eprintid: 29377 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3857 dir: disk0/00/02/93/77 datestamp: 2023-09-26 06:42:16 lastmod: 2023-09-26 06:42:16 status_changed: 2023-09-26 06:42:16 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Pratiwi, Indah title: Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan, Risiko, dan Pengetahuan terhadap Minat Menggunakan Layanan E-Banking Dalam Bertransaksi (Studi Empiris pada UMKM di Kota Jakarta Timur) ispublished: pub subjects: HG divisions: Akuntansi abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kemudahan Penggunaan (X1), Kepercayaan (X2), Risiko (X3), dan Pengetahuan (X4) terhadap Minat Menggunakan Layanan E-Banking Dalam Bertransaksi (Y) (Studi Empiris Pada UMKM Di Kota Jakarta Timur). Variabel yang diteliti yaitu Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan, Risiko, dan Pengetahuan sebagai variabel bebas Minat Menggunakan Layanan E-Banking Dalam Bertransaksi sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini yaitu UMKM di Kota Jakarta Timur. Sampel yang digunakan sebagai responden yaitu UMKM Kota Jakarta Timur sebanyak 102 orang. Data yang digunakan adalah data primer berupa kuesioner. Pengolahan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda, yang diolah dari data primer dengan menggunakan SPSS 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kemudahan Penggunaan memiliki nilai signifikansi t 0,0012 < 0,05, Kepercayaan memiliki nilai signifikansi t 0,0161 < 0,05, Risiko memiliki nilai signifikansi t 0,0127 < 0,05, dan Pengetahuan memiliki nilai signifikansi t 0,0171 < 0,05. Minat Menggunakan Layanan EBanking Dalam Bertransaksi memiliki nilai signifikansi F sebesar 0,000000 < 0,05. Besarnya Adjusted R Square adalah 67,8%, sisanya yaitu 32,2% dipengaruhi oleh variabel lain atau variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Oleh sebab itu, disarankan untuk penelitian selanjutnya sebaiknya menambahkan variabel independen lain dan diharapkan dapat menambahkan sampel karena semakin banyak sampel yang digunakan maka semakin baik data dan hasil penelitiannya. date: 2022 date_type: completed full_text_status: public pages: 31 institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: FEB thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Abhilash, V. S., Vipin, H., & Pillai, S. V. (2021). A Study on the E-banking Services and Risk Perception with Reference to Trivandrum. Asian Journal of Economics, Finance and Management, 43-52. Afghani, M. F., & Yulianti, E. (2016). Pengaruh Kepercayaan, Keamanan, Persepsi Risiko, Serta Kesadaran Nasabah Terhadap Adopsi E-Banking di Bank BRI Surabaya. Journal of Business and Banking. Ajzen, I., & Driver, B. (1991). Prediction of leisure participation from behavioral, normative, and control beliefs: An application of the theory of planned behavior. Leisure Sciences, 13(3), 185-204. Retrieved from https://doi.org/10.1080/01490409109513137 Andjarwati, T., Budiarti, E., Susilo, K. E., Yasin, M., & Soemadijo, P. S. (2021). Statistik Deskriptif. Sidoarjo: Zifatama Jawara. Andrie. (2019). Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan dan Persepsi Kenyamanan Terhadap Minat Menggunakan Layanan Mobile Banking. Jurnal Sains Manajemen dan Kewirausahaan. Chmielarz, W., & Zborowski, M. (2018). On Analysis of E-Banking Websites Quality - Comet Application. ELSEVIER, 2137-2152. Davis. (1986). A. Technology acceptance model for empirically testing new end user information systems; Theory and Result. Sloan School of management. Donsu. (2017). Psikologi Keperawatan. Yogyakarta: Pustaka Baru Press. Duli, N. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif : Beberapa Konsep Dasar Untuk Penulisan Skripsi dan Analisis Data Dengan SPSS. Yogyakarta: Deepublish Publisher. Ernawati, N., & Noersanti, L. (2020). Pengaruh Persepsi Manfaat, Kemudahan Penggunaan dan Kepercayaan Terhadap Minat Penggunaan Pada Aplikasi OVO. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia. Fernandrez, F., & Pujani, V. (2019). Persepsi Nasabah Bank BCA Dalam Penggunaan Mobile Banking. Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia. Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Giantari, I. A. (2021). Niat Beli Via Online : Berbasis Pengalaman, Kepercayaan dan Persepsi Kontrol Perilaku. Bandung: Media Sains Indonesia. Hamdani. (2020). Mengenal Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Lebih Dekat. Jawa Timur: Uwais Inspirasi Indonesia. Hammoud, J., Bizri, R. M., & Baba, I. E. (2018). The Impact of E-Banking Service Quality on Customer Satisfaction : Evidence From the Lebanese Banking Sector. SAGE Open. Ichsan, R. N., & Nasution, L. (2019). Pengaruh persepsi Kemudahan Penggunaan dan Persepsi Daya Guna Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Mandiri Online Pada PT. Bank Mandiri (Persero) KCP Gatot Subroto 2. Prosiding Seminar Nasional & Expo II Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Indah, D. R. (2019). Pengaruh E-Banking dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas