Standar Profesi Konsultan Pajak. Ilyas, Wirawan B., Richard Burton, Hukum Pajak Edisi 6 : Salemba Empat, Jakarta 2013. Itjang D Gunawan, R. R. D. (2019). The Implications Of CSR And GCG On Tax Avoidance. Jurnal Akuntansi, 23(2), 195. https://doi.org/10.24912/ja.v23i2.577 Katuuk, D., Manossoh, H., & Walandouw, S. K. (2017). Pengaruh Integritas Dan Kreativitas Konsultan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Going Concern : Jurnal Riset Akuntansi, 12(2), 1–8. https://doi.org/10.32400/gc.12.2.17383.2017 Khairannisa, D., & Cheisviyanny, C. (2019). Analisis Peranan Konsultan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Memenuhi Kewajiban Perpajakan. Jurnal Eksplorasi Akuntansi, 1(3), 1151–1167. https://doi.org/10.24036/jea.v1i3.133 Makhfudloh, F., Herawati, N., & Wulandari, A. (2018). Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Perencanaan Agresivitas Pajak. Jurnal Akuntansi Dan Bisnis, 18(1), 48. https://doi.org/10.20961/jab.v18i1.235 Marjit, S., Seidel, A., & Thum, M. (2017). Tax Evasion, Corruption and Tax Loopholes. German Economic Review, 18(3), 283–301. https://doi.org/10.1111/geer.12107 Morsing, M., & Spence, L. J. (2019). Corporate social responsibility (CSR) communication and small and medium sized enterprises: The governmentality dilemma of explicit and implicit CSR communication. Human Relations, 72(12), 1920–1947. https://doi.org/10.1177/0018726718804306 Noviari, N., & Suaryana, G. N. A. (2020). Tax Planning To Increase The Value of The Company. E-Jurnal Akuntansi, 30(1), 194–201. Ortas, E., & Gallego-Álvarez, I. (2020). Bridging the gap between corporate social responsibility performance and tax aggressiveness: The moderating role of national culture. Accounting, Auditing and Accountability Journal, 33(4), 825–855. https://doi.org/10.1108/AAAJ-03-2017-2896 PMK. (2014). Persyaratan Serta Pelaksanaan Hak dan Kewajiban Seorang Kuasa. No 229/PMK.03/2014. Pohan, C. A. (2017). manajemen perpajakan strategi perencanaan dan bisnis. PT Gramedia Pustaka Utama. Priyanto, S. A., Rusmana, O., & Ahmad, A. A. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perencanaan Pajak Pada Perusahaan-Perusahaan Dalam Indeks Saham Syariah Indonesia (Issi) Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Akuntansi, 22(3), 333–344. https://doi.org/10.32424/jeba.v22i3.1642 Rahayu, S. K. (2017). Perpajakan Indonesia: Konsep dan Aspek Formal. Rekayasa Sains. Ratnawati, V., Sari, R. N., & Panggabean, R. P. P. (2020). Analysis of Tax Planning on Corporate Taxpayer At Kpp Pratama Tampan in Pekanbaru City. 4(2), 126–141. Rezeki, S. V., & Vegirawati, T. (2021). Pengaruh pengetahuan undang-undang pajak penghasilan dan pengetahuan loopholes wajib pajak orang pribadi terhadap perencanaan pajak. 3, 173–180. https://doi.org/10.20885/ncaf.vol3.art15 Richardson, G., Wang, B., & Zhang, X. (2016). Ownership structure and corporate tax avoidance: Evidence from publicly listed private firms in China. Journal of Contemporary Accounting and Economics, 12(2), 141–158. https://doi.org/10.1016/j.jcae.2016.06.003 Rochmat Soemitro. Dasar-dasar Hukum Pajak dan Pajak Pendapatan 1994, Eresco, Jakarta-Bandung, Hal 23, di kutip dari Mustaqiem, Perpajakan dalam Konteks Teori dan Hukum Pajak di Indonesia, Cetakan I, Buku Litera, Yogyakarta, 2014. Rosdiana, Haula dan Edi Slamet Irianto. 2013. Pengantar Ilmu Pajak : Kebijakan dan Implementasi di Indonesia. Jakarta : Rajawali Pers. Saptono, prianto budi. (2016). manajemen pajak teori dan aplikasi. PT Pratama Indomitra Konsultan. Saptono, prianto budi. (2017). buku pintar pajak. PT Pratama Indomitra Konsultan. Suandy, E. (2016). perencanaan pajak (6th ed.). Salemba Empat. Sudirman, & Muslim, M. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Manajemen Perusahaan Melakukan Tax Planning. Center of Economic Student Journal, 1(1), 1–13. https://www.jurnal.fe.umi.ac.id/index.php/PARADOKS/article/view/92 Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT Alfabet. Sundari, R. (2020). Pengaruh Kepatuhan Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Perencanaan Pajak (Tax Planning) Pada Wajib Pajak Badan Yang Terdaftar Di Kpp Pratama Bandung Bojonagara. Ekspansi: Jurnal Ekonomi, Keuangan, Perbankan Dan Akuntansi, 12(1), 1–12. https://doi.org/10.35313/ekspansi.v12i1.1672 Tarsono, O. (2018). PENGARUH PERENCANAAN PAJAK ( TAX PLANNING ) ATAS ASET TETAP TERHADAP LABA PADA PT . LEADING GARMENT. 27(02), 100–120. W, D. G., & Ghozali, I. (2017). HUBUNGAN PENERAPAN CORPORATE GOVERNANCE DAN SOCIAL CORPORATE TERHADAP MANAJEMEN PAJAK (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2015). HUBUNGAN PENERAPAN CORPORATE GOVERNANCE DAN SOCIAL CORPORATE TERHADAP MANAJEMEN PAJAK (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2015), 6(3), 503–514. Wulandari, D., Putra, E. D., Safitri, N. L., Mayuni, R. A., & Cahyani, Y. (2020). PENGARUH MANAGERIAL OWNERSHIP , CORPORATE GOVERNANCE DAN CSR TERHADAP TAX AGRESIVITAS. Prosiding Pekan Ilmiah Mahasiswa (PIM), 1(2). Yadav, R. S., Dash, S. S., Chakraborty, S., & Kumar, M. (2018). Perceived CSR and Corporate Reputation: The Mediating Role of Employee Trust. Vikalpa, 43(3), 139–151. https://doi.org/10.1177/0256090918794823 Zeng, T. (2019). Relationship between corporate social responsibility and tax avoidance: international evidence. Social Responsibility Journal, 15(2), 244–257. https://doi.org/10.1108/SRJ-03-2018-0056 citation: Nazhif, Abdurrahman (2022) Persepsi Konsultan Pajak Memandang Motivasi, Loopholes, dan CSR terhadap Keinginan Melakukan Tax Planning. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29451/1/FEB_AKT_1802015131_Abdurrahman%20Nazhif.pdf