eprintid: 29445 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/02/94/45 datestamp: 2023-09-28 02:31:41 lastmod: 2023-09-28 02:31:41 status_changed: 2023-09-28 02:31:41 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Dewi, Wanda Cynthia title: Hubungan antara Kepemimpinan Transformasional dan Komunikasi Interpersonal Kepala Sekolah dengan Etos Kerja Guru Sekolah Dasar di Gugus 3 SD Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur ispublished: pub subjects: C divisions: 86104 keywords: Kepemimpinan Transformasional, Komunikasi Interpersonal, Etos Kerja abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepemimpinan transformasional dan komunikasi interpersonal kepala sekolah secara bersama-sama dengan etos kerja guru Sekolah Dasar di gugus 3 SD Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur. Penelitian dilaksanakan pada Sekolah Dasar di gugus 3 SD Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur. Populasi dalam penelitian berjumlah 211 orang guru. Teknik pengambilan sampel menggunakan Proportional Random Sampling dengan rumus Slovin sehingga diperoleh jumlah sampel 138 guru. Data dianalisis dengan statistik deskriptif. Pengujian persyaratan statistik meliputi pengujian validitas dan reliabilitas, pengujian normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedasitas. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis korelasi dan regresi sehingga diperoleh persamaan regresi, uji linearitas, uji signifikansi regresi, koefisien korelasi dan determinasi, serta uji signifikansi koefisien korelasi parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Terdapat hubungan yang positif antara kepemimpinan transformasional kepala sekolah (X1) dengan etos kerja guru (Y) dengan persamaan regresi Ŷ = 19,689 + 0,875X1 yang linear dan signifikan. Nilai koefisien korelasi antara variabel tersebut sebesar 0,809. Nilai koefisien determinasi diperoleh 0,655 yang berarti 65,5% variabel etos kerja guru bisa dijelaskan dari variabel kepemimpinan transformasional kepala sekolah. Besarnya nilai Fhitung = 258,062 > Ftabel = 3,91 dengan nilai Sig = 0.000 < 0.05, hal ini menunjukkan bahwa hubungan antara kedua variabel tersebut siginifikan. Kedua, Terdapat hubungan yang positif antara komunikasi interpersonal kepala sekolah (X2) dengan etos kerja guru (Y) dengan persamaan regresi Ŷ = 51,795 + 0,667 X2 yang linear dan signifikan. Nilai koefisien korelasi antara variabel tersebut sebesar 0,720. Nilai koefisien determinasi diperoleh 0,519 yang berarti 51,9% variabel etos kerja guru bisa dijelaskan dari variabel komunikasi interpersonal kepala sekolah. Besarnya nilai Fhitung = 146,548 > Ftabel = 3,91 dan nilai Sig = 0.000 < 0.05, hal ini menunjukkan bahwa hubungan antara kedua variabel tersebut siginifikan. Ketiga, Terdapat hubungan yang positif antara kepemimpinan transformasional kepala sekolah (X1) dan komunikasi interpersonal kepala sekolah (X2) secara bersama-sama dengan etos kerja guru (Y) dengan persamaan regresi Ŷ = 17,183 + 0,658X1 + 0,253X2 yang signifikan. Nilai koefisien korelasi variabel tersebut secara bersama-sama dengan etos kerja guru sebesar 0,830. Nilai koefisien determinasi diperoleh 0,689 yang berarti 68,9% variabel etos kerja guru bisa dijelaskan dari variabel kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan variabel komunikasi interpersonal kepala sekolah. Besarnya nilai Fhitung = 149,762 > Ftabel = 3,06 dan nilai Sig = 0.000 < 0.05, hal ini menunjukkan bahwa hubungan antara variabel kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan komunikasi interpersonal kepala sekolah secara bersama-sama dengan etos kerja guru tersebut siginifikan. date: 2019-12-04 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: Sekolah Pascasarjana UHAMKA thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: A.Chairil, Muhammad Darwis, Jamaluddin. 2016. “Pengaruh fungsi kepemimpinan, terhadap motivasi kerja pegawai pada Kantor Dinas Pendidikan Di Kabupaten Sinjai.” Jurnal Office, Vol. 2 No.1, 2016 Andriani, Septi; Kesumawati, Nila; Kristiawan, Muhammad. 2018. The Influence Of The Transformational Leadership And Work Motivation On Teachers Performance. International Jornal of Scientific & Technology Research Volume 7, Issue 7, Juli 2018. ISSN 2277-8616 Anoraga, Panji. 2014. Psikologi Kerja. Jakarta: Rineka Cipta Apriana, I Putu Agus Putra; Natajaya, I Nyoman; Yudana; I Made. 2013. Kontribusi gaya kepemimpinan transformasional, iklim kerja, dan kecerdasan emosional terhadap kinerja guru di SMA Negeri 1 Mengwi. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Administrasi Pendidikan. Volume 4 Tahun 2013 Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Bangun, Wilson. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia 1, Jakarta: Erlangga Bush, Tony & Marianne Coleman. 2012. Manajemen Stategis Kepemimpinan Kependidikan. Yogyakarta: IRCiSoD Cangara, Hafied. 2015. