eprintid: 29339 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3857 dir: disk0/00/02/93/39 datestamp: 2023-09-26 03:15:08 lastmod: 2023-09-26 03:15:08 status_changed: 2023-09-26 03:15:08 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Abdillah, Umar title: Pengaruh Agresivitas Pajak, Tunneling Incentive, Leverage, dan Profitabilitas terhadap Transfer Pricing: Perusahaan Manufaktur Sektor Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2021 ispublished: pub subjects: HG divisions: Akuntansi abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh agresivitas pajak, tunneling incentive, leverage, dan profitabilitas terhadap transfer pricing. Populasi penelitian ini sebanyak 38 perusahaan manufaktur sektor barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2021. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, sehingga didapatkan 7 perusahaan sampel dengan tahun pengamatan 2017-2021. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantatif. Pengolahan dan analisis data menggunakan analisis akuntansi, analisis statistik deskriptif, dan analisis regresi logistik dengan menggunakan Eviews versi 12. Hasil dari penelitian ini secara parsial menunjukan agresivitas pajak memperoleh nilai signifikansi 0,2217 > tingkat signifikansi 0,05 yang berarti bahwa agresivitas pajak tidak berpengaruh terhadap transfer pricing. Tunneling incentive memperoleh nilai signifikansi 0,3620 > tingkat signifikansi 0,05 yang berarti bahwa tunneling incentive tidak berpengaruh terhadap transfer pricing. Leverage memperoleh nilai signifikansi 0,0163 < tingkat signifikansi 0,05 yang berarti bahwa leverage berpengaruh positif terhadap transfer pricing. Profitabilitas memperoleh nilai signifikansi 0,0107 < tingkat signifikansi 0,05 yang berarti bahwa profitabilitas berpengaruh negatif terhadap transfer pricing. Hasil penelitian secara simultan diperoleh nilai signifikansi 0,000098 < tingkat signifikansi 0,05. Berdasarkan hasil tersebut, disimpulkan bahwa agresivitas pajak, tunneling incentive, leverage, dan profitabilitas secara simultan berpengaruh terhadap transfer pricing. Nilai Adjusted R-Squared sebesar 0,562576 atau 56,3% yang berarti bahwa agresivitas pajak, tunneling incentive, leverage, dan profitabilitas mampu menjelaskan transfer pricing sebesar 56,3%, sedangkan sisanya sebesar 43,7% dijelaskan oleh variabel lain. date: 2022 date_type: completed full_text_status: public pages: 29 institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: FEB thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Abbas, D. S., & Eksandy, A. (2020). The effect of effective tax rate, tunneling incentive, and exchange rate on company decisions to transfer pricing: Food and consumption sub-sector companies listed on the Indonesia evidence. PalArch’s Journal of Archaeology of Egypt/ Egyptology, 17(7), 14430–14442. https://archives.palarch.nl/index.php/jae/article/view/5486 Amanah, K., & Suyono, N. A. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Mekanisme Bonus, Tunneling Incentive, Dan Debt Covenant Terhadap Transfer Pricing Dengan Tax Minimization Sebagai Variabel Moderasi. Journal of Economic, Business and Engineering (JEBE), 2(1), 1–13. https://doi.org/10.32500/jebe.v2i1.1452 Amarta, S. Z., Askandar, N. S., & Mahsuni, A. W. (2020). Pengaruh Pajak, Tunneling Incentive dan Good Corporate Governance (GCG) terhadap indikasi melakukan Transfer Pricing pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2016-2019. E-Jra, 09(06), hal. 66-80. http://riset.unisma.ac.id/index.php/jra/article/view/8409 Anh, N. H., Hieu, N. T., & Nga, D. T. (2018). Determinants of Transfer Pricing Aggressiveness: A case of Vietnam. South East Asia Journal of Contemporary Business, Economics and Law, 16(5), 104–112. https://seajbel.com/wpcontent/ uploads/2018/10/seajbel5_237.pdf Apriani, N., Putri, T. E., & Umiyati, I. (2021). the Effect of Tax Avoidation, Exchange Rate, Profitability, Leverage, Tunneling Incentive and Intangible Assets on the Decision To Transfer Pricing. JASS (Journal of Accounting for Sustainable Society), 2(02), 14–27. https://doi.org/10.35310/jass.v2i02.672 Arifin, A., Saputra, A. A.