eprintid: 29345 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3857 dir: disk0/00/02/93/45 datestamp: 2023-10-03 03:45:31 lastmod: 2023-10-10 01:36:35 status_changed: 2023-10-03 03:45:31 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Nurinsan, Muhammad Ilham title: Pengaruh Total Quality Management, Sistem Penghargaan, Sistem Pengukuran Kinerja dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Manajerial pada Kantor Pusat PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. ispublished: pub subjects: HG divisions: Akuntansi abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh total quality management, sistem penghargaan, sistem pengukuran kinerja dan komitmen organisasi terhadap kinerja manajerial pada Kantor Pusat PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling yaitu untuk mengetahui atau menjelaskan pengaruh antara variabel satu terhadap variabel lain. Variabel yang diteliti adalah Total quality management (X1), sistem penghargaan (X2), sistem pengukuran kinerja (X3), komitmen organisasi (X4) dan kinerja manajerial (Y). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan divisi-divisi di kantor pusat BRI sebagai sampel dan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan penyebaran kuesioner. Metode teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil persamaan regresi linier berganda Ŷ = 6,017 + 0,265 X1 + 0,049 X2 + 0,079 X3 – 0,039X4. Hasil uji asumsi klasik menunjukkan bahwa tidak adanya multikolinieritas karena tolerance kelima variabel nilainya > 0,1 dan nilai VIF kelima variabel nilainya < 10, tidak adanya heteroskedastisitas pada grafik scatterplot karena titik-titik menyebar secara acak di atas maupun dibawah angka 0 pada sumbu y dan grafik normal plot menunjukkan pola distribusi normal karena titik-titik menyebar di sekitar garis diagonal dan penyebarannya mengikuti arah garis diagonal. Hasil dari uji t (parsial) mengindikasikan bahwa variabel total quality management berpengaruh secara signifikan terhadap variabel kinerja manajerial. Sedangkan variabel sistem penghargaan, sistem pengukuran kinerja dan komitmen organisasi tidak berpengaruh terhadap variabel kinerja manajerial. Hasil dari uji F (simultan) mengindikasikan bahwa variabel total quality management, sistem penghargaan, sistem pengukuran kinerja dan komitmen organisasi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap variabel kinerja manajerial dengan nilai F hitung 25,101 > F tabel 2,45 dan tingkat signifikansi 0,00 < 0,05. Kontribusi penelitian dari penelitian ini adalah adanya variabel independen baru yang digunakan serta objek, populasi dan sampel yang berbeda daripada penelitian sebelumnya dengan konteks judul yang sama. Diharapkan pada penelitian selanjutnya dapat menambahkan variabel-variabel lain selain variabel saat ini yang mungkin dapat berpengaruh lebih banyak lagi terhadap kinerja manajeria. date: 2022 date_type: completed full_text_status: public pages: 32 institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: FEB thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Aida Ainul Mardiyah. 2015. Pengaruh Sistem Pengukuran Kinerja, Sistem Reward, Dan Profit Center Terhadap Hubungan Antara Total Quality Management Dengan Kinerja Manajerial. SNA VIII SOLO Al-Dhaafri, H. S., Al-Swidi, A. K., & Yusoff, R. Z. B. (2016). The mediating role of total quality management between the entrepreneurial orientation and the organizational performance. The TQM Journal. https://doi.org/10.1108/TQM-03-2014-0033 Astuti, T. B. (2019). Pengaruh Teknik Total Quality Management terhadap Kinerja Manajerial dengan Sistem Pengukuran Kinerja dan Sistem Penghargaan serta Perilaku Manajer sebagai Variabel Moderating. Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi, 7(1), 46-57. https://doi.org/10.33366/ref.v7i1.1350 Darmawan, W. (2017). Total Quality Management Terhadap Kinerja Manajerial Dengan Sistem Pengukuran Kinerja Sebagaivariabel Moderating Pada Fajar Grup. Journal of Applied Managerial Accounting, 1(2), 99-113. https://doi.org/10.30871/jama.v1i2.495 Doris Flantika. 2017. Pengaruh Sistem Pengukuran Kinerja, Kompensasi Dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Manajerial Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Di Kota Padang. Artikel Ilmiah Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang Jeane Beatrix Lumangkun. 2016. Pengaruh Penerapan Tqm Dan Tingkat Formalitas Evaluasi Kinerja Terhadap Produktivitas Karyawan. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi : Vol. 5, No. 1, Issn : 2460-0585 Juharni, M. S. (2017). Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management) (Vol. 1). SAH MEDIA. Kholmi, M. (2019). Akuntansi Manajemen (Vol. 2). UMMPress. Laiya, R. A. R., Jan, A. B. H., & Pondaag, J. J. (2018). Pengaruh Total Quality Management (Tqm) Terhadap Kinerja Manajerial Pada Pt. Bank Mandiri (Persero) Tbk Area Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 6(4). Limbong, N. (2021). Pengaruh Interaksi Antara Total Quality Management dengan Sistem Pengukuran Kinerja dalam Sistem Penghargaan Terhadap Kinerja Manajerial (Studi Empiris pada Telkom Sumatera Utara). Jurakunman (Jurnal Akuntansi dan Manajemen), 14(2), 148-158. https://doi.org/10.48042/jurakunman.v14i2.76 Marbun, R., Ratnawati, V., & Silfi, A. (2017). Pengaruh Penerapan Total Quality Management Sistem Pengukuran Kinerja Sistem Penghargaan Motivasi dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Manajerial (Studi Empiris pada Perhotelan di Pekanbaru) (Doctoral dissertation, Riau University). Mulyani, S., & Wijayani, D. R. (2017). Penerapan TQM dan Kinerja Inovasi terhadap Kinerja Manajerial Industri Rokok Kabupaten Kudus. Jurnal Kajian Akuntansi, 1(2). https://doi.org/10.33603/jka.v1i2.697 Nisa, W. C. (2017). Pengaruh Total Quality Management, Sistem Penhargaan Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Manajerial. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi (JIRA), 6(11). Ramadhany, F. F. (2017). Analisis penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001: 2015 dalam menunjang pemasaran (studi pada PT Tritama Bina Karya Malang) (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya). Ridwan, M., & Sandi, H. E. (2019). Pengaruh Interaksi Antara Total Quality Management Dengan Sistem Penghargaan, Komitmen Organisasi Dan Sistem Pengukuran Kinerja Terhadap Kinerja Manajerial (Studi Empiris Pada Perusahaan Otomotif Dan Komponen Di Kota Jambi). Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan, 8(1), 13-28. https://doi.org/10.22437/jmk.v8i1.6931 Santika, E. (2020). Analisis Pengaruh Total Quality Management (tqm), Sistem Pengukuran Kinerja, Sistem penghargaan dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerja manajerial pada dealer bonanza motor lamongan. JEKMA, 1(1). Sitawati, R. (2016). Analisis Pengaruh Total Quality Management (TQM) Terhadap Kinerja Manajerial Dengan Gaya Kepemimpinan, Sistem Pengukuran Kinerja, Dan Sistem Penghargaan Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi, 23(40). Sonia, S. (2017). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kualitas Sistem Informasi Akuntansi Manajemen Serta Implikasinya Terhadap Kinerja Manajerial. JASa (Jurnal Akuntansi, Audit dan Sistem Informasi Akuntansi), 1(3), 90-107. https://doi.org/10.55916/jsar.v14i2.8 Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: CV Alfabeta. Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta. Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta. Suryani, S., & Fahrurazi, F. (2020). Pengaruh Sistem Penghargaan, Total Quality Management dan Sistem Pengukuran Kinerja Terhadap Kinerja Manajerial Pada Perusahaan Industri Pengolahan Kelapa Terpadu di Kabupaten Indragiri Hilir. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 9(1), 47-59. https://doi.org/10.9744/jak.22.2.47-58 Swari, N. P. L. R. I., & Wirasedana, I. W. P. (2017). Pengaruh Sistem Penghargaan, Total Quality Management (TQM), Sistem Pengukuran Kinerja dan Ketidakpastian Lingkungan Terhadap Kinerja Manajerial. EJurnal Akuntansi Universitas Udayana, 21. Tendean, A. B., Saerang, D. P., & Runtu, T. (2018). Pengaruh Struktur Sistem Pengendalian Manajemen, Proses Sistem Pengendalian Manajemen dan Sistem Penghargaan terhadap Kinerja Manajerial (Studi Pada Rsud Sulawesi Utara). Going Concern: Jurnal Riset Akuntansi, 13(03). https://doi.org/10.32400/gc.13.03.20776.2018 Wirasedana, I. W. P. (2018). Pengaruh Penerapan Total Quality Management, Komitmen Organisasi pada Kinerja Manajerial dengan Reward sebagai Variabel Moderasi AA Sagung Istri Devi Parwitasari1. Wulandari, D. E., & Riharjo, I. B. (2016). Pengaruh Penganggaran Partisipatif terhadap Kinerja Manajerial dengan Komitmen Organisasi dan Gaya Kepemimpinan. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi (JIRA), 5(4). Zul Azmi. 2015. Pengaruh Total Quality Management, Sistem Pengukuran Kinerja, Sistem Penghargaan Terhadap Kinerja Manajerial Studi Empiris Pada Perusahaan Asuransi Di Pekanbaru. Jom Fekon Vol. 2 No. 2 citation: Nurinsan, Muhammad Ilham (2022) Pengaruh Total Quality Management, Sistem Penghargaan, Sistem Pengukuran Kinerja dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Manajerial pada Kantor Pusat PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29345/1/FEB_AKT_1802015115_Muhammad%20Ilham%20Nurinsan.pdf