pada PT. Bank BNI'46 Cabang Langsa. Jurnal Manajemen dan Keuangan. Jaya, I. M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia. Jogiyanto. (2018). Sistem Teknologi Keperilakuan. Yogyakarta: Andi. Kholid, F. I., & Soemarso, E. D. (2018). Analisis Pengaruh Keamanan, Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan Nasabah, dan Kebermanfaatan Terhadap Minat Menggunakan E-Banking Pada PT Bank BNI Syariah KCP Magelang. Jurnal Sains Ekonomi dan Perbankan Syariah. Kotler, Philip, & Keller, K. L. (2016). Marketing Management . Pearson Education, Inc. Kustina, K. T., & Sugiarto, Y. W. (2020). Pengaruh Penerapan Branchless Banking dan E-Banking Terhadap Kinerja Keuangan Sektor Perbankan Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis. Kusumaningtyas, R. H., & Rahajeng, E. (2017). Persepsi Nasabah Akan Layanan ATM dan E-Banking Dengan Metode TAM. Jurnal Sistem Informasi, 89- 102. Maralis, R., & Triyono, A. (2019). Manajemen Risiko. Yogyakarta: Deepublish. Mayer, R. C., Davis, J. H., & Schoorman, F. D. (1995). An Integratif Model of Organizational Trust. Academy of Management Review, 709-734. Notoatmodjo, S. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta. Nugroho, E. (2018). Prinsip-prinsip Menyusun Kuesioner. Malang: UB Press. Oktabriantono, A. P., Sulindawati, N. G., & Dewi, P. D. (2017). Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Keamanan, dan Persepsi Risiko Terhadap Penggunaan E-Banking Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha . Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi. Olmos, M. F. (2011). The Moderating Role of Trust in Contractual Coice. British Food Jornal, 374-390. Pakpahan, A. F., Prasetio, A., Gurning, E. S., Situmorang, R. F., Sipayung, T. P., Sesilia, A. P., . . . Rantung, G. A. (2021). Metodologi Penelitian Ilmiah. Medan: Yayasan Kita Menulis. Pavlou. (2002). Cunsomer Intention to Adopt Electronic Commerce Incorporating Trust and Risk in Technology Acceptance Model. Journal of Logistics Information Management. Pratama, A., Saleh, F. M., Zahra, F., & Afdhalia, N. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Niat Dalam Menggunakan Mobile Banking (Studi Empiris pada Nasabah Perbankan Konvensional di Kota Palu). Jurnal Akuntansi Netral, Akuntabel, Objektif, 2(1), 204-216. PU-net. (2022). Retrieved from Basis Data Pusat Pengembangan Kawasan Perkotaan : http://perkotaan.bpiw.pu.go.id/v2/kota-besar/non/11 Puspa Dewi, N. P., Sinarwati, N. K., & Yuniarta, G. A. (2017). Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Kemudahan Penggunaan, dan Keamanan Terhadap Minat Menggunakan E-Banking Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Program S1 Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi. Ramadhani, R., & Bina, N. S. (2021). Statistika Penelitian Pendidikan: Analisis Perhitungan Matematis dan Aplikasi SPSS. Jakarta: Kencana. Rizky, N., Yasa, N. P., & Wahyuni, M. A. (2018). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan, dan Pengetahuan Terhadap Minat Menggunakan E-Banking Dalam Bertransaksi Pada UMKM Di Kecamatan Buleleng. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi. Rozi, F., & Ziyad, M. (2019). Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, dan Persepsi Kenyamanan Terhadap Minat Menggunakan Layanan Mobile Banking Bank BTN. Jurnal Sains Manajemen dan Kewirausahaan, 92-102. Samekto, A. (2021). Penerapan Theory Planed Behaviour pada Penggunaan Payment Gateway oleh UKM di Masa Pandemi Covid 19. Surabaya: Penerbit NEM. Sanchez-Torres, J. A., Arroyo-CaƱada, F.-J. A., Sandoval, A. V., & Alzate, J.-A. S. (2017). E-banking in Colombia : factors favouring its acceptance, online trust and government support. International Journal of Bank Marketing. Setyawan, I. A. (2021). Hipotesis dan Variabel Penelitian. Tahta Media. Shankar, A., & Jebarajakirthy, C. (2019). The influence of e-banking service quality on customer loyalty : A moderated mediation approach. International Journal of Bank Marketing. Siegel, J. G., & Shim, J. K. (1999). Schaum's outline og theory and problems of financial accounting. McGraw-Hill. Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing. Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sumargo, B. (2020). Teknik Sampling. Jakarta Timur: UNJ Press. Tim Penyusun. (2010). Pedoman Penyusunan Skripsi. Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Uyun, M.Si, D., & Warsah, M.Pd.I, D. (2021). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish. YAP, P. (2017). Manajemen Risiko Perusahaan. Growing Publishing. Sumber Lain : https://store.sirclo.com https://kominfo.go.id www.ekon.go.id www.infobanknews.com https://www.cnbcindonesia.com citation: Pratiwi, Indah (2022) Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan, Risiko, dan Pengetahuan terhadap Minat Menggunakan Layanan E-Banking Dalam Bertransaksi (Studi Empiris pada UMKM di Kota Jakarta Timur). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29377/1/FEB_AKT_1802015197_Indah%20Pratiwi.pdf