-D., & Purbasari, H. (2020). Company Size, Profitability, Tax, and Good Corporate Governance On The Company’s Decision To Transfer Pricing (Empirical Study on Manufacturing Companies Listed on the Indonesia Stock Exchange for the 2015-2018 Period). Riset Akuntansi Dan Keuangan Indonesia, 5(2), 141–150. https://doi.org/10.23917/reaksi.v5i2.12404 Baroroh, N., Malik, S., & Jati, K. W. (2021). The Role of Profitability in Moderating The Factors Affecting Transfer Pricing. Accountig. Devita, H., & Sholikhah, B. (2021). The Determinants of Transfer Pricing in Multinational Companies. Accounting Analysis Journal, 10(2), 17–23. https://doi.org/10.15294/aaj.v10i2.45941 Fahmi, I. (2016). Analisis Laporan Keuangan. Alfabeta. Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete: Dengan Program IBM SPSS 23. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Guing, A., & Farahmita, A. (2015). Manajemen Laba dan Tunneling Incentive Melalui Transaksi Pihak Istimewa di Sekitar Penawaran Saham Perdana. Simposium Nasional Akuntansi XIV Aceh, 21–22. Gunadi. (2007). Pajak Internasional. Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Hadi, J., & Mangoting, Y. (2014). Pengaruh Struktur Kepemilikan dan Karakteristik Dewan terhadap Agresivitas Pajak. Tax & Accounting Review, 4(2), 1–10. Hariaji, N. W., & Akbar, F. S. (2021). Pengaruh Multinasionalitas, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, dan Leverage terhadap Transfer Pricing. Seminar Nasional AKuntansi, 1(1), 36–48. Hery. (2018). Analisis Laporan Keuangan (Adipramono (ed.)). Grasindo. Hidayat, W., W., Winarso, W., & Hendrawan, D. (2019). Pengaruh Pajak Dan Tunneling Incentive Terhadap keputusan Transfer Pricing Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2012- 1017. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Manajemen (JIAM), 15(1), 235–240. Junaidi, A., & Yuniarti. Zs, N. (2020). Pengaruh Pajak, Tunneling Incentive, Debt Covenant Dan Profitabilitas Terhadap Keputusan Melakukan Transfer Pricing. Jurnal Ilmiah Akuntansi, Manajemen Dan Ekonomi Islam (JAM-EKIS), 3(1), 31–44. https://doi.org/10.36085/jam-ekis.v3i1.530 Kasmir. (2018). Analisis Laporan Keuangan (11th ed.). Rajawali Pers. Lukmono, M. E. R., & Adam, H. (2019). PENGARUH PAJAK, MEKANISME BONUS, LEVERAGE, DAN PROFITABILITAS TERHADAP KEBIJAKAN TRANSFER PRICING. 2, 89. Mardiasmo. (2018). Perpajakan. CV Andi Offset. Martono, N. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif : Analisis Isi dan Analisis. Rajawali Pers. Mineri, M. F., & Paramitha, M. (2021). Pengaruh Pajak, Tunneling Incentive, Mekanisme Bonus Dan Profitabilitas Terhadap Transfer Pricing. Jurnal Analisa Akuntansi Dan Perpajakan, 5(1), 35–44. https://doi.org/10.25139/jaap.v5i1.3638 Novira, A. R., Suzan, L., & Asalam, A. G. (2020). Pengaruh Pajak, Intangible Assets, dan Mekanisme Bonus Terhadap Keputusan Transfer Pricing(Studi Kasus pada Perusahaan Sektor Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2018). Journal of Applied Accounting and Taxation, 5(1), 17–23. Nuradila, R. F., & Wibowo, R. A. (2018). Tax Minimization Sebagai Pemoderasi Hubungan Antara Tunnelling Incentive, Bonus Mechanism dan Debt Convenant dengan Keputusan Transfer Pricing (Studi Kasus Pada Perusahaan Multinasional Yang Listing Di BEI Periode 2012-2014. Journal of Islamic Finance and Accounting, 1(1). Pohan, C. A. (2018). Pedoman Lengkap Pajak Internasional : Konsep, Strategi, dan Penerapan. PT Gramedia Pustaka Utama. Pratiwi, B. (2018). Pengaruh Pajak, Exchange Rate, Tunneling Incentive, dan Leverage Terhadap Transfer Pricing. Jurnal Ekobis Dewantara, 1. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30659/ekobis.19.3.90-103 Refgia, T. (2017). Pengaruh Pajak, Mekanisme Bonus, Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Asing, Dan Tunneling Incentive Terhadap Transfer Pricing. JOM Fekon, 4(1), 543–555. Rezky, M. A., & Fachrizal. (2018). Pengaruh Mekanisme Bonus, Ukuran Perusahaan, Leverage, dan Multinationality Terhadap Keputusan Transfer Pricing Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2014. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi (JIMEKA), 3(3), 1. Rohaeni, N., Siregar, D. K., & Safitri, I. H. (2021). The influence of taxes , company size , and foreign ownership on the decision of companies to consider transfer pricing on manufacturing companies listed. International Journal of Economy, Education and Entrepreneuship Vol., 1(2), 127–133. Saifudin, & Putri, L. S. (2018). Determinasi Pajak, Mekanisme Bonus, Tunneling Incentive Terhadap Keputusan Transfer Pricing Pada Emiten BEI. Agregat: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2(1), 32–43. https://doi.org/10.22236/agregat_vol2/is1pp31-43 Saraswati, G. A. R. S., & Sujana, I. K. (2017). Pengaruh Pajak, Mekanisme Bonus, Dan Tunneling Incentive Pada Indikasi Melakukan Transfer Pricing. E-Jurnal Akuntansi, 19(2), 1000–1029. Septiani, D. H., Farida, I., Prawira, A., & Kustiawan, M. (2021). Transfer Pricing, A Tax Avoidance Tool (A Review of Literature). 2021, 395–403. https://doi.org/10.11594/nstp.2021.1044 Suarjana, I. G. A. (2019). Pengaruh Beban Pajak, Aset Tak Berwujud, Leverage, dan Multinationality Terhadap Transfer Pricing. Sulistyowati, -, & Kananto, S. (2019). The Influences of Tax, Bonus Mechanism, Leverage and Company Size Through Company Decision on Transfer Pricing. 73(Aicar 2018), 207–212. https://doi.org/10.2991/aicar-18.2019.45 Sunyoto, D. (2016). Metodologi Penelitian Akuntansi. Refika Aditama. Suryarini, T., Mega Cahyaningrum, A., & Hidayah, R. (2020). The Effect of Tunneling Incentive to Transfer Pricing Decision with Tax Minimization As a Moderating Variable. KnE Social Sciences, 2020(2010), 1–13. https://doi.org/10.18502/kss.v4i6.6584 Susanto, L., Yanti, & Viriany. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Agresivitas Pajak. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(08), 719–739. https://doi.org/10.36418/japendi.v3i08.1115 Widiyastuti, E. B., & Asalam, A. G. (2021). Pengaruh Pajak , Mekanisme Bonus Dan Leverage Terhadap Keputusan Transfer Pricing ( Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2015-2019 ) The Effect Of Tax , Bonus Mechanism And Leverage On Transfe. E-Proceeding of Management, Universitas Telkom, Bandung, 8(5), 5248–5255. Wisanggeni, I. (2019). Pajak Internasional. Mitra Wacana Media. Wulandari, S., Oktaviani, R. M., & Hardiyanti, W. (2021). Pengaruh Pajak, Aset Tak Berwujud, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Transfer Pricing. Proceeding SENDI_U, 2021: SEMINAR NASIONAL MULTI DISIPLIN ILMU DAN CALL FOR PAPERS, 978–979. https://unisbank.ac.id/ojs/index.php/sendi_u/article/view/8616 Yuesti, A., Agung, A. A. P., & Latuperisa, J. J. P. (2019). Metode Penelitian Bisnis: Kuantitatif Kualitatif. CV Noah Alethia. citation: Abdillah, Umar (2022) Pengaruh Agresivitas Pajak, Tunneling Incentive, Leverage, dan Profitabilitas terhadap Transfer Pricing: Perusahaan Manufaktur Sektor Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2021. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29339/1/FEB_AKT_1802015108_Umar%20Abdillah.pdf