eprintid: 29380 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/02/93/80 datestamp: 2023-09-26 08:03:35 lastmod: 2023-09-26 08:03:35 status_changed: 2023-09-26 08:03:35 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Prasetyo, Gilar Aji title: Evaluasi Kegiatan Ekstrakurikuler di SMK Tanjung Jakarta Barat ispublished: pub subjects: C divisions: 86104 keywords: Evaluasi, Kegiatan Ekstrakurikuler, CIPP abstract: Tesis ini bertujuan untuk mengungkapkan Evaluasi Kegiatan Ekstrakurikuler Meningkatkan Mutu Sekolah di SMK Tanjung Jakarta Barat dengan menggunakan CIPP (Contex, Input, Process, dan Product). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah evaluasi kualitatif, evaluasi ditujukan berdasarkan pada evaluasi program yang berorientasi pada implementasi program yang dirancang. Dalam penelitian ini analisis evaluasi program menggunakan model CIPP (Contex, Input, Process, dan Product). Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Wawancara dilakukan kepada wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, coordinator kegaiatan ekstrakurikuler dan siswa. Fokus penelitian pada Evaluasi Kegiatan Ekstrakurikuler Meningkatkan Mutu Sekolah di SMK Tanjung Jakarta Barat dengan menggunakan CIPP (Contex, Input, Process, dan Product). Setelah pengumpulan data selesai selanjutnya diolah dengan teknik triangulasi data. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) Aspek konteks, secara keseluruhan dikategorikan baik, karena dari ketiga indikator yang diteliti, indikator (hakikat kegunaan kegiatan ekstrakulikuler, peraturan-peraturan pemerintah, dan kebutuhan masyarakat) dikategorikan sangat baik. Berlangsungnya kegiatan ekstrakulikuler terhadap lingkungan sekitar baik dari internal sekolah yakni siswa maupun masyarakat sekitar telah dikatakan sangat baik, 2) Aspek input, secara keseluruhan dapat dikategorikan baik, karena dari lima indikator yang diukur, satu indikator (kondisi siswa) dikategorikan sangat baik, tiga indikator (kompetensi guru pembina, materi pembelajaran, dan penunjang kegiatan ekstrakulikuler) dikategorikan baik, dan satu indikator dikategorikan kurang, 3) Aspek proses, secara keseluruhan dapat dikategorikan baik, karena dari tiga indikator yang diteliti, satu (keaktifan siswa) berkategori sangat baik, dan dua (pelaksanaan pembelajaran, evaluasi pembelajaran) berkategori baik maka secara keseluruhan dikategorikan baik, dan 4) Aspek produk, secara keseluruhan dapat dikategorikan sangat baik. Hal ini ditunjukkan dengan data dokumentasi prestasi lomba yang telah diikuti. date: 2019-12-04 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: Sekolah Pascasarjana UHAMKA thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: Arifin, Zainal. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Astuti, Tri. 2016. “Pelaksanaan Manajemen Mutu Kegiatan Ekstrakurikuler di SMK Negeri 1Purwokerto”, Skripsi, Purwokerto: IAIN Purwokerto. Daryanto, Administrasi dan Manajemen Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta, 2013. Direktorat Pembinaan SMA. 2010. Juknis Penyusunan Program Pengembangan Diri Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di SMA. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA. Farida Yusuf. 2008. Evaluasi Program Dan Instrumen Evaluasi. Jakarta: Rineka Cipta. Fattah, Nanang. 2004. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Gronlund, Norman E. 1981. Measurement and Evaluation in Teaching. New York: Macmillan Publishing, 1981. Muhaimin. 2009. Pengembangan Kurikulum PAI. Jakarta: Rajawali Pres. Nurgiyantoro, Burhan. 2012. Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE. Oktaviasari, Aining. 2011. ”Evaluasi Program Penyelenggaraan Makanan Di Madrasah Mu`Allimin Muhammadiyah Yogyakarta”, Skripsi, Yogyakarta: FT UNY. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81 A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum Popham, James. 1974. Evaluation In Education. California: Mr Cutrhan Publishing. Rusman. 2011. Manajemen Kurikulum. Jakarta: Rajawali Press. Saifudin Anwar. 1999. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Sudjana, Djudju. 2006. Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah, Bandung: Remaja Rosdakarya. Suharsimi dan Cepi. 2014. Evaluasi Program Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara Sukardi. 2008. Evaluasi Pendidikan (Prinsip Dan Operasionalnya). Jakarta: Bumi Aksara. Sukiman, 2012. Pengembangan Sistem Evaluasi. Yogyakarta: Insan Madani, 2012. Sukmaditana, Nana Syaodih. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Surapranata, Sumarna. 2006. Analisis, Validitas, Reliabilitas, dan Interpretasi Hasil Tes, Bandung: Remaja Rosdakarya. Suryosubroto, B.. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta. Suwartono. 2014. Dasar–Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakatya: CV Andi Offset. Syafaruddin. 2005. Manajemen Lembaga Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press. Tilaar. 2011. Manajemen Pendidikan Nasional. Jakarta: PT Bandung Remaja Rosdakarya. Tim Penyusun. 2008. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011. Widoyoko, Eko Putro. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. citation: Prasetyo, Gilar Aji (2019) Evaluasi Kegiatan Ekstrakurikuler di SMK Tanjung Jakarta Barat. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29380/1/SPS_MAP_1709037046_GILAR%20AJI%20PRASETYO.pdf