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Choiron, Ali. 2015. Pengaruh Kompetensi profesional guru, efikasi diri, dan komunikasi interpersonal terhadap kinerja guru SMPN 1 Kerinci Kanan Kabupaten Siak. Jurnal Jom FEKON Vol. 2 No. 1 Februari 2015 Damin, Sudarwan dan Suparno, 2012, Manajemen dan Kepemimpinan Transformasional Kekepalasekolahan; Visi dan Strategi Sukses Era Teknologi, Situasi Krisis, dan Internasionalisasi Pendidikan. Jakarta : Rineka cipta Dani, Irfan. 2014. “Pengaruh kompetensi kepemimpinan kepala sekolah dan gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap terhadap etos kerja Guru pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya”. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pascasarjana Administrasi Pendidikan. Volume 2, Nomor 1, Januari 2014 Darodjat, Tubagus Achmad. 2015. Pentingnya Budaya Kerja Tinggi Dan Kuat Absolutte. Bandung; PT.Refika Aditama Dewi, Vitha Prima. 2010. “Pengaruh Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah dan Disiplin Kerja Terhadap Etos Kerja Guru di SMP Negeri Kecamatan Cibatu Kabupaten Purwakarta.” Tesis. Bandung: UPI Dodi, dkk. 2013. Pengaruh Iklim Organisasi, Etos Kerja dan Disiplin terhadap Kinerja Karyawan serta Dampaknya pada Kinerja PT. Arun NGL Lhokseumawe Aceh. Jurnal Manajemen. Volume 2, No 1. pp 98 – 107. Aceh: Universitas Syiah Kuala Effendy; Onong Uchyana. 2013. Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya Fajriani, dkk. 2013. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Etos Kerja Guru terhadap Kinerja Guru. Jurnal Vol 1 No 1. pp 1 – 11. Surakarta: FKIP Universitas Sebelas Maret Fatmawati, Erma. 2014. “Kompetensi Guru Pascasertifikasi (Studi Evaluasi terhadap Guru MIN Sumbersari dan MIMA Condro Jember)”. Jurnal Edu-Islamika. Volume 6. No. 01. Maret 2014 Gay, Lorraine R; Geoffrey E.Mills and Peter W. Airasian. 2013. Educational Reseacrh: Competence for Analysis and Applications. Pearson: Prentice Hall Ginting D, 2014. Etos Kerja Panduan Menjadi Karyawan Cerdas. Jakarta: Elex Media Komputindo Hadiansyah, Andri, Yanwar, Rini Purnamasari. 2015. “Pengaruh etos kerja terhadap kinerja karyawan PT. AE.” Jurnal AL-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA, Vol .3, No. 2, September 2015 Handoko, Hani. 2014. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPEE. Harapan, Edi dan Syarwani Ahmad. 2016. Komunikasi Antar Pribadi. Jakarta: Raja Grafindo Persada Heriyanto, T. Priyono. 2012. Untaian Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Lembaga Penerbitan FE UI. Husaini, Usman. 2013. Manajemen (teori, praktik, dan riset pendidikan). Jakarta : Bumi Aksara Indica, I. 2013. Pengaruh etos kerja Islami dan gaya kepemimpinan transformasional terhadap komitmen organisasional dan kinerja karyawan (Studi Pada Waroeng STIKE And Shake di kota Malang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB. 1(2):110-121 Indrayani, Ni Made. 2018. “Hubungan antara kompetensi profesional guru dan etos kerja guru dengan efektivitas kerja guru Hindu di Kecamatan Seputih Raman Lampung Tengah.” Bina Manfaat Ilmu; Jurnal Pendidikan. Vol. 01, No. 04, Desember 2018. Jamma, Hubban. 2013. “Hubungan Gaya Kepemimpinan dan Kinerja dengan Etos Kerja Guru Sekolah Dasar di Kota Padang Panjang.” Jurnal al-Fikrah, Vol. I, No. 2, Juli-Desember 2013 Kencanawati. A.A.A.M, 2013, “Pengaruh Kepemimpinan, Etos Kerja, Motivasi dan Disiplin Terhadap Kinerja Pegawai Kantor Pekayanan Pajak Madya Denpasar.” Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan. Vol.9.No.1.Tahun 2013 Kuswaeri, Iwa. 2016. “Kontribusi kepemimpinan transformasional kepala aekolah terhadap motivasi kerja guru SMP Kabupaten Sumedang.” TANZHIM Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Vol.10 No.1 Tahun 2016 ISSN: 2548-3978 Lano. P. F. 2015. “Fungsi Kepemimpinan untuk mengurangi sikap arogansi pegawai.” JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik ISSN. 2442-6962 Vol. 4, No. 1 (2015) Liriwati, Fahrina Yustiasari. 2017. “Efektifitas Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Kinerja Guru” Al-ASASIYYA: Journal Of Basic Education Vol. 01 No. 02 Januari-Juni 2017 ISSN: 2548-9992 Ma’ruf. 2011. ” Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Etos Kerja terhadapDisiplin Guru SMK Negeri Kabupaten Lampung Tengah.” Tesis. Jakarta:Universitas Indonesia Masmuh, Abdullah. 2013. Komunikasi Organisasi: dalam perspektif teori dan praktek. Malang,: UPT Penerbitan Muhammadiyah Malang Muchtar, Muzhar. 2012. Etos Kerja dan Disiplin Nasional. Jakarta: Raja GrasindoPersada. Muhammad, Arni. 2013. Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara Mulyana, Deddy. 2013. Ilmu Komunikasi Suatu Penghantar. Bandung: RemajaRosda karya citation: Dewi, Wanda Cynthia (2019) Hubungan antara Kepemimpinan Transformasional dan Komunikasi Interpersonal Kepala Sekolah dengan Etos Kerja Guru Sekolah Dasar di Gugus 3 SD Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29445/1/SPS_MAP_1709037056_WANDA%20CYNTHIA%20DEWI.pdf