TY - THES Y1 - 2022/// ID - repository29334 PB - Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA M1 - bachelor AV - public N2 - Tanggung jawab sosial perusahaan merupakan komitmen perusahaan untuk berkontribusi dalam pengembangan ekonomi yang berkelanjutan dengan memperhatikan tanggung jawab sosial perusahaan dan menitikberatkan pada keseimbangan antara perhatian terhadap aspek ekonomi, sosial dan lingkungan. Kestabilan ekonomi dunia terganggu akibat penyebaran covid-19. Maka, dibutuhkan kolabirasi seluruh elemen sebagai upaya bersama dalam proses peningkatan ekonomi dunia, salah satunya adalah peran perusahaan. Perusahaan dinilai memiliki peran penting dalam pertumbuhan ekonomi serta mengentaskan kemiskinan selama pandemi ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh agresivitas pajak, profitabilitas, kinerja lingkungan, kepemilikan institusional, ukuran perusahaan, dan pertumbuhan perusahaan terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility secara parsial dan simultan. Sampel penelitian ini adalah perusahaan berkategori otomotif dan komponen tahun 2016-2021 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sampel dipilih dengan menggunakan purposive sampling dan diperoleh 6 perusahaan. Analisis data yang dilakukan dengan uji asumsi klasik dan pengujian hipotesis dengan metode analisis regresi linier berganda dengan bantuan software Eviews versi 10. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa agresivitas pajak, profitabilitas dan pertumbuhan perusahaan tidak berpengaruh terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Selanjutnya kinerja lingkungan, kepemilikan institusional dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Sedangkan secara simultan agresivitas pajak, profitabilitas, kinerja lingkungan, kepemilikan institusional, ukuran perusahaan dan pertumbuhan perusahaan berpengaruh terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajer masih belum sadar akan kepedulian pada lingkungan dan masyarakat. Ditunjukkan dengan tidak berpengaruhnya variabel agresivitas pajak karena rendahnya pengungkapan Corporate Social Responsibility perusahaan otomotif dan komponen dan tidak berpengaruh pertumbuhan perusahaan karena perusahaan hanya memetingkan eksistensi perusahaan. UR - http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29334/ EP - 46 TI - Pengaruh Agresivitas Pajak, Profitabilitas, Kinerja Lingkungan, Kepemilikan Institusional, Ukuran Perusahaan dan Pertumbuhan Perusahaan terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility pada Perusahaan Otomotif dan Komponen yang Terdaftar di BEI Selama Masa Pandemi Covid-19 (2016-2021) A1 - Nafisah, Alma Dhiya ER -