eprintid: 29442 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/02/94/42 datestamp: 2023-09-28 02:24:14 lastmod: 2023-09-28 02:24:14 status_changed: 2023-09-28 02:24:14 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Hikmawati, Siti title: Evaluasi Manajemen Dana BOS SDN Duri Kosambi 05 Petang di Kecamatan Cengkareng menggunakan Model Evaluasi Stake Countenance (antecedents, Process, dan output) tahun 2018. ispublished: pub subjects: C divisions: 86104 keywords: evaluasi, dana bos, stake countenance abstract: Tesis ini bertujuan untuk mengungkapkan Efektivitas Penggunaan Dana BOS SDN Duri Kosambi 05 Petang di Kecamatan Cengkareng menggunakan Model Evaluasi Stake Countenance. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah evaluasi kuantitatif, evaluasi ditujukan berdasarkan pada evaluasi program yang berorientasi pada implementasi program yang dirancang. Dalam penelitian ini analisis evaluasi program menggunakan model Stake Countenance (antecedents, Process, dan output). Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan angket. Wawancara dilakukan kepada kepala sekolah, bendahara dan siswa. Sedangkan angket disebar kepada guru dan siswa. Fokus penelitian pada Efektivitas Penggunaan Dana BOS SDN Duri Kosambi 05 Petang di Kecamatan Cengkareng Menggunakan Model Evaluasi Stake Countenance. Setelah pengumpulan data selesai selanjutnya diolah dengan teknik triangulasi data. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) Efektivitas penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) SDN Duri Kosambi Tahun 2018 ditinjau dari komponen Antecedent tergolong dalam kategori sangat baik, 2) Efektivitas penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) SDN Duri Kosambi 05 Tahun 2018 ditinjau dari komponen variabel transaction (proses) tergolong dalam kategori sangat baik, dan 3) Efektivitas penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) SDN Duri Kosambi 05 Tahun 2018 ditinjau dari komponen variabel output tergolong dalam sangat baik. date: 2019-12-04 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: Sekolah Pascasarjana UHAMKA thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: A. A Gede Agung. 2014. Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing. Arikunto. Suharsimi. 2009. Evaluasi Program Penidikan: Pedoman Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Badan Penelitian dan Pengembangan Kota Medan. (2012).Laporan Kajian Efektivitas Pemberian Dana BOS Tingkat SD dan SMP Negeri di Kota Medan Tahun Anggaran 2012. Bachtiar, Rayendra Wahyu. Model Evaluasi Countenance Stake Menggunakan Pendekatan Analisis Rasch Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Kolaboratif”, Saintifika, Jurusan PMIPA, FKIP, Universitas Jember, http://jurnal.unej.ac.id/index.php/STF Bhawa, Gede Andreyan Semara dkk. 2018. ”Efektivitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Pada Sekolah Dasar di Kecamatan Sukasada, Jurnal Pendidikan Ekobnomi Undiksha, Vol. 4 No.1, https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPE/article/view/4118/3243, diundung tanggal 29 Agustus 2019 Charles, Jones O,. 1994. Pengantar Kebijakan Public. Jakarta; Rajagrafindo. Dunn, William N. 2003. Pengantar Analisis Kebijakan Publik. Jogjakarta: Gajah Mada University Press. Gondikit, Jarisah dan Theresia, ”The Evaluation of Post PT3 Program Using Stake's Countenance Model”, Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJ-SSH), Volume 3, Issue 4 August 2018, www.msocialscience.com Harjanti, Rina., Yetty Supriyati, Wardani Rahayu, “Evaluation of Learning Programs at Elementary School Level of “Sekolah Alam Indonesia (SAI)”. (Evaluative Research Using Countenance Stake’s Model)”, American Journal of Educational Research, 2019, Vol. 7, No. 2, hlm. 125-132, http://pubs.sciepub.com/education/7/2/2 http://anan-nur.blogspot.co.id/2012/01/evaluasi-program-pendidikan-profdr. html di Download pada tanggal 25 Juli 2019 jam 09.20 WIB Ismail, Ma’ruf Akabar, Suparno Eko Widod, ” Evaluation of Structuring and Equalization Policy Implementation of Civil Servant Teachers Public Senior High Schools (SMA) and Vocational Schools (SMK)) in Banda Aceh the Province of Aceh”, International Journal of Scientific Research and Management (IJSRM), Volume||06||Issue||04||Pages||EL-2018-207- 219|, www.ijsrm.in ISSN (e): 2321-3418 Jaskarty, Etty., Gunawan Refiadi, ”Model Countenance Stake dalam Evaluasi Implementasi Kurikulum Fisika”, Prosiding SNIPS 2018, https://www.researchgate.net/publication/333101629 Jayson V, Eric. Asuncion and Tereso S. Tullao, Jr. 2018. Evaluation of Unified Student Financial Assistance System in Tertiary Education (UniFAST) in Addressing Capital Market Imperfection in the Philippines. Manila: De La Salle University. https://www.dlsu.edu.ph/wpcontent/ uploads/2019/03/complete.2018-02-049.pdf Lexy J. Moleong, 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Mardalis. 2010. Metode Penelitian. Jakarta: PT Bumi Aksara, hal. 64 Mulyasa, E.. 2011. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Nawawi, Hadari. 1985. Administrasi Pendidikan. Jakarta: PT Gunung Agung. Nawawi. Ismail. 2009. Public Policy. Analisis, Strategi advokasi teori dan praktek. Surabaya: ITS Press. Nugroho, Riant. 2009. Public Policy. (Jakarta: PT. Alex Computindo. Ostermann, Jan., et.al. 2014. ” Evaluation of Tunisia’s Education Benefit Program of PNAFN – FINAL REPORT”, https://www.unicef.org/evaldatabase/files/Evaluation_of_the_Education_ Benefit_Program_of_ PNAFN_in_Tunisia.pdf Evaluation of Tunisia’s Education Benefit Program of PNAFN – FINAL REPORT Sagala, Syaiful. 2013. Administrasi Pendidikan Kontemporer. Bandung: CV Alfabeta. _______ . 2013. Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta. Setyoko1, Allan., Billy Tunas, Widodo Sunaryo. 2016. ”Evaluation of School Operational Assistance by using CIPP Model in Indonesia Private Islamic Elementary School”, International Journal of Managerial Studies and Research (IJMSR), Volume 4, Issue 3, March 2016, PP 44-49, www.arcjournals.org Siswanto, ”Penerapan Model Evaluasi Stake (Countenance) Untuk Mengevaluasi Pembelajaran Dasar-Dasar Akuntansi”, Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. VIII. No. 1 – Tahun 2009, hlm. 10-17 Stufflebeam & Shienfield. 1985, Systematic Evaluation. Boston: Kluwer Nijhof Publishing. Stufflebeam, D. 2003. The CIPP model of evaluation. In T. Kellaghan, D. Stufflebeam & L. Wingate (Eds.), Springer international handbooks of education: International handbook of educational evaluation. Retrieved from http://www.credoreference.com.ezproxy.lib.ucalgary.ca/entry/spredev/the_ c ipp_model_for_evaluation. Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Bandung: Alfabeta. Suhardan, dkk. 2011. Manajemen Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, Sukardi. 2004. Metodologi Penelitian Pendidikan (Kompetensi dan Praktiknya). Jakarta: Bumi Aksara. Sutomo, dkk. 2011. Manajemen Sekolah. Semarang: UNNES PRESS. Wardani, dkk. 2010. Perspektif Pendidikan SD. Jakarta: Universitas Terbuka. citation: Hikmawati, Siti (2019) Evaluasi Manajemen Dana BOS SDN Duri Kosambi 05 Petang di Kecamatan Cengkareng menggunakan Model Evaluasi Stake Countenance (antecedents, Process, dan output) tahun 2018. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29442/1/SPS_MAP_1709037051_SITI%20HIKMAWATI.